Pelajari jenis dan arti Indikator Mobil
Pelajari jenis dan arti Indikator Mobil

Simak! Begini Cara Atasi Indikator Mesin Nyala Terus

13 Mar 2022 | 11:00 WIB

Nyalanya indikator mesin pada kendaraan kesayangan Kamu sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Hal ini jangan dianggap sepele ya, Sahabat Garasi. Lampu ini berfungsi untuk memberi tanda bahwa ada kendala yang dialami mobil. Tentunya semua pengemudi mobil tidak mengharapkan lampu ini menyala.

Indikator mesin yang menyala dapat disebabkan oleh beberapa kendala. Nah, jika lampu ini menyala, ada dua kemungkinan yang terjadi pada mobil yaitu ada hal sepele yang dapat diselesaikan langsung tanpa harus ke bengkel mobil, atau terdapat masalah serius yang dapat merusak mobil dan harus diperbaiki oleh ahli mekanik di bengkel.

Indikator ini merupakan bagian penting dalam sistem diagnosa langsung kondisi mobil. Cara kerjanya cukup sederhana. Ketika terdapat masalah pada komponen mobil, seperti mesin, transmisi atau komponen terkait, komputer atau Electronic Control Module (ECM) dalam mobil akan memancarkan sinyal pengingat dan membuat indicator mesin menyala.

Indikator mesin mobil juga semakin rumit karena masing-masing mobil memiliki sistem pendeteksi masalah yang berbeda-beda, sehingga penyebab menyalanya lampu indikator juga beragam tergantung model mobil dan tahun pembuatannya.


Pahami Jenis Lampu Indikator Mobil

Pahami Jenis Lampu Indikator Mobil


Dengan kata lain, sulit untuk mendiagnosa masalah pada mobil tanpa bantuan dari ahlinya. Meskipun begitu, jika indikator mesin mobil menyala berarti ada kendala yang terjadi pada komponen penghasil tenaga yaitu mesin dan transmisi.

Lalu, apa saja penyebab lampu indikator menyala?

1.    Masalah Mesin

Sesuai dengan namanya, lampu indikator mesin menyala ketika ada masalah pada mesin mobil. ECM memonitor kinerja mesin dengan beberapa sensor, dan ketika sebuah masalah terdeteksi, lampu check engine akan menyala.

2.    Masalah Sistem Transmisi

Sistem transmisi pada mobil memanipulasi tenaga yang dihasilkan mesin dan mengirimnya ke roda mobil. Kedua sistem tersebut, transmisi dan mesin, memiliki kaitan yang erat dalam hal kinerja mobil. Untuk itu, jika ECM mendeteksi masalah pada sistem transmisi, lampu indikator mesin akan menyala.

3.    Masalah Alat Emisi Gas Buang

Kebanyakan kendaraan-kendaraan modern saat ini sudah dilengkapi dengan alat emisi gas buang seperti catalytic converter, sistem resirkulasi gas buang, sistem emisi evaporative, dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut berfungsi untuk meminimalisir emisi gas buang dari knalpot, sehingga mengurangi pencemaran udara dan melindungi lingkungan sekitar.

Masing-masing dari alat emisi gas buang ini dapat mengalami kendala yang bermacam-macam, sehingga terlalu banyak jika dijabarkan satu-satu. Namun sama halnya dengan mesin dan transmisi, kendala pada sistem emisi gas buang juga dapat menyalakan lampu indikator mesin.

4.    Masalah Modul dan Sensor

Pada kendaraan modern saat ini, komponen-komponen penghasil tenaga dan penggerak sudah dilengkapi dengan beragam sensor dan modul mengatur kinerjanya. Modul-modul ini berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan memancarkan sinyal-sinyal data. Dengan demikian, masalah pada sensor atau modul ini juga akan menyebabkan indikator mesin menyala.

5.    Masalah Aliran Bahan Bakar dan Udara

Mesin mobil membutuhkan udara dan bahan bakar dalam jumlah yang tepat agar pengapian dalam mesin berjalan dengan baik. Ketika jumlah dari salah satunya terlalu sedikit atau terlalu banyak, kemungkinan besar akan dideteksi oleh ECM. Modul tersebut kemudian akan menyalakan lampu indikator mesin.

6.    Masalah Sistem Pengapian atau Busi

Komponen-komponen seperti busi atau spark plug memiliki peran dalam sistem pengapian campuran bahan bakar dan udara dalam mesin. Sama halnya dengan sebelumnya, terdapat modul kontrol yang memonitor sistem pengapian ini, dan jika terjadi kendala pada komponen-komponen tersebut, ECM akan mendeteksinya dan menyalakan lampu indikator mesin.


Nah, jangan panik jika indikator mesin Kamu nyala terus. Kendati demikian, lampu indikator tak melulu berhubungan dengan mesin mobil. Lampu yang berkedip tersebut bisa saja dikarenakan soket kendor, kemasukan air, kebocoran pada radiator, atau lainnya.

Salah satu solusi dari penyebab lampu indikator mesin menyala adalah melakukan pengecekan menggunakan scanner. Alat scan ini biasanya dimiliki oleh bengkel kekinian untuk mengetahui fault atau kerusakan. Setelah di-scan, akan muncul beberapa kerusakan yang menyebabkan lampu indikator menyala. Terkadang, untuk mengatasi hal ini fault tersebut dapat dihapus memakai alat scan.


Serahkan  Sistem Scanner Kepada Bengkel Terpercaya

Serahkan Sistem Scanner Kepada Bengkel Terpercaya


Ini lima cara mengatasi lampu indikator mobil menyala:

·         Pastikan Tangki Bensin Tertutup Rapat

Pertama, kamu harus memastikan bahwa tangki bensin telah tertutup rapat. Seperti yang dibahas sebelumnya, tangki bensin yang tidak tertutup rapat dapat menjadi penyebab lampu indikator menyala. Oleh karena itu, cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus yang pertama adalah merapatkan tangki penutup bensin. Pastikan sudah aman dan tertutup rapat.

·         Ganti Filter Udara Secara Berkala

Cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus berikutnya adalah dengan mengganti udara secara berkala. Pastikan udara pada mesin terus berganti secara berkala. Udara yang terjebak pada mesin dapat menyebabkan lampu indikator menyala dan sensor oksigen mengalami gangguan.

·         Lakukan Servis Mobil Secara Teratur

Kamu juga perlu melakukan servis mobil secara teratur sebagai cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus. Pada saat servis, montir akan mengecek semua kondisi mobil, ada yang bermasalah atau tidak. Jika ada komponen yang bermasalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian agar masalah tersebut tidak merembet pada komponen lain. Lakukan servis mobil rutin di bengkel resmi agar kondisi mobil selalu terjaga. Tanyakan juga penyebab lampu indikator mobil menyala terus pada saat melakukan servis kendaraan.

·         Cek Busi Secara Berkala

Salah satu penyebab indikator mobil menyala terus adalah adanya gangguan pada busi kendaraan. Oleh karena itu, cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus dapat dilakukan dengan mengecek serta membersihkan busi secara berkala. Mengingat fungsi dan peran busi yang sangat penting, maka pengecekan busi secara teratur wajib dilakukan.

·         Cek Kondisi Aki

Cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus yang terakhir adalah dengan mengecek kondisi aki. Aki juga berpengaruh terhadap lampu indikator yang tiba-tiba menyala. Kamu dapat mengecek kondisi aki dengan cara melepas kepala aki terlebih dahulu. Lepaskan kepala aki yang bertanda minus, bukan yang bertanda plus. Kemudian, kendorkan dan angkat kepala aki secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu pasang kembali aki yang telah dibongkar. Hidupkan mesin dan cek apakah lampu indikator masih terus menerus menyala.


Simak! Begini Cara Atasi Indikator Mesin Nyala Terus

Namun, jika Sahabat Garasi ingin mengatasi lampu indikator mesin menyala, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Maret Makin Greget. Promo ini berlaku hingga 31 Maret 2022.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 14 Mar 2022 | 08:57 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmesinindikatormobilservisberkala