Servis Mobil Mazda Rutin
Servis Mobil Mazda Rutin

Servis Mobil Mazda Rutin Bisa Bikin Kantong Sehat!

03 Mei 2023 | 10:16 WIB

Memiliki kendaraan, sudah menjadi kewajiban untuk semua Sahabat melakukan yang namanya servis mobil. Tidak terkecuali Sahabat pemilik mobil mazda.Untuk Sahabat pemilik mobil mazda, melakukan servis mobil itu sangatlah penting karena banyak keuntungan yang bisa didapat. apa saja? mari kita bahas bersama.

Manfaat Servis Mobil Mazda Rutin

Servis mobil secara rutin memiliki beberapa manfaat, antara lain:


Servis Mobil Mazda Rutin Bisa Bikin Kantong Sehat!


1. Memastikan Kinerja Mesin Optimal

Servis mobil secara rutin membantu menjaga mesin mobil agar selalu bekerja dengan baik dan memastikan performa mesin tetap optimal. Sparepart atau komponen mobil memiliki penurunan kualitas seiring dengan jarak pemakaian. Spare Part yang rusak bisa terdeteksi melalui servis mobil secara rutim. Saat servis mobil, bengkel akan melakukan pembersihan, perbaikan, atau penggantian komponen bila diperlukan. Dengan begitu, mobil tetap dalam kondisi prima dan memberi jaminan rasa aman dan nyaman kepada pengendara.

2. Menjaga Kondisi Mobil

Servis mobil membantu menjaga kondisi mobil dalam keadaan baik, sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan yang lebih serius dan menjaga nilai jual mobil.

3. Menjaga Keamanan

Servis mobil memastikan bahwa sistem keamanan mobil seperti rem, sistem pengereman, dan sistem suspensi bekerja dengan baik, sehingga memastikan keamanan pengemudi dan penumpang.

4. Memperpanjang Umur Mobil

Servis mobil juga membantu memperpanjang umur mobil dengan memastikan bahwa komponen dan sistem mobil berfungsi dengan baik dan bekerja dengan efisien.

5. Mencegah Biaya Perbaikan Yang Lebih Besar

Servis mobil membantu mencegah biaya perbaikan yang lebih besar karena kerusakan yang terdeteksi lebih awal dapat diperbaiki sebelum menjadi masalah yang lebih besar dan lebih mahal.


Servis Mobil Mazda Rutin Bisa Bikin Kantong Sehat!


Kapan Servis Mobil Harus Dilakukan?

Interval servis mobil berkala untuk mobil biasanya ditentukan oleh pabrikan dan dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil.

 

Sebaiknya, servis mobil dilakukan secara rutin untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam kondisi baik dan untuk menghindari masalah atau kerusakan yang lebih besar pada mesin atau sistem lainnya.

 

Namun, interval servis mobil dapat berbeda-beda dan dapat ditemukan dalam buku panduan pemilik mobil atau dapat dikonsultasikan dengan bengkel resmi. Dan berikut menjawab kapan harus ke bengkel untuk melakukan servis mobil.

1. Servis Pertama

Diawal pembelian mobil baru, servis mobil dimulai dari servis dengan jangka waktu 1 bulan atau 1.000 km sejak kendaraan diserah terima.

2. Servis Kedua

Selanjutnya, servis mobil mazda direkomendasikan setiap 5 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu terhitung dari servis pertama.

3. Servis Ketiga

Selanjutnya, servis mobil direkomendasikan setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Servis 6 bulan sekali atau tiap kilometer 10.000 km terus dilakukan seterusnya.

4. Saat ada Keluhan

Saat ada keluhan pada kendaraan Sahabat sebaiknya datang ke bengkel resmi untuk menyampaikan permasalahan pada mobil. Hal ini dilakukan supaya mobil tetap dalam kondisi prima dan memberi jaminan rasa aman dan nyaman kepada pengendara.

5. Saat Ada Promo Paket Servis

Pada kesempatan tertentu, biasanya bengkel mobil resmi akan melakukan promo dalam rangka perayaan hari besar tertentu.

 Servis Mobil Mazda Rutin Bisa Bikin Kantong Sehat!


Sahabat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan servis maupun mengganti bagian tertentu pada mobil kamu. Berbicara soal promo servis mobil Mazda secara resmi, Sahabat bisa coba cek Garasi.id. Karena dari tanggal 3 April - 6 Mei 2023, lagi ada Promo Servis Berkala dengan diskon hingga 15% loh Sahabat.

Sparepart Apa Saja yang Harus Diganti saat Servis Berkala?

Pada waktu servis mobil berkala di bengkel resmi Mazda, pihak bengkel menemukan salah satu sparepart yang sudah lawas dan perlu diganti, maka mereka akan meminta persetujuan pemilik mobil untuk melakukan penggantian.

 

Sparepart yang harus diganti saat servis mobil biasanya bervariasi tergantung pada merek dan model mobil, serta kondisi dan usia mobil. Namun, beberapa sparepart yang sering diganti saat servis mobil mazda meliputi:


 Servis Mobil Mazda Rutin Bisa Bikin Kantong Sehat!


     Oli mesin

Untuk memastikan kinerja mesin optimal dan mencegah kerusakan.

     Filter udara

Untuk memastikan bahwa mesin menerima udara bersih dan bebas debu.

     Filter bahan bakar

untuk memastikan bahwa bahan bakar yang masuk ke mesin bersih dan bebas kontaminasi.

     Filter kabin

untuk memastikan udara dalam mobil bersih dan bebas debu.

     Rem

untuk memastikan bahwa sistem rem bekerja dengan baik dan memastikan keamanan pengemudi dan penumpang.

     Busi

untuk memastikan kinerja mesin optimal dan efisiensi bahan bakar.

     Sabuk timing

untuk memastikan bahwa mesin berjalan dengan sinkron dan mencegah kerusakan mesin.

 

Perlu dicatat ya Sahabat, info diatas hanya beberapa contoh sparepart yang sering diganti saat servis mobil mazda berkala. Daftar sparepart yang harus diganti pada setiap servis dapat berbeda-beda dan dapat ditemukan dalam buku panduan pemilik mobil.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Mei 2023 | 13:32 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

promoservisberkalaservisrutinperawatanmobilmazda
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family