Servis Berkala Mobil Adalah Investasi Jangka Panjang
Servis Berkala Mobil Adalah Investasi Jangka Panjang

Servis Berkala Mobil Adalah Investasi Jangka Panjang

14 Jul 2022 | 11:00 WIB

Sebagai pemilik mobil, sangat disarankan agar Sahabat melakukan servis berkala mobil secara rutin. Kebanyakan orang akan melakukan jadwal servis setiap interval enam bulan sekali atau mengikuti jadwal servis yang telah disediakan dari pabrikan mobil. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga mobil Sahabat tetap bekerja sempurna dan aman. Tentu saja Sahabat tidak ingin mengendarai mobil yang bisa rusak setiap waktu, bukan?


Servis Berkala Mobil Adalah Investasi Jangka Panjang


 

Servis berkala mobil adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemiliknya. Hal ini bertujuan supaya mobil tetap terjaga kualitas mesinnya dan tidak mudah rusak karena tidak mendapat perawatan.

Ada beberapa manfaat yang bisa Sahabat dapatkan dari servis berkala mobil. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Mobil Tetap dalam Kondisi Prima dengan Servis 6 bulan sekali

Salah satu cara untuk merawat mobil Sahabat adalah dengan melakukan servis berkala secara rutin.

Servis berkala mobil yang dilakukan setiap 6 bulan sekali sangat dianjurkan untuk pemilik mobil. Hal ini bertujuan agar mobil pribadi Sahabat tetap dalam kondisi prima dan tidak mudah rusak atau mogok.

Menjaga Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar

Mobil yang tidak dirawat dengan baik akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar daripada mobil yang dirawat dengan baik. Melakukan servis berkala adalah hal yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya bahan bakar Sahabat.

Membuat Aman Saat di Kendarai

Rutin dalam melakukan servis berkala mobil dapat membuat kendaraan Sahabat bekerja dengan baik, dan lebih aman saat berada di jalan. Selain itu, ini juga dapat mencegah terjadinya mogok saat berada di situasi yang bisa membuat Sahabat dan orang lain dalam bahaya. 

Memberikan Kenyamanan Saat Berkendara

Saat Sahabat tidak rutin melakukan servis berkala mobil pada kendaraan, hal yang sering terjadi adalah mobil akhirnya mogok.

Mogok bisa menjadi salah satu situasi yang paling tidak nyaman saat Sahabat melakukan bisnis dan aktivitas sehari-hari, yang berkaitan dengan penggunaan mobil.

Jika Sahabat rutin melakukan servis berkala mobil, maka peluang mobil untuk mogok akan semakin kecil. Apabila mobil Sahabat sedikit lebih tua, servis berkala mobil dapat meningkatkan umurnya dan kendaraan tersebut dapat digunakan lebih lama. 

Memastikan Komponen Mobil dalam Kondisi Kerja Baik

Servis mobil secara berkala juga dapat memastikan komponen paling penting dari mobil Sahabat bekerja dengan lancar. 

Komponen tersebut meliputi sistem pendingin, ban, suspensi, rem, dan lain sebagainya. Adanya servis berkala mobil dapat membuat komponen tersebut tetap dalam kondisi kerja terbaik dalam waktu lama.

Sahabat, itulah manfaat dari servis berkala mobil. Sebagai info tambahan, saat melakukan perawatan ada dua jenis perawatan yang berbeda tapi tak boleh dilewatkan, yaitu servis dan tune up. Sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang tidak tahu perbedaan keduanya. 

Supaya Sahabat tahu dengan benar mengenai kedua jenis perawatan ini dan tidak melewatkannya, kenali pengertian dan perbedaan antara tune up dan servis berkala. 

Pengertian Servis Berkala Mobil dan Tune Up 

Servis berkala mobil adalah kegiatan servis yang dilakukan untuk kendaraan baik mobil atau motor dengan jadwal tertentu. Penjadwalan servis dilakukan dalam waktu yang tidak tergolong lama dan harus sesuai dengan buku panduan kendaraan. 

Sedangkan pengertian tune up mobil adalah penyetelan ulang semua komponen mobil. Istilah ini berasal dari kata tune dan up yang artinya adalah mengatur kembali. Sebuah mobil perlu penyetingan semua komponennya setelah lama digunakan. 

Manfaat dari tune up mobil sendiri tidak jauh berbeda dengan servis yaitu supaya kinerja mesin mobil bisa lebih maksimal kembali. Dengan melakukan kedua jenis perawatan mobil ini, maka kendaraan kesayangan akan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Servis Berkala Mobil Adalah Investasi Jangka Panjang


Nah Sahabat, Itulah info dan beberapa manfaat tentang servis berkala mobil. Buat Sahabat yang berencana ingin melakukan servis, bisa melakukan servis berkala di Garasi.id karena sedang ada promo JULI (Juaranya servis dan ganti oli) dengan promo ini, Sahabat bisa mendapatkan diskon hingga 50% untuk layanan ganti oli dan servis berkala mobil kesayangan. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 14 Jul 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalamobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family