Macet bikin komponen kerja keras
Komponen mobil bekerja keras

Sering Macet-Macetan? 5 Komponen Ini Wajib Selalu Diperhatikan Kondisinya

23 Apr 2021 | 10:00 WIB

Meski mobil lebih banyak berhenti saat di kemacetan, bukan berarti beberapa komponennya akan mendapat beban kerja yang lebih ringan. Kenyataannya justru malah sebaliknya. Memang tidak semua komponen mobil akan bekerja lebih berat saat berada di dalam kemacetan. Akan tetapi setidaknya ada lima komponen yang bekerja dengan lebih keras pada lalu lintas yang macet. Oleh karena itu, yuk simak perawatan apa saja yang wajib dilakukan terhadap mobil yang sering menghadapi kemacetan seperti dilansir di Kumparan.com.

1. Cek komponen pendukung

5 Komponen yang Bekerja Keras Saat Macet

Jangan hanya mengecek komponen mobil jika ingin berpergian jauh. Justru saat Sahabat lebih sering menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, kamu perlu memberi perhatian lebih. Pengecekan berkala pada komponen-komponen mobil seperti lampu-lampu dan rem dapat menjaga performa mobil.

2. Perhatikan transmisi

5 Komponen yang Bekerja Keras Saat Macet

Agar mobil tidak mudah rusak, pengendara mobil, baik matic ataupun manual bisa memindahkan tuas gigi transmisinya ke N (Netral) saat berhenti di kala macet, dan jangan lupa untuk menggunakan rem tangan. Pengendara mobil manual tidak dianjurkan menerapkan teknik setengah kopling saat jalanan sedang macet.

3. Ganti kampas rem secara berkala

5 Komponen yang Bekerja Keras Saat Macet

Sahabat harus mengetahui usia dan daya tahan kanvas rem mobil yang digunakan setiap hari. Kampas rem yang sudah habis akan membahayakan saat menggunakan mobil. Beberapa tanda yang menunjukkan kampas rem akan habis di antaranya adalah adanya getaran dan muncul suara saat mengerem.

4. Rutin mengganti oli

5 Komponen yang Bekerja Keras Saat Macet

Walaupun tidak perlu diisi sesering bensin, oli adalah nyawa bagi komponen mobil kamu. Maka dari itu, jika Sahabat sering menghadapi kemacetan, menggunakan oli yang tepat adalah hal yang paling tepat. Lihat spesifikasi dan rekomendasi viskositas oli pada mobil yang kamu miliki dengan baik dan benar.

5. Cek air radiator

5 Komponen yang Bekerja Keras Saat Macet

Radiator merupakan komponen terpenting dalam sistem pendinginan di mobil. Sebaiknya, ketika hendak pergi jauh air radiator telah terisi penuh jadi jangan lupa untuk mengeceknya ya. Cek juga kondisi warna air radiator, jika keruh segera ganti dan lakukan pengecekan.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 23 Apr 2021 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tmacetmobilmacetpengecekanmobilgarasiid