Siap Siap Mudik Lebaran Dengan Cek Kondisi Mobil Kamu
Siap Siap Mudik Lebaran Dengan Cek Kondisi Mobil Kamu

Siap Siap Mudik Lebaran Dengan Cek Kondisi Mobil Kamu

14 Apr 2022 | 10:17 WIB

Cek Komponen Ini Sebelum Berangkat Mudik Lebaran


Pemerintah telah memberikan cuti lebaran dari 29 April hingga 6 Mei 2022. Banyak masyarakat yang menantikan cuti tersebut untuk mudik lebaran. Pasalnya, sudah dua tahun masyarakat tidak mengunjungi sanak saudara di kampung halaman karena pandemi Covid-19. Namun, pemerintah memberi syarat untuk pemudik yaitu sudah melewati dua kali vaksin dan booster.


Bahkan, diprediksi mudik lebaran tahun ini didominasi kendaraan pribadi. Untuk itu, pemudik harus melakukan perawatan komponen mobil secara berkala agar perjalanan ke kampung halaman semakin aman dan nyaman. Salah satu komponen mobil yang harus diservis sebelum dipakai mudik adalah kaki-kaki mobil.


Berikut ini komponen kaki mobil yang wajib dilakukan perawatan sebelum mudik lebaran:


Siap Siap Mudik Lebaran Dengan Cek Kondisi Mobil Kamu

Cek Kaki Kaki dengan Spooring Balancing



  1. Suspensi 


Ini adalah salah satu bagian penting pada kaki-kaki mobil yang berfungsi meredam guncangan ketika melewati jalan berlubang, tanjakan, atau kondisi jalan tidak rata. Suspensi terbuat dari baja tahan karat tetapi komponen ini memiliki masa pakai. 


Untuk mengetahui kerusakan pada suspensi, coba pacu kendaraan pada kecepatan tinggi. Jika ada suara bising saat mobil dipacu berarti sudah saatnya suspensi diganti dengan yang baru. Begitu juga jika terasa limbung ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, maka artinya sudah waktunya mengganti shockbreaker mobil. 


  1. Bearing 


Bearing merupakan salah satu bagian yang menjadi bantalan di roda, sehingga akan sangat berpengaruh pada perputaran roda. Komponen bearing juga akan mempengaruhi kestabilan laju mobil. Cara mendeteksi kerusakan pada bagian bearing adalah dengan memperhatikan perputaran roda dengan cara mendongkrak mobil dan melihat putaran roda satu persatu. Apabila Kamu mendengar suara bising atau gemuruh maka hal ini bisa menjadi tanda masalah pada komponen ini. Solusinya yaitu menggantinya dengan bearing yang baru. 


  1. Bushing Arm 


Komponen ini mempunyai fungsi mencengkeram roda pada titik tumpu roda. Bushing arm berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet. Fungsi lain dari komponen ini adalah meredam getaran pada sambungan suspensi. 


Untuk mengetahui kerusakan pada bushing arm, biasanya bisa dirasakan saat mobil dikendarai terasa tidak nyaman. Pacu mobil dengan kecepatan sedang dan konstan, jika terasa setir buang kanan atau kiri bisa dipastikan kalau bushing arm harus diperbaiki atau diganti. 


  1. Ball Joint 


Ball joint adalah bagian dari komponen mobil yang berfungsi sebagai pengikat dan sebagai sumbu Lower Arm atau as roda mobil. Bagian ball joint ini akan membantu mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok. Untuk mengetahui apakah ball joint mengalami kerusakan, cek dengan terlebih dahulu mendongkrak mobil. Setelah itu, tekan ban ke atas dan ke bawah.


Pada saat mendongkrak mobil, apabila terdengar gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh maka artinya mobil bermasalah. Selanjutnya, segera perbaiki ball joint atau ganti dengan yang baru. 


  1. Per 


Per merupakan komponen di kaki-kaki mobil yang jarang mengalami masalah. Kendati begitu per juga komponen mobil yang bisa rusak. Untuk mengetahui komponen ini rusak memang sedikit sulit. Karena itu, kerusakan pada peer baru akan terdeteksi saat ulir per keong atau per daun patah. Penyebab kerusakan pada peer biasanya karena terkikis, pecahnya bushing atau bantal peer, bisa juga karena ada selang yang terlilit pada bagian spiral peer. 


  1. Velg 


Untuk mengetahui kerusakan pada bagian velg tidak jauh berbeda dengan mengetahui kerusakan pada ban. Cukup dengan melihat kondisi fisiknya, terutama pada bagian bibir velg yang bisa saja terkena trotoar atau batu. Mendeteksi kerusakan pada bagian velg juga bisa dilakukan ketika mobil berjalan. 


Apabila saat mobil berjalan velg goyang, maka kemungkinan salah satu velg peyang. Segera lakukan perbaikan jika velg mengalami kerusakan karena bisa menyebabkan pecah dan laju kendaraan menjadi liar. Jika kerusakan sudah cukup parah, lebih baik diganti baru karena perbaikan hanya bersifat sementara. 


Siap Siap Mudik Lebaran Dengan Cek Kondisi Mobil Kamu

Cek Kondisi Ban Mobil Kesayangan Kamu



  1. Ban 


Jika seluruh bagian kaki-kaki pada mobil bagus, Kamu perlu memeriksa bagian ban. Ini karena ban adalah bagian yang sering mengalami gesekan dengan aspal sehingga mudah pula mengalami masalah. Jika ban mengalami botak sebelah, bisa dipastikan ada masalah pada komponen kaki-kaki mobil Kamu. 


Biasanya masalah terjadi pada bagian tie rod dan long tie rod. Untuk memastikannya, coba dongkrak ban mobil Kamu dan belokkan dengan tagan ke kanan dan ke kiri. Jika terdapat suara gesekan, berarti tie rod atau long tie rod mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki. 


Cara Merawat Ban Mobil Untuk Mudik Lebaran


Ban sendiri memiliki fungsi yang sangat vital, karena posisinya yang bersentuhan langsung dengan aspal. Sebelum dan selama perjalanan mudik, ban ini harus rutin dicek kondisinya agar fungsinya tetap optimal. 

Berikut adalah tips merawat ban mobil sebelum digunakan untuk mudik Lebaran: 

  • Cek tekanan angin 

Tekanan angin menjadi faktor utama yang mempengaruhi usia pakai ban. Tekanan angin yang terlalu besar akan membuat ban menjadi aus secara tidak merata, sebaliknya tekanan angin yang rendah membuat ban menjadi cepat rusak dan habis pada bagian pinggirnya. 

Tekanan angin yang dibutuhkan setiap kendaraan memang berbeda. Tapi umumnya tekanan angin untuk ban mobil rata-rata 30-35 psi. Jika dibutuhkan, sediakan juga alat pengukur tekanan angin ban. Pengecekan tekanan ban mobil ini Kamu lakukan setiap saat, bahkan ketika Sahabat Garasi sedang melakukan perjalanan mudik Lebaran. 

  • Isi angin Nitrogen 

Nitrogen ini memiliki sifat mendinginkan ban saat kondisi panas dan membuat ban menjadi lebih stabil. Meskipun harganya lebih mahal, namun penggunaan nitrogen ini dapat menghemat bahan bakar dan menjaga kualitas ban tetap maksimal. 

Sebelum melakukan pengisian nitrogen, pastikan untuk mengosongkan dahulu ban dari isian angin ban. Petugas pengisian nitrogen biasanya sudah mengerti untuk pengisian baru nitrogen pada ban ini. 

  • Spooring dan balancing 

Spooring berguna untuk menjaga pengaturan kaki-kaki tetap pada posisi normalnya. Dengan spooring ini, gejala aus tidak merata pada ban bisa dihindari dan performa mobil menjadi lebih maksimal. 

Sementara, balancing berguna untuk menyeimbangkan beban mobil pada ban dan velg. Biasanya setelah balancing ini, mobil akan lebih nyaman dan getaran pada setir menjadi lebih minim, termasuk meningkatkan performa secara keseluruhan. 

  • Rotasi ban 

Jika kondisi ban masih layak dan tidak perlu dilakukan penggantian, disarankan untuk melakukan rotasi ban saja. Ini dilakukan agar distribusi beban menjadi lebih merata dan kinerja ban menjadi lebih maksimal. 

Kemudian jangan lupa untuk menggunakan semir ban. Tidak hanya agar ban terlihat seperti baru, ternyata semir ban juga berfungsi untuk menjaga ban mobil tetap lentur dan tidak kering. 

Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan mobil sebelum mudik lebaran, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Roadtrip Harmoni dengan diskon jasa servis hingga 50%. Promo ini berlaku mulai 1 April 2022 hingga 16 Mei 2022.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 14 Apr 2022 | 10:17 WIB
Bagikan

Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family