Jangan Sampai Tutup Pentil Ban Hilang
Jangan Sampai Tutup Pentil Ban Hilang

Sering Dihiraukan, Manfaat Tutup Pentil Ban Sesungguhnya

19 Nov 2023 | 23:59 WIB

Ban pada mobil memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Ban tidak bisa berotasi dengan baik jika tidak diisi angin dengan baik. Untuk melindungi lubang setelah diisi angin, Sahabat pasti akan menutupnya dengan tutup pentil ban.


Valve cup atau tutup pentil ban salah satu komponen pada kendaraan yang sering dihiraukan oleh pengendara. Padahal tutup pentil ban memiliki peran penting untuk menjaga tekanan ban agar tetap optimal saat digunakan. 


Tidak hanya itu Sahabat, tutup pentil ban memiliki fungsi yang berguna untuk memastikan perjalanan kamu dengan mobil kesayangan menjadi lebih menenangkan. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak terduga, seperti terjadi kebocoran pada lubang isi angin dan menyebabkan ban mobil kamu jadi kempes atau bocor.


Ketahui Jenis Tutup Pentil Ban Mobil

Ketahui Jenis Tutup Pentil Ban Mobil


Sebelum Sahabat mengetahui manfaat tutup pentil ban sesungguhnya, kamu harus mengetahui berbagai jenis tutup pentil ban. Secara umum, terdapat tiga jenis bahan yang dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya. Sahabat bisa simak ketiga jenis bahan tutup pentil ban dibawah ini.


  • Bahan Plastik

Sahabat pasti sudah mengetahui, jenis yang paling umum digunakan dan sangat mudah ditemukan yaitu tutup dengan bahan plastik. Tutup jenis ini juga merupakan standar bawaan mobil. Bahan ini tidak terlalu awet, jika kamu sering mencopotnya. Usahakan mengganti tutup jenis ini ketika sudah mulai longgar. Jangan membiarkannya, karena kemungkinan akan jatuh dan hilang. Harga tutup ini bisa dibilang sangat murah. Jadi, Sahabat tidak perlu menghabiskan banyak uang walau sering menggantinya.


  • Bahan Metal/Logam

Jenis bahan yang digunakan berikutnya yaitu metal. Jika Sahabat menggunakan bahan ini, tentu lebih kuat dan awet daripada yang berbahan plastik. Valve cup jenis ini bisa menjalankan fungsinya dengan baik, dapat menangkal debu, kotoran, serta air saat hujan lebat. Tapi, bahan jenis ini mudah berkarat ketika sering terkena air saat kondisi lembab. Setelah berkarat pada bagian ulirnya, tutup akan sulit dibuka menggunakan tangan. Untuk mengatasinya Sahabat perlu mengisinya dengan oli atau membuka menggunakan tang.


Perhatikan Kondisi Tutup Pentil Ban Mobil

Perhatikan Kondisi Tutup Pentil Ban Mobil


  • Bahan Indikator

Jenis valve cap yang terakhir adalah indikator. Ini merupakan jenis valve cap yang paling baik dari dua jenis sebelumnya ya Sahabat. Karena bahan ini telah dibekali oleh fasilitas indikator yang bisa menunjukkan berapa tekanan angin dalam ban. Indikator ditandai dengan warna, mulai dari yang paling aman yaitu hijau, kuning, dan merah yang paling berisiko. Dengan menggunakan valve cap jenis ini mempermudah Sahabat dalam meningkatkan keamanan berkendara.


Pastikan Tekanan Angin Ban Mobil Sesuai

Pastikan Tekanan Angin Ban Mobil Sesuai


Setelah mengetahui jenis bahan tutup pentil ban, selanjutnya Sahabat perlu mengetahui manfaat tutup pentil ban sesungguhnya. Apa saja? Berikut manfaatnya.


1. Tekanan Angin

Manfaat pertama dari tutup pentil mobil yaitu untuk menjaga tekanan angin dalam ban agar tidak keluar atau bocor. Dengan ditutup, ini akan mencegah keluarnya angin saat terjadi tekanan tak terduga. Ketika Sahabat dalam perjalanan, ban kendaraan melindas batu yang membuat roda tertekan. Jika pentil ban tidak memiliki penutup, maka angin dalam ban yang tertekan akan keluar.


Berbeda saat pentil ditutup, tekanan angin tidak akan keluar karena terhalang, sehingga ban tidak kempes. Dengan pentil yang ditutup juga akan mencegah terjadinya rembesan udara dari dalam yang mungkin terjadi.


Cek Kondisi Angin Ban Mobil Secara Berkala

Cek Kondisi Angin Ban Mobil Secara Berkala


2. Kotoran Masuk

Dengan menggunakan tutup pentil maka risiko ada kotoran yang menempel di lubang pentil akan lebih kecil. Perlu diingat ya Sahabat, jika pentil tidak diberi tutup maka memungkinkan adanya benda tersangkut dan membuat angin keluar dari pentil.


Selain itu, ketika pentil tidak ditutup dan kemasukan kotoran, ini akan mengakibatkan mengotori komponen-komponen penting pada pentil. Salah satu komponen penting tersebut ialah sil karet. Ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai penahan angin agar angin di dalam ban tidak bocor atau keluar.


Jika sil karet sampai rusak karena kotoran atau benda keras yang masuk ke dalam ban, ini bisa mengakibatkan kebocoran halus. Ketika bagian dalam ban terisi kotoran, ini juga bisa menjadi sebuah kesulitan untuk melakukan penambahan atau pengisian angin.


Waspada Ban Mobil Bocor Dijalan

Waspada Ban Mobil Bocor Dijalan


3. Potensi Ban Pecah

Tidak hanya untuk menjaga tekanan angin dalam ban, pentil perlu ditutup agar terhindar dari kemungkinan ban pecah. Saat Sahabat berkendara di jalanan, perlu tekanan ban yang ideal. Jika tekanan udara pada ban berkurang, ini akan membuatnya menjadi tidak stabil.


Kondisi tersebut bisa membahayakan pengendara. Karena dalam kondisi tersebut kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih guna menahan beban ekstra yang disebabkan tekanan udara berkurang. Jika kondisi tersebut Sahabat hiraukan atau tak kunjung disadari, kawat akan putus dan membuat ban pecah atau benjol.


4. Kemasukan Air

Tutup pentil mobil juga memiliki manfaat lain, yaitu mencegah masuknya air pada ban. Pada bagian dalam ban terdapat bahan logam yang akan berkarat atau mengalami korosi ketika bersentuhan langsung dengan air. Korosi ini bisa terjadi pada katup yang kemudian membuatnya mengalami kebocoran.


Sering Dihiraukan, Manfaat Tutup Pentil Ban Sesungguhnya


Demikian Sahabat, informasi mengenai jenis dan manfaat tutup pentil ban mobil. Walaupun kecil, komponen ini sangat bermanfaat bagi keselamatan Sahabat ketika berkendara dengan mobil kesayangan. Jadi, sebaiknya kamu tidak menghiraukan benda ini. 


Sahabat  bisa simak tips dan trik otomotif lainnya hanya di www.Garasi.id. Ada banyak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Terupdate serta nikmati promo jasa servis terbaik untuk mobil kesayangan kamu agar kembali optimal.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 20 Nov 2023 | 00:12 WIB
Bagikan

Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family