Perawatan Interior Mobil Penting Untuk Kenyamanan Saat Berkendara
Perawatan Interior Mobil Penting Untuk Kenyamanan Saat Berkendara

Sering Terlupakan! Cara Membersihkan Plafon Mobil

20 Jun 2023 | 10:55 WIB

Kenyamanan menjadi nilai plus dari mobil pribadi. Interior mobil yang nyaman pasti membuat pengendara bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih maksimal. Merawat mobil itu tak hanya soal mesin tetapi juga bagian interior mobil. Agar lebih menyenangkan, kebersihan interior mobil harus diperhatikan, termasuk plafon bagian dalam mobil. 


Interior mobil memang banyak hal-hal yang harus diperhatikan komponennya, dan biasanya yang terlupakan adalah plafon mobil. Lantas bagaimana cara membersihkan plafon mobil? Berikut tips merawat plafon mobil:


Pahami Cara Membersihkan Plafon Mobil Yang Kotor

Pahami Cara Membersihkan Plafon Mobil


1. Gunakan Kain Microfiber

Untuk membersihkan plafon pada mobil, gunakanlah kain bersih berbahan lembut dan halus seperti kain microfiber. Penggunaan kain yang lembut karena kain jenis ini tidak akan merusak serat plafon pada mobil kesayangan Sahabat.


Namun jangan menggunakan lap ini dalam keadaan basah. Sahabat harus menjaganya tetap kering dan bersih untuk menyeka plafon. Lakukan beberapa kali sambil menyeka searah dengan arah kain. Dengan cara ini, maka kotoran di plafon mobil yang bisa dibersihkan menjadi lebih banyak lagi.


2. Memakai Cairan Pembersih

Cairan pembersih bisa memakai cairan pembersih jok mobil atau cairan sejenis untuk membersihkan interior mobil. Semprotkan cairan pada plafon yang ingin dibersihkan. 


Cara penggunaannya pun mudah, kamu tinggal menyemprotkan cairan ke seluruh permukaan plafon. Kemudian seka secara perlahan menggunakan lap microfiber untuk bersihkan plafon mobil. Bahkan hasilnya malah lebih baik lagi kalau dibandingkan tanpa cairan.


Gunakan Kain Microfiber dan Bahan Pembersih Khusus Untuk Plafon Mobil

Gunakan Kain Microfiber dan Bahan Pembersih Khusus Untuk Plafon Mobil


3. Lakukan Secara Berkala

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan hanya melakukan beberapa cara di atas satu kali saja. Lakukan dua kali dalam satu kesempatan dan ulangi cara yang sama pada lain waktu.

 

Ingat, untuk mengulangi langkah yang sama dalam satu kali kesempatan, tunggu sampai plafon kering, lalu lanjutkan kembali prosesnya. Dengan begitu, lem dan kain plafon pada mobil bisa tetap terjaga kualitasnya tanpa terkelupas atau copot dengan sendirinya.


4. Gunakan Pengharum

Cara ini juga bisa membersihkan plafon mobil.  Namun, menggunakan pengharum ruangan untuk membersihkan plafon hanya menghilangkan bau yang halus, dan tidak berlaku untuk bau yang menyengat tajam.


Untuk melakukan cara ini, tinggal semprot saja ke arah plafon mobil, namun ingat Sahabat jangan sampai basah karena dapat merusak lem perekat kain ke plafon mobil.


Bersihkan Secara Mudah dan Cepat Dengan Vacuum Cleaner

Bersihkan Secara Mudah dan Cepat Dengan Vacuum Cleaner


5. Vacuum Cleaner

Sahabat juga bisa gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan plafon. Kamu atur daya serap dengan tingkatan ringan saja. Jangan gunakan daya serap tinggi karena justru bisa merusak plafon mobil. Dalam membersihkannya pun jangan sembarangan. Lakukan secara hati-hati.


Apabila langkah yang Sahabat lakukan tepat, maka hasilnya akan lebih bersih. Pembersihan pun bisa berlangsung cepat sehingga tak menyita waktu. Dengan vacuum cleaner, maka bisa lebih hemat waktu bahkan tenaga.


Beberapa cara bersihkan plafon mobil di atas bisa Sahabat coba. Namun jika kamu merasa belum maksimal membersihkannya, lebih baik menyerahkannya ke bengkel terpercaya. Hal ini sebagai bentuk antisipasi kemungkinan merusak plafon mobil. 


#solusipuas Perawatan Mobil Berkualitas

#solusipuas Perawatan Mobil Berkualitas


Sahabat bisa langsung kunjungi www.Garasi.id. Pilih layanan jasa servis premium interior detailing agar kebersihannya lebih optimal. Sahabat juga bisa nikmati potongan harga jasa servis lainnya serta lakukan pembayaran dengan fitur QRIS yang mudah dan aman. Untuk informasi lengkap Sahabat bisa cek Tata Cara Transaksi Menggunakan QRIS atau hubungi Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 20 Jun 2023 | 18:31 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifplafonmobilinteriormobil perawatanmobilpremiuminteriorinteriordetailingsolusipuas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family