Solusi Pintu
Pintu Susah Dibuka

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

09 Mar 2020 | 14:41 WIB

Umumnya mobil yang sudah berumur lima tahun lebih pasti mulai menunjukkan beberapa gejala menurunnya kualitas sebuah mobil. Entah dari segi performa yang menurun atau beberapa komponen mobil yang mulai aus. Salah satu contohnya yang paling umum terjadi adalah sulitnya pintu mobil ditutup karena karet sudah mengendur akibat termakan usia. Alhasil kadang pintu mobil terbuka dengan sendirinya karena karet sudah tidak mampu mengunci rapat pintu yang tadinya tertutup.

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Pemilik Tri Star Motor di Fatmawati di Jakarta Selatan, Ibu Feli bahkan mengungkapkan "kasus seperti ini memang sering terjadi, seolah pintu mobil mental kembali saat pintu ditutup. Bahkan ada juga yang pintunya kembali terbuka setelah ditutup," seperti dikutip dari laman Mobilipo.com. Lalu sebenarnya apa penyebab pintu tidak bisa tertutup rapat tersebut, ya? Begini ulasan singkatnya.

Pengait pintu mobil aus

Fungsi utama pengait tentu untuk mengaitkan jangkar dari daun pintu ke body mobil. Namun permasalahannya jika menutup dengan keras terlalu sering juga berakibat pada door lock yang menjadi aus. Bahkan tak hanya itu saja, air juga dapat menjadi masalah utama pengait pintu mobil cepat rusak. Apalagi kalau kita sering mencuci mobil. Pintu mobil yang tidak tertutup dengan sempurna juga dapat menyebabkan air masuk dan mengganggu daun pintu saat ditutup.

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Untuk mengatasi masalah pada door lock ini adalah dengan memperhatikan saat menutup pintu, jangan sampai terlalu keras. Selanjutnya menghindari air masuk ke bagian door lock dan yang terakhir adalah memberikan pelumas secara berkala.

Kekuatan engsel pintu mobil menurun

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Engsel pintu turun biasanya terjadi karena termakan usia dan perlakuan terhadap pintu mobil yang tidak benar. Misalnya saja seperti membiarkan pintu terbuka terlalu lama, hal ini juga bisa menyebabkan engsel pintu mengalami penurunan. Untuk langkah pencegahan bisa dilakukan dengan tidak menggantung daun pintu dalam waktu yang cukup lama dan terlalu sering. Tidak hanya itu, pemilik juga perlu memberi pelumas pada engsel pintu supaya tetap bekerja dengan maksimal. Menghindari rembesan air masuk ke bagian engsel pintu juga perlu diperhatikan.

Karet pintu mobil sudah usang

Terakhir adalah permasalahan yang ada pada karet pintu mobil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin bertambahnya usia mobil, semakin berpengaruh juga terhadap elastisitas karet pada pintu mobil. Karet pintu mobil yang sudah menua memiliki kecenderungan semakin mengeras dan mengendur tergantung dimana mobil itu biasa diletakkan. Faktor semacam inilah yang menyebabkan kenapa banyak pintu mobil yang sudah berumur sangat sulit untuk ditutup pintunya.

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Sebagai langkah pencegahan dapat melakukan pengecekan serta perawatan secara berkala dengan baik. Apabila telah aus segera dilakukan penggantian, pilih karet yang mempunyai kualitas paling baik. Meskipun harganya lebih mahal namun biasanya mempunyai usia pakai lebih lama.

Cara merawat pintu mobil

Pintu mobil baik otomatis maupun manual membutuhkan perawatan yang benar. Jika perawatan yang dilakukan salah akan menyebabkan pintu mobil tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Hal tersebut akan sangat berbahaya sekali karena pintu mobil yang rusak bisa membuatnya tidak tertutup rapat secara sempurna sehingga jika terjadi goncangan dan tidak menggunakan sabuk pengaman orang yang ada di dalam mobil bisa terpelanting keluar dari mobil. 

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Tidak hanya itu saja pintu mobil yang rusak akan menyebabkan air mudah masuk ke dalam kabin akibat kondisi karet yang sudah bermasalah. Oleh sebab itu jangan pernah mengabaikan perawatan pintu mobil ini. Simak adalah beberapa cara merawat pintu mobil yang benar yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Menutup pintu mobil dengan benar

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Banyak orang yang mengabaikan hal ini dimana saat masuk dan keluar mobil sering menutup pintu mobil dengan keras. Ketika hal ini dilakukan secara berulang-ulang akan membuat pintu mobil tersebut menjadi cepat rusak. Tutuplah pintu dengan perlahan dan dengan tenaga yang wajar.

Tempat parkir yang tepat

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Cara merawat pintu mobil selanjutnya adalah pilihlah tempat parkir yang tepat. Cuaca panas dan terik sinar matahari yang langsung mengarah ke mobil sangat tidak bagus untuk cat dan juga kondisi pintu mobil terutama karet perekat yang mana bisa membuat mobil bisa tertutup dengan sempurna. Karet perekat jika sering terpapar dengan sinar matahari akan membuatnya menjadi getas sehingga umur karet pada pintu mobil tersebut menjadi pendek.

Hindari menyentuh karet pintu mobil

Hal yang tidak boleh dilakukan adalah hindari menyentuh karet pintu secara langsung. Sering menyentuh karet pintu mobil ini akan menyebabkan karet menjadi tergores, terlepas, bahkan menjadi robek. Jika karet sudah mengalami gangguan atau kerusakan menyebabkan pintu mobil akan menjadi cepat rusak.

Bersihkan karet pintu mobil secara berkala

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Untuk membuat pintu mobil menjadi awet dan tidak mudah rusak bagian karet mobil harus sering dibersihkan. Sahabat bisa membersihkan karet pada pintu mobil tersebut saat melakukan pencucian mobil. Caranya pun sangat mudah yaitu siapkan lap halus, kuas kecil, dan sedikit air bersih. Bersihkan karet menggunakan kuas yang sudah celupkan ke dalam air, sapu semua karet sampai benar-benar bersih, kemudian keringkan dengan lap. Kotoran maupun debu yang melekat pada karet dan tidak dibersihkan akan bisa mengganggu fungsi dari karet tersebut.

Hindari benturan di pintu mobil

Untuk bisa merawat pintu mobil yang benar adalah dengan menghindari benturan pada pintu mobil tersebut.  Benturan hanya akan menyebabkan posisi pintu menjadi bergeser terutama jika benturan tersebut sangat keras bisa membuat pintu mobil menjadi terlepas. Untuk meminimalkan jangan parkir di tempat yang sempit karena risiko pintu mobil terbentur sangat besar.

Simak Ini, 3 Hal yang Jadi Penyebab dan Solusi Pintu Mobil Susah Ditutup

Demikianlah beberapa cara merawat pintu mobil yang benar dan penting untuk diketahui. Selain bagian pintu bagian lain seperti eksterior dan interior juga harus dirawat. Nah, ada tempat yang memberikan #SolusiPuas dalam melakukan perawatan mobil kamu. Ya, Garasi.id, tempat dimana semua kebutuhan otomotif kamu bisa didapatkan dengan mudah dan tentunya sangat berkualitas. Apalagi ditambah dengan promo-promo menariknya, sudah pasti kepuasaan yang akan Sahabat dapatkan. Yuk buruan cek perawatan mobil di Garasi.id.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 01 Apr 2020 | 15:58 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobilperawatankaretkaitpintutuamudabarubekassolusicegahgarasiidotomotif