Solusi Pintu
Pintu Susah Dibuka

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

05 Apr 2019 | 17:36 WIB
BAGIKAN

Umumnya mobil yang sudah berumur lima tahun lebih pasti mulai menunjukkan beberapa gejala menurunnya kualitas sebuah mobil. Entah dari segi performa yang menurun atau beberapa komponen mobil yang mulai aus.

Salah satu contohnya yang paling umum terjadi adalah sulitnya pintu mobil ditutup karena karet sudah mengendur akibat termakan usia. Alhasil kadang pintu mobil terbuka dengan sendirinya karena karet sudah tidak mampu mengunci rapat pintu yang tadinya tertutup.

Pemilik Tri Star Motor di Fatmawati di Jakarta Selatan, Ibu Feli bahkan mengungkapkan "kasus seperti ini memang sering terjadi, seolah pintu mobil mental kembali saat pintu ditutup. Bahkan ada juga yang pintunya kembali terbuka setelah ditutup," seperti dikutip dari laman Mobilipo.com.

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Lalu sebenarnya apa penyebab pintu tidak bisa tertutup rapat tersebut, ya? Begini ulasan singkatnya.

Pengait

Fungsi utama pengait tentu untuk mengaitkan jangkar dari daun pintu ke body mobil. Namun permasalahannya jika menutup dengan keras terlalu sering juga berakibat pada doorlock yang menjadi aus.

Bahkan tak hanya itu saja, air juga dapat menjadi masalah utama pengait pintu mobil cepat rusak. Apalagi kalau kita sering mencuci mobil. Pintu mobil yang tidak tertutup dengan sempurna juga dapat menyebabkan air masuk dan mengganggu daun pintu saat ditutup.

Untuk mengatasi masalah pada door lock ini adalah dengan memperhatikan saat menutup pintu, jangan sampai terlalu keras. Selanjutnya menghindari air masuk ke bagian door lock dan yang terakhir adalah memberikan pelumas secara berkala.

Kekuatan Engsel Pintu Menurun

Engsel pintu turun biasanya terjadi karena termakan usia dan perlakuan terhadap pintu mobil yang tidak benar. Misalnya saja seperti membiarkan pintu terbuka terlalu lama, hal ini juga bisa menyebabkan engsel pintu mengalami penurunan.

Untuk langkah pencegahan bisa dilakukan dengan tidak menggantung daun pintu dalam waktu yang cukup lama dan terlalu sering. Tidak hanya itu, pemilik juga perlu memberi pelumas pada engsel pintu supaya tetap bekerja dengan maksimal. Menghindari rembesan air masuk ke bagian engsel pintu juga perlu diperhatikan.

Karet Pintu

Terakhir adalah permasalahan yang ada pada karet pintu mobil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin bertambahnya usia mobil, semakin berpengaruh juga terhadap elastisitas karet pada pintu mobil.

Karet pintu mobil yang sudah menua memiliki kecenderungan semakin mengeras dan mengendur tergantung di mana mobil itu biasa diletakkan. Faktor semacam inilah yang menyebabkan kenapa banyak pintu mobil yang sudah berumur sangat sulit untuk ditutup pintunya.

Sebagai langkah pencegahan dapat melakukan pengecekan serta perawatan secara berkala dengan baik. Apabila telah aus segera dilakukan penggantian, pilih karet yang mempunyai kualitas paling baik. Meskipun harganya lebih mahal namun biasanya mempunyai usia pakai lebih lama.

Kalau sudah tau berbagai penyebabnya dan cara pencegahanan seperti yang sudah diulas di atas, berarti sudah tidak ada alasan dong untuk merawat pintu mobilmu agar tetap awet dan tetap gampang ditutup? Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat.

Sumber : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 05 Apr 2019 | 17:36 WIB
BAGIKAN