Rutin Cek Bagian Rem Mobil
Rutin Cek Bagian Rem Mobil

Setir Mobil Lari Kiri dan Kanan, Coba Perhatikan Bagian Rem dan Kaki Mobil

01 Des 2022 | 11:00 WIB

Berkendara di jalan raya menggunakan mobil tentunya harus bisa menjaga keamanan. Baik itu dari pengendara dan juga mobil itu sendiri. Mobil yang sering digunakan sangat perlu sekali perawatan rutin, agar bisa mendeteksi sebelum terjadi kerusakan yang bisa berakibat fatal. Kerap kali terjadi mobil yang bergerak liar di jalan lurus. Misalnya di jalan lurus, dengan posisi setir lurus namun roda malah membelok ke kiri atau ke kanan. Masalah seperti ini bisa berbahaya jika terus dibiarkan karena bisa mengganggu keamanan berkendara. Lalu apa saja yang jadi penyebab setir mobil liar di jalan lurus? Simak informasi berikut ini.

Masalah Pada Tierod dan Balljoint

Kedua komponen ini memiliki fungsi sebagai pengikat roda-roda mobil dan kemudian meneruskan gaya belok yang berasal dari sistem kemudi. Sehingga ketika komponen-komponen ini mengalami kerusakan maka tentu saja menyebabkan setir terasa kosong dan membuat mobil tidak berubah arah meskipun kemudian sudah diputar. Tentu saja hal ini menyebabkan mobil sulit untuk dikendalikan dan tidak stabil apalagi jika Sahabat menggunakannya dengan kecepatan tinggi. Hal ini tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, bahkan dapat menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan ketika di jalanan.

Gejala-gejala ini biasanya sering dialami pada mobil yang menggunakan sistem kemudi rack and pinion. Hal ini dikarenakan tie rod merupakan komponen yang berkaitan dengan sistem kemudi tersebut. Fungsi tie rod disini adalah untuk mengikat serta menggerakkan roda sehingga dapat belok ke arah kanan dan kiri. Tak hanya setir mobil, kerusakan pada kedua komponen ini juga menjadi penyebab mobil bunyi saat belok. Suara itu dihasilkan karena setir kemudi yang tidak dapat bekerja secara optimal.

Bagian Understeer Mobil Aus

Pada bagian kaki-kaki atau understeer mobil yang rusak, bisa membuat kondisi setir mobil Sahabat menjadi liar. Terutama pada bagian tie rod atau long tie rod, dengan kondisi miring tidak menentu. Kejadian yang sering terjadi saat setir mobil miring ke kiri dan ke kanan, karena rusaknya salah satu komponen kaki kaki. Kondisi seperti ini membuat Sahabat harus selalu memegang terus setir mobil, karena sulit untuk melakukan manuver.

Penyebab ini bisa terjadi karena mungkin saja faktor cara mengemudi mobil yang asal. Misalnya jalanan bergelombang atau berlubang di lewati begitu saja dengan kecepatan kencang. Bisa juga dari komponen yang mulai rusak akibat termakan usia. Salah satu cara mengatasinya yaitu menggantinya dengan part original. Baru setelah itu di spooring.

Sudut Toe Terlalu Lebar

Permasalahan lainnya yang juga sering terjadi, pada setir mobil liar yaitu kondisi sudut toe out yang terlalu lebar. Bila yang terjadi sudut toe semakin melebar, maka bisa menyebabkan setir mobil kehilangan arah. Kadang miring ke kanan atau ke kiri, dengan arah tak menentu. Sehingga membuat berkendara tidak simetris lurus kedepan. Penyebab setir mobil liar di jalan lurus ini karena perubahan sudut geometri pada roda mobil. Hal ini bisa disebabkan karena penggantian komponen kaki-kaki mobil, dengan mur yang bergeser. Solusi terbaiknya yakni melakukan spooring dan balancing untuk mengembalikan keseimbangan

Setir Mobil Lari Kiri dan Kanan, Coba Perhatikan Bagian Rem dan Kaki Mobil


Kampas Rem Habis Sebelah

Kampas rem yang habis juga bisa menjadi penyebab setir mobil liar. Biasanya pada mobil ada 2 kampas rem di dalam satu tempat, fungsinya untuk menjepit piringan cakram atau tromol. Bila ini terjadi sebaiknya harus melakukan penggantian dengan komponen baru. Lakukan penggantian ini dengan satu set kampas sehingga ketebalannya bisa seimbang dan membuat setir mobil tidak liar.

Piston Rem Tidak Optimal

Piston rem yang tidak berfungsi optimal bisa mempengaruhi setir mobil, bisa lari ke kiri atau ke kanan. Penyebabnya bisa karena bocor atau macet, sehingga tidak dapat memompa kampas rem. Sahabat bisa mengecek kerusakan ini, di bengkel mobil terpercaya sebelum bertambah parah lagi.

Setir Mobil Lari Kiri dan Kanan, Coba Perhatikan Bagian Rem dan Kaki Mobil

Dan untuk urus pengecekan mobil Sahabat bisa menggunakan layanan jasa dan servis di Garasi.id, selain terpercaya kadang di Garasi.id suka ada promo 12.12 dengan diskon hingga 75% untuk perawatan mobil kesayangan Sahabat semua. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 01 Des 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilundersteerremmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family