Pelajari Fitur Dan Komponen Mobil
Pelajari Fitur Dan Komponen Mobil

Simak Cara Menggunakan Fitur Defogger Pada Mobil

29 Apr 2023 | 10:00 WIB

Sudah banyak mobil keluaran terbaru yang telah dilengkapi defogger. Tapi, mungkin banyak dari pemilik mobil tersebut yang belum mengetahui apa fungsi dari fitur tersebut, dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.


Perlu Sahabat ketahui, Defogger adalah kawat tipis yang berfungsi untuk menjaga suhu kaca sehingga meminimalisir munculnya embun di kaca mobil. Seperti ketika Sahabat sedang berkendara di tengah hujan tanpa menyalakan AC, otomatis pandangan di kaca belakang mobil terlihat buram karena embun. Ini akan mengganggu aktivitas saat berkendara.


Dilihat dari artinya, maka bisa diketahui  bahwa defogger pada mobil bisa membantu mencegah terjadinya pengembunan di kaca. Fitur yang satu ini akan terasa sangat penting dan berguna ketika kondisi cuaca basah atau musim hujan. Dengan defogger, visibilitas pengemudi akan lebih maksimal dan hal ini bisa membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Jadi bisa dibilang, defogger termasuk salah satu upaya meningkatkan keselamatan berkendara, khususnya saat berkendara di musim hujan atau dingin.


Pastikan Fitur Defogger Berfungsi Dengan Baik

Pastikan Fitur Defogger Berfungsi Dengan Baik


  • Tipe Defogger


Umumnya ada dua tipe defogger yang terpasang pada mobil. Satu yang terkoneksi dengan AC (air conditioner) dan tipe selanjutnya yang terpasang langsung di kaca. Cara kerja keduanya cukup sama, dengan memanfaatkan pemanas untuk mencegah atau menghilangkan pengembunan pada kaca.


Untuk defogger jenis pertama, yang terhubung dengan AC, pengoperasiannya sangat jelas dan mudah. Bisa melalui tombol atau pemutar untuk memilih mode pada AC. Untuk tipe ini, bisa digunakan ketika diperlukan. Contohnya, sedang berkendara dalam kondisi hujan lebat dan mulai terjadi pengembunan di kaca depan, Anda bisa segera aktifkan defogger agar pandangan tidak terganggu.


Sementara tipe defogger yang kedua, biasanya terpasang pada kaca belakang. Bentuknya seperti garis atau sejumlah filamen yang menempel pada kaca. Kala sistem aktif, arus listrik melewati filamen itu dan menghasilkan panas. Kemudian, dari panas itu yang mencegah pengembunan atau pembekuan sehingga kaca tetap jelas untuk dipandang.


  • Cara Perawatan Defogger


Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah pastikan untuk menggunakan atau mengaktifkan fitur ini jika memang membutuhkannya saja. Jika memang sudah ada embun atau kabut yang terdapat di kaca belakang baru fitur ini dihidupkan. Namun, ketika hujan dan tidak terdapat embun maka lebih baik untuk tidak mengaktifkan fitur ini. Selain itu pastikan untuk menonaktifkan fitur ini jika kabut atau embun tersebut telah hilang. Jangan sampai fitur ini tetap aktif padahal, embun yang menghalangi pandangan sudah hilang.


Selain itu, pastikan juga Sahabat untuk berhati-hati dengan konektor atau soket yang ada pada fitur ini. Umumnya posisi soket berdiri dan dapat tersenggol jika tidak hati-hati ketika mengelap bagian kaca mobil meskipun terbilang jarang timbul kerusakan, namun tidak ada salahnya untuk sesekali memeriksa dengan membuka soket untuk memastikan kondisinya. Jika umur mobil Sahabat sudah cukup lama, maka Sahabat juga perlu berhati-hati pada timah konektor supaya timah tersebut tidak terlepas.


Perawatan yang paling mudah yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan mengusapnya saja. Jangan gunakan tekstur lap yang kasar apalagi jika digunakan pada bagian kaca belakang mobil yang tidak dilengkapi dengan kaca film. Gunakanlah lap kanebo atau kain katun yang memiliki tekstur halus untuk mengelap bagian belakang mobil tersebut.


Gunakan Lap Yang Memiliki Tekstur Halus Untuk Mengelap Mobil

Tetap Waspada Menjaga Visibilitas Pengemudi


Keberadaan defogger dinilai bermanfaat di musim hujan. Namun perlu Sahabat ingat ya, bahwa defogger nggak disarankan digunakan secara terus menerus loh Sahabat. Ternyata, untuk mobil yang belum dilengkapi arus pemutus otomatis, pengendara harus menekan lagi tombol untuk mematikan fungsi defogger.


Itulah penjelasan singkat tentang defogger. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan servis berkala pada mobil kesayangan Sahabat agar selalu siap diajak beraktivitas. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan jasa servis dari bengkel terbaik di Garasi.id, Sahabat bisa kunjungi www.Garasi.id atau Whatsapp tim Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Apr 2023 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifdefoggeracmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family