Servis AC
Servis AC

Servis AC Mobil di Garasi.id Ada Diskon Hingga 75%

14 Mar 2023 | 11:00 WIB

AC adalah bagian dari mobil yang cukup penting karena dapat memberikan kenyamanan berkendara, apalagi jika kamu pengguna mobil di kota-kota besar yang suhu udaranya relatif panas. Sama seperti mesin mobil, bagian Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara juga perlu dilakukan perawatan atau servis ac secara rutin. Hal ini karena AC memiliki peran sangat penting yaitu selain memberikan hawa sejuk juga mampu menghilangkan embun di kaca saat mengemudi di kala hujan.


Perlu melakukan servis ac secara rutin, kapan sih sebenarnya waktu terbaik untuk service AC mobil? yuk disimak Sahabat. 

Waktu Ideal Servis AC

Waktu ideal servis berkala AC mobil adalah setiap kelipatan 10.000 km. Servis yang dilakukan adalah servis kecil yang meliputi pembersihan AC dari debu dan kotoran. Dengan di servis maka AC lebih awet.

Sementara untuk servis besar, sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 20 ribu sampai 40 ribu km atau dua tahun. Di sini untuk servis AC mobil tidak hanya akan dibersihkan tapi juga di cek keseluruhan dan perawatannya lebih mendetail.

Servis AC Mobil di Garasi.id Ada Diskon Hingga 75%


Ada juga perawatan rutin yang harus diingat pemilik mobil berupa pembersihan komponen evaporator yang sebaiknya dilakukan setiap 8-12 bulan sekali. Sedangkan penggantian filter kabin sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Setelah mengetahui waktu ideal untuk servis ac secara rutin, selanjutnya Sahabat perlu mengetahui manfaat dari servis ac secara rutin nih. 

1. Menjaga Performa Mesin AC Mobil

Mobil yang digunakan secara rutin akan menyebabkan komponen komponen mesin didalamnya menjadi aus. Salah satunya adalah komponen AC mobil, di dalam mesin AC mobil terdapat banyak part, misalnya filter, oli AC, dan lain-lain.

Jika melakukan servis AC mobil secara rutin, part-part tersebut akan di bersihkan atau di isi ulang oleh teknisi. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi performa mesin AC mobil kita.

2. Mengetahui Kondisi Mesin AC Mobil

Servis AC mobil secara rutin berfungsi untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada AC sejak dini. Dengan begitu kerusakan pada komponen yang bermasalah dapat dengan cepat diperbaiki sehingga tidak mengganggu kinerja komponen lainnya.

3. Menghindari Bau AC Mobil

Bau pada AC mobil dapat disebabkan karena filter AC yang tidak pernah diganti. Dalam servis AC mobil, penggantian filter sangat dianjurkan mengingat fungsi filter untuk menyaring bakteri dan debu yang masuk.

Selain itu servis AC mobil secara rutin sangat direkomendasikan untuk membersihkan bagian kondensor, evaporator, dan blower karena bagian bagian tersebut apabila tersumbat akan mengakibatkan bau tak sedap pada saat AC dinyalakan.

4. Menghindari AC Mati Tiba-Tiba

Pernah mengalami AC mobil mati secara tiba tiba pada saat melaju di jalan? Seperti diketahui, kegagalan sistem pada mesin AC mobil dapat diakibatkan karena kelalaian dalam servis AC berkala.

Apabila kendaraan dilakukan perawatan berkala, maka hal-hal tersebut di atas dapat terdeteksi lebih awal, sehingga resiko mobil mogok dapat dikurangi.

5. Memperpanjang Umur Kendaraan

Apabila kendaraan dirawat secara rutin, maka resiko adanya kerusakan yang lebih besar dapat dikurangi sekecil mungkin. Hal ini menjadikan umur kendaraan menjadi lebih lama karena komponen yang terawat dengan baik.

6. Servis Berkala Syarat Mutlak Untuk Proses Klaim Garansi

Umumnya apabila mobil masih berada pada masa garansi, kerusakan dan juga penggantian parts akan diberikan secara cuma-cuma oleh dealer yang bersangkutan.

Namun beberapa dealer memberikan syarat agar kendaraan di servis secara berkala untuk memperoleh klaim garansi tersebut. Tetapi syarat tersebut tidak semua dealer memberlakukannya. Untuk lebih jelas kita dapat menghubungi tempat kita membeli kendaraan.

7. Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

Dengan dilakukannya perawatan berkala secara rutin, maka dapat diketahui kondisi kendaraan yang secara menyeluruh. Di dalam suatu sistem kendaraan terdapat komponen yang saling terkait satu sama lain.

Misalnya jika diketahui sistem kondensor bekerja dengan baik, maka tidak was-was AC mati di tengah jalan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, tentunya akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman sampai tempat tujuan.

8. Menghindari Korosi Pada Komponen

Komponen didalam mesin AC terdiri dari material yang rentan terkena korosi. Terlebih lagi jika kita tidak pernah melakukan servis berkala. Komponen akan mudah korosi dan yang terparah harus mengganti komponen tersebut yang biaya servis AC mobil tentunya tidak murah.

Korosi pada AC mobil utamanya pada sektor kondensor disebabkan oleh kontaminasi udara di oli kompresor AC. Oli yang terkontaminasi ini akan menjadi bersifat asam dan menjadi sumber endapan pada komponen pada mesin AC.

9. Menghindari Dari Bahaya Bakteri yang Masuk di Kabin Mobil

Filter pada mobil yang tidak pernah diganti akan menyebabkan bakteri berbahaya masuk kedalam kabin mobil. Selalu cek kondisi filter kabin utamanya,Sahabat dapat mengecek kondisi filter kabin tanpa membawa ke bengkel servis AC mobil. Servis AC mobil sendiri selain bisa menekan biaya servis AC mobil,kita juga tidak akan kehilangan banyak waktu untuk mengantri di bengkel.

10.   Menghindari Overheating Pada Sistem Mesin AC Mobil

Overheating pada sistem mesin AC mobil dapat disebabkan oleh kipas radiator atau kipas kondensor mati. Kerusakan pada kipas radiator ini dapat dideteksi apabila kita melakukan servis berkala,dengan demikian resiko yang meluas dapat diminimalisir.

11.   Menghindari Kerusakan Pada Komponen yang Lebih Fatal

Servis AC mobil secara berkala dapat menghindari kerusakan komponen yang lebih fatal. Servis AC mobil secara berkala akan memberikan peringatan dini mengenai komponen yang sudah saatnya harus di ganti atau harus di bersihkan.

Selanjutnya yang perlu diketahui juga tentang servis ac mobil adalah biayanya. 

Biaya Cuci AC Mobil Sesuai Merek Kendaraan

Seperti sudah dibahas tadi, AC mobil pun perlu secara rutin dicuci agar kotoran yang menempel tidak menghambat kinerjanya. Biaya cuci AC mobil ini beragam tergantung dari jenis mobilnya.

Kadang biaya cuci AC mobil juga menjadi semakin mahal jika ada kerusakan komponen yang ditemukan dan membutuhkan perbaikan atau penggantian. 

1. Biaya Cuci AC Mobil Jepang

Pada umumnya Biaya untuk pembersihan atau servis berkala pendingin mobil pabrikan Jepang, dipatok sekitar Rp 300 ribuan. Nah jadi biaya cuci AC mobil Avanza, biaya cuci AC mobil ertiga dan biaya cuci AC mobil Brio umumnya dipatok dengan harga relatif sama, karena ketiganya merupakan mobil pabrikan Jepang, yaitu Toyota, Honda dan Mazda.

2. Biaya Cuci AC Mobil Eropa

Biaya cuci AC mobil Eropa relatif lebih mahal dibandingkan dengan mobil pabrikan Jepang. Hal ini karena ada perbedaan dari segi tipe komponen kendaraan yang digunakan sehingga butuh treatment yang berbeda. Estimasi biaya Cuci AC mobil Eropa, seperti Chevrolet, dan VW adalah sekitar Rp 1,2 juta hingga Rp2 juta.

Jenis Layanan Servis AC Mobil

Secara umum, Servis AC mobil terdiri dari dua jenis dilihat dari tingkat pengerjaannya, yakni basic service dan advance service. Basic servis sebaiknya rutin kamu lakukan saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 km hingga 20.000 km, atau sudah berusia 1 tahun.

Pada basic servis, biasanya pihak bengkel AC mobil akan melakukan pengecekan dan maintenance pada kompresor, seperti membersihkan kotoran-kotoran yang menempel dan mengganti oli. Mereka juga akan mengganti receiver dryer dan filter kabin yang merupakan komponen sekali pakai.

Sementara itu, advance service, bisa kamu lakukan sekitar 2 tahun sekali. Komponen yang diperiksa pada advance servis lebih banyak lagi. Dari mulai perawatan kompresor, evaporator, dan kondensor. Lalu penggantian komponen expansion valve, receiver dryer, dan filter kabin.

Lantaran komponen yang dicek cukup banyak, maka durasi pengerjaannya pun lebih lama, bisa hingga 4 jam, tergantung dari tingkat kesulitan perbaikan komponen yang harus dilakukan. 

Biaya Service AC Mobil

Terdapat variasi pada biaya cuci AC mobil alias service yang harus kamu bayarkan tergantung jenis service-nya. Berikut adalah kisaran harga untuk beberapa jenis service AC yang paling umum.

1. Biaya Ganti Spare Part AC Mobil

Uang yang harus kamu keluarkan untuk ganti spare part beragam, tergantung spare part yang digantinya. Biaya kendaraan untuk ganti oli, flushing, serta komponen piston sekitar Rp300-800 ribu. Sementara untuk penggantian spare part kecil berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 850 ribu.

2. Biaya Mengganti Magnetic Clutch

Magnetic Clutch adalah komponen dari AC mobil yang terdiri dari clutch, pulley, dan spul magnet. Komponen satu ini punya peran dalam mengaktifkan dan menonaktifkan kerja kompresor.

Jika terjadi masalah AC mobil yang kadang panas kadang dingin, biasanya bagian ini mengalami kerusakan sehingga perlu diganti. Biaya penggantian magnetic clutch sendiri berkisar antara Rp 350 ribu hingga Rp 550 ribu.

3. Biaya Service Kondensor

Service kondensor sendiri bermacam-macam tergantung kebutuhan, ada yang memang perawatan rutin, dikuras atau diganti. Biaya untuk perawatan rutin berkisar antara Rp 100-200 ribu, sedangkan kuras kondensor Rp 175.000 dan menggantinya sekitar Rp 500.000.

4. Harga Receiver Dryer Dan Expansi Valve

Receiver dryer adalah komponen AC mobil yang berada di antara kondensor dan katup ekspansi. Pada saat freon dipompa oleh kompresor, maka freon tersebut akan mengalir ke arah kondensor melewati receiver dryer sebelum akhirnya ke arah katup ekspansi. Nah biaya servis AC mobil untuk satu sistem ini adalah berkisar di 450-500rb

5. Biaya Ganti Evaporator

Evaporator merupakan bagian AC mobil yang berada di antara ekspansi valve dan kompresor. Jika kompresor berfungsi menyerap panas dari refrigerant (freon) dan melepaskannya ke udara, maka fungsi evaporator justru sebaliknya.

Evaporator bertugas menangkap hawa panas di udara untuk disalurkan ke refrigerant dan diubah menjadi udara dingin. Bisa dibilang komponen ini merupakan salah satu bagian utama dalam sistem kerja AC, oleh karena itu ketika dia rusak biaya penggantiannya pun tidak murah. biaya ganti evaporator ac mobil adalah berkisar Rp 800 ribu hingga Rp1,3 juta.

Servis AC Mobil di Garasi.id Ada Diskon Hingga 75%

Sahabat, itulah informasi tentang servis AC mobil. Untuk Sahabat yang ingin Servis AC dengan biaya terjangkau, coba deh cek Garasi.id. Di Garasi.id lagi ada promo Maret Diskon Greget yang diskonnya hingga 75% loh untuk Spooring Balancing, Servis AC, hingga Cuci mobil.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 14 Mar 2023 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilservisac
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family