Simak! Ini Biang Keladi Setir Mobil Bergetar
Simak! Ini Biang Keladi Setir Mobil Bergetar

Simak! Biang Keladi Setir Mobil Bergetar

13 Jan 2022 | 11:32 WIB

Setir mobil merupakan pengendali pergerakan laju mobil dan menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan ya, Sahabat Garasi. Untuk itu, perawatan dan pengecekan secara berkala harus dilakukan. 

Masalah yang ada pada setir mobil yaitu bergetar dan tidak seimbang. Penyebab setir mobil bergetar bisa jadi karena ada yang rusak pada mobil Kamu. Jangan panik, kamu harus mencari tahu penyebab setir mobil bergetar. Ini penyebabnya:

Cek Kondisi Ban Anda

Cek Kondisi Ban Anda


  • Ban Rusak

Kondisi ban mobil yang rusak dan gelembung membuat setir menjadi goyang di kecepatan rendah. Adapun penyebab ban mobil menjadi menggelembung adalah kondisi ban yang sudah tidak layak digunakan lagi. Untuk itu, jika Kamu mendapati bahwa kondisi ban mobil telah menggelembung, maka Kamu perlu menanganinya segera dengan menggantinya agar tidak berbahaya saat berkendara. Hindari juga penggunaan ban yang telah aus, karena dapat berakibat pada pengereman.

  • Tekanan Angin

Ada baiknya pemilik mobil memeriksa kondisi tekanan angin pada ban sebelum bepergian. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tekanan anginnya telah sesuai dengan saran pabrikan. Pasalnya, bila tekanan angin ban kurang, sudah bisa dipastikan itu akan berakibat pada kinerja mobil Kamu dan menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar. 

  • Velg Penyok

Kondisi velg yang penyok adalah salah satu penyebab setir mobil bergetar, sehingga terjadi ketidaknyamanan ketika berkendara. Adapun penyebab velg menjadi penyok adalah seringnya Kamu berkendara di jalan berlubang, sehingga menyebabkan adanya benturan. Saat velg penyok, maka akan terjadi ketimpangan pada kendaraanmu dan menyebabkan setir mobil bergetar. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memeriksakan bagian ini secara rutin

Simak! Biang Keladi Setir Mobil Bergetar

Posisi Stir Mobil Yang Nyaman Bisa Dipengaruhi Oleh Kondisi Velg Mobil



  • Kaki-kaki mobil

Tak hanya bagian ban mobil saja, tetapi kondisi kaki-kaki mobil juga dapat menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar. Umumnya, ada beberapa bagian kaki-kaki yang dapat mengalami keausan, sehingga berimbas pada setir mobil. Adapun bagian-bagian tersebut diantaranya ball joint, racksteer, tie rod, dan lain sebagainya.

  • Engine Mounting

Kinerja dari engine mounting juga dapat menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar. Umumnya, getaran mesin mobil akan kian terasa bahkan sejak mesin dihidupkan. Namun jika di saat berkendara, setir mobil turut bergetar dan membuat laju mobil menjadi terganggu, maka itu menandakan bahwa ada masalah pada engine mounting mobil Kamu. 

Adapun engine mount mesin ini berfungsi untuk menahan mesin mobil untuk tetap stabil pada posisinya. Oleh sebab itu, jikalau mengalami kerusakan pada komponen ini, tentu akan menyebabkan getaran pada mesin dan menyebabkan goyangnya setir. Namun, kondisi ini umumnya terjadi pada mobil yang pernah mengalami tabrakan pada bagian depan dan kecelakaan yang cukup parah. 

Begini Cara Atasi Setir Mobil Bergetar

Setelah mengetahui ‘biang keladi’ yang mengakibatkan setir mobil bergetar, Kamu juga perlu mengetahui cara-cara mengatasinya. Berikut penjelasannya:

  1. Cek Kondisi Ban

Cara pertama dalam mengatasi setir mobil bergetar adalah perawatan kondisi ban. Jika ban sudah menggembung, Kamu bisa langsung mengganti ban menjadi ban baru. Kamu juga bisa melakukan kondisi tapak ban dengan melihat Tradewear Indicator (TWI) yang terletak di sela-sela groove atau alur ban.

Jika tapak ban telah sejajar dengan TWI, hal ini menunjukkan bahwa tapak ban sudah tipis. Kamu perlu melakukan pergantian ban di bengkel untuk menghindari resiko berbahaya saat berkendara.

  1. Cek Kaki-kaki

Tidak hanya ban, pengecekan lingkup kaki kaki seperti, roda, rem, dan juga rangka kaki penopang perlu diperhatikan. Jika ada bagian velg yang penyok, atau bagian rem dan kaki-kaki yang tidak baik, Kamu bisa langsung membawanya ke bengkel untuk pengecekan dan perbaikan lebih lanjut.

Simak! Biang Keladi Setir Mobil Bergetar

Selalu Cek Kaki Kaki Mobil



  1. Spooring dan Balancing

Melakukan spooring balancing menjadi salah satu cara untuk mengatasi setir mobil bergetar. Waktu yang tepat dalam melakukan spooring balancing adalah saat jarak berkendara kurang lebih 10 ribu kilometer.

Spooring balancing juga perlu dilakukan rutin setiap berkendara 10 ribu kilometer. Hal ini digunakan untuk pencegahan adanya ketidakseimbangan pada bagian ban, mengingat kondisi jalan yang dilalui mobil.

Sehingga, rutin melakukan spooring balancing dapat mencegah terjadinya setir mobil bergetar. Sehingga kamu akan lebih aman dalam berkendara.

  1. Ganti Bearing

Kondisi bearing yang aus dapat menyebabkan setir mobil menjadi bergetar. Sehingga perlu dilakukan penggantian bearing jika menunjukkan gejala kerusakan. Tetapi, jika kondisi masih bagus, Kamu dapat merawatnya dengan baik.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 17 Jan 2022 | 11:56 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifsetirmobilsetirbergetarspooringbalancing
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family