Pengaturan Mekanis Dilakukan Agar Posisi Jok Mobil Tepat
Pengaturan Mekanis Dilakukan Agar Posisi Jok Mobil Tepat

Seringkali Terabaikan, Begini Cara Pengaturan Reclining Yang Tepat!

08 Sep 2023 | 23:45 WIB

Demi menjaga kenyamanan saat berkendara dengan mobil kesayangan, Sahabat pasti tidak luput dalam memperhatikan interior mobil. Jok atau tempat duduk adalah komponen esensial yang penting sekali untuk diperhatikan namun seringkali terabaikan. Komponen mobil ini memang bukan merupakan komponen yang butuh perawatan rutin tertentu.


Namun apabila jok tidak diatur dan dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin Sahabat akan kehilangan kenyamanan dalam berkendara. Terlebih jika kamu tidak mengetahui cara pengaturan reclining jok mobil. Karena setiap mobil memiliki mekanisme pengaturan jok yang tepat agar sesuai dengan postur tubuh pengemudi. Meskipun sering disepelekan, mekanisme kerja jok mobil tetap harus diperhatikan dan dirawat untuk memberikan posisi berkendara yang ideal.


Lakukan Pengaturan Posisi Duduk Yang Baik

Lakukan Pengaturan Posisi Duduk Yang Baik


Pengaturan jok mobil berperan sangat penting terutama untuk Sahabat saat mengemudi. Pengaturan maju mundurnya jok atau sliding contohnya agar dapat memberi ruang yang ideal untuk kaki Sahabat. Selain itu sudut sandaran atau reclining. Posisi sudut sandaran punggung serta ketinggian jok bangku pengemudi juga mempengaruhi postur tubuh pengemudi dan ini akan mempengaruhi kesehatan terutama untuk tulang punggung dan leher.


Kerusakan pada jok mobil biasanya karena kesalahan pemakaian. Pengaturan yang kasar juga dapat membuat roda komponen pengunci macet dan rusak. Oleh sebab itu Sahabat, untuk melakukan perawatan pada jok mobil, kamu perlu mengetahui  tips dan cara pengaturan reclining jok mobil yang penting untuk kamu terapkan. Begini caranya.


Atur Posisi Jok Mobil Sebelum Mengemudi

Atur Posisi Jok Mobil Sebelum Mengemudi


  • Pastikan Menarik Tuas Pengunci Secara Penuh

Pada reclining mekanis, terdapat roda gigi dan komponen pengunci. Jadi ketika Sahabat ingin mengubah posisi sudut sandaran (Reclining) dan menarik tuas untuk merelease pengunci sandaran, sebaiknya dilakukan secara penuh atau tidak setengah-setengah. Tuas harus ditarik secara penuh terlebih dahulu baru bisa melakukan pengaturan jok mobil sesuai yang diinginkan.


  • Lakukan Sliding Secara Halus 

Sama halnya dengan mekanisme yang harus dilakukan saat reclining, saat hendak melakukan sliding, Sahabat juga harus memastikan tuas ditarik secara penuh. Kemudian lakukan proses memaju dan mundurkan jok dengan halus atau tidak kasar. Kedua hal ini tentu saja untuk mencegah gesekan antar-komponen dan menghindari kerusakan ringan komponen akibat gesekan.


Kondisikan Barang di Dalam Kabin Mobil

Kondisikan Barang di Dalam Mobil


  • Letakkan Barang-Barang Secara Terkoordinasi

Tak hanya itu, kebersihan kabin terutama bagian kolong jok juga menjadi faktor penting. Ini penting dilakukan untuk mencegah benda asing masuk ke dalam rel sliding jok. Sahabat bisa lakukan dengan meletakkan barang dengan lebih terkoordinasi. Misalnya agar tidak sering meninggalkan benda yang berukuran kecil apalagi ukuran yang besar di bawah jok karena tidak menutup kemungkinan posisinya berubah dan menyangkut di lintasan rel.


  • Gunakan Cairan Anti Karat

Lalu untuk menjaga komponen mekanisme jok tetap terjaga, Sahabat juga bisa menyemprotkan cairan anti karat pada bagian rel atau engsel di bagian reclining. Penyemprotan ini sebaiknya dilakukan secukupnya saja. 


Nah, itulah cara memperbaiki reclining jok mobil. Setiap komponen mobil sekecil apapun pasti memiliki fungsi vital dalam memberikan keamanan maupun kenyamanan sehingga perlu memberikan perawatan pada setiap komponen yang ada. Selain itu Sahabat, untuk mencegah munculkan kerugian akibat kerusakan tidak terduga, Sahabat dapat melakukan servis berkala pada mobil kesayangan kamu.


Pasti Sahabat Penasaran! Apa Itu Reclining?


Segera klik www.Garasi.id untuk menikmati Promo Servis Berkala September Promo Melintir berikan diskon hingga 250ribu untuk jasa servis berkala biar mobil kesayangan kamu selalu dalam kondisi prima.


Pasti Sahabat Penasaran! Apa Itu Reclining?


Sahabat juga akan mendapatkan reward menarik jika kamu unggah struk jasa servis Garasi.id di aplikasi Getplus dan dapatkan langsung Bonus 30Ribu Poin di akun aplikasi Getplus. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi tim Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 09 Sep 2023 | 23:54 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifjokmobilrecliningmobilservisberkalasolusipuasperawatanmobilberkualitas
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family