Jangan Abaikan Kerusakan Pada Mesin Diesel
Jangan Abaikan Kerusakan Pada Mesin Diesel

Sering Terdengar Suara Bising, Begini Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel

27 Nov 2023 | 23:58 WIB

Ketika Sahabat memutuskan untuk memiliki mobil bermesin diesel, banyak keunggulan yang patut diacungi jempol pada mobil jenis ini. Torsi yang lebih tinggi membuat mobil mesin diesel menjadi lebih tangguh ketika digunakan untuk berkendara di medan yang sulit seperti ke pegunungan atau dataran yang menanjak.


Selain itu mobil bermesin diesel juga lebih hemat bahan bakar. Sederhananya, penggunaan bahan bakar pada mesin diesel hanya disemprotkan pada fase pembakaran saja. Jadi tidak salah jika mobil jenis ini unggul dalam hal perawatan dan umur pakai. Komponen yang tidak serumit jenis mobil lain memudahkan dalam hal perawatan dan tentu saja ini akan mempengaruhi usia pakai mobil.


Lakukan Perawatan Mesin Diesel Secara Berkala

Lakukan Perawatan Mesin Diesel Secara Berkala


Tapi perlu Sahabat ketahui juga, seringkali mobil bermesin diesel menghasilkan suara bising yang mengganggu. Bahkan ciri khas dari mesin diesel ini sering kali terdengar ke dalam kabin, akibatnya kenyamanan kamu ketika berkendara jadi terganggu.


Bagaimana, apakah Sahabat juga mendengar suara bising dari mesin mobil diesel kesayangan kamu? Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara menghaluskan suara mesin mobil diesel. Begini caranya.


Jangan Sepelekan Masalah Pada Mesin Diesel

Jangan Sepelekan Masalah Pada Mesin Diesel


  • Temukan Sumber Suara

Langkah pertama adalah mencari sumber suara bising. Suara kasar seringkali masuk ke dalam kabin melalui sela-sela sambungan plat bodi atau lubang kabel. Pastikan Sahabat menemukan sumbernya sehingga kamu dapat menentukan solusi yang tepat, seperti melakukan tune-up, perawatan, atau penggantian komponen yang perlu.


  • Gunakan Peredam Suara

Menggunakan peredam suara berkualitas dapat efektif mengurangi suara mesin mobil diesel. Pasang peredam suara di berbagai area mesin. Namun, perlu diingat ya Sahabat bahwa suara mesin juga bisa menjadi indikator kondisi mobil. Jadi pastikan kamu telah memeriksa penyebab suara bising sebelum menggunakan peredam suara.


Cek Rutin Kondisi Mesin Diesel

Cek Secara Rutin Kondisi Mesin Diesel


  • Tambahkan Lapisan Anti Karat

Cara menghaluskan mesin mobil diesel selanjutnya adalah dengan menambahkan lapisan anti karat di di bagian bawah mobil diesel kesayangan Sahabat. Selain melindungi dari karat, lapisan ini juga membantu mengurangi kebisingan mesin. Biasanya, kebisingan bisa berkurang hingga 20% dengan lapisan anti karat ini.


Gunakan Oli Khusus Mesin Diesel

Gunakan Oli Khusus Mesin Diesel


  • Gunakan Aditif Oli

Sahabat juga dapat mencoba menambahkan aditif oli ke mesin. Aditif ini meningkatkan kemampuan oli dalam melumasi komponen bergerak, mengurangi gesekan, dan suara bising dalam batas tertentu. Pastikan kamu memilih aditif yang sesuai dengan kebutuhan mesin.


  • Flushing AC Mobil

Flushing AC mobil dapat menjadi solusi untuk menghaluskan suara bising mesin mobil diesel yang berasal dari kompresor AC mobil. Flushing ini bertujuan membersihkan seluruh sistem AC mobil dari kotoran dan partikel yang menempel pada kompresor dan seluruh saluran AC. Hal ini dianjurkan dengan penggantian oli kompresor agar suara bising menjadi lebih minim.


  • Tune Up Secara Berkala

Suara kasar pada mesin diesel bisa disebabkan oleh masalah dalam sistem pembakaran. Banyaknya kotoran dalam mesin diesel dapat mempengaruhi kinerja mesin dan menimbulkan suara kasar. Dengan Sahabat rutin melakukan tune up secara berkala, terutama pada komponen EGR (Exhaust Gas Recirculation), dapat membantu mengurangi suara berisik dan meningkatkan efisiensi mesin.


Dengan mengikuti cara-cara diatas, sudah dipastikan Sahabat dapat mengurangi suara bising pada mesin mobil diesel. Pastikan juga kamu untuk selalu menjaga perawatan dan kesehatan mesin agar mobil kesayangan Sahabat tetap dalam kondisi optimal.


Sering Terdengar Suara Bising, Begini Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel


Dapatkan promo layanan servis mobil bermesin diesel hanya di www.Garasi.id. Nikmati jasa servis terbaik dari partner bengkel terpercaya untuk menghindari berbagai potensi kerugian finansial akibat kerusakan pada mobil bermesin diesel. Selamat servis mobil diesel kesayangan kamu Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Nov 2023 | 00:34 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikmobildieselmesindieselsuarabisingperedamsuaraaditifoliflushingacmobiltuneupservisberkalaperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family