Fitur mobil yang jarang diketahui
Fitur mobil yang jarang diketahui

Simak, Ini Dia Fitur Mobil Yang Jarang Diketahui

08 Mar 2022 | 11:00 WIB

Mobil memiliki segudang fitur dengan beragam fungsi. Beberapa fitur ini bahkan didesain untuk memudahkan manusia dalam mengendarainya. Namun, Sahabat tau nggak, kalau ada beberapa fitur mobil yang letaknya tersembunyi? Bahkan, banyak dari kita yang tidak mengetahui apa fungsinya.

Nah, apa saja ya fitur tersembunyi yang ada di mobil serta apa fungsinya? Yuk simak!

1. Panah di Sebelah Logo SPBU

Jika Sahabat perhatikan speedometer pada mobil, Sahabat pasti akan menemukan tanda panah di sebelah logo SPBU yang ada di speedometer. Tanda panah ini bisa saja mengarah ke kanan atau ke kiri. Tanda anak panah ini merupakan kode tanda lokasi lubang tangki bahan bakar berada. Tanda ini berguna bagi para pengemudi pemula atau ketika Sahabat meminjam kendaraan dan ingin mengisi bahan bakar. Dengan tanda panah tersebut, Sahabat bisa mengetahui di mana letak tangki bahan bakar mobil tanpa harus turun mobil. Jika tanda panah mengarah ke kanan, berarti tangki berada di sisi kanan mobil. Jika tanda panah mengarah ke kiri, berarti tangki ada di sebelah kiri mobil.

2. Cantolan di Kabin

Beberapa mobil keluaran baru dilengkapi oleh cantolan yang multifungsi. Biasanya, cantolan terletak di dekat headrest sisi kursi penumpang. Fitur ini berfungsi untuk penumpang saat ingin menyimpang barang-barang yang bisa digantung, seperti tas misalnya.

3. Kode Warna di Balik Kap Mesin

Tak semua pemilik mobil memahami komponen yang ada di balik kap mesin. Nah untuk memberi kemudahan, biasanya terdapat kode warna yang ada di balik kap mesin. Setiap warna ini merupakan kode untuk komponen yang ada di balik kap mesin mobil. Sehingga, pemilik mobil bisa mengetahui dan mampu membedakan setiap komponen yang ada di balik kap mesin berdasarkan kode warna yang berbeda tersebut. Hal ini tentunya akan membantu saat mobil tiba-tiba mogok sehingga kode ini bisa dijadikan identifikasi untuk komponen yang mengalami masalah.

4. Tempat Payung

Biasanya, banyak orang meletakkan payung di tempat penyimpanan atau bagasi. Namun, hal ini merepotkan ketika Sahabat ingin mengambil payung di saat hujan turun. Karena itu, beberapa mobil dilengkapi fitur tersembunyi yakni tempat penyimpanan payung yang terletak di pintu mobil. Banyak yang tidak menyadari adanya tempat payung ini karena letaknya memang agak tersembunyi, yaitu di bagian handling dalam. Namun, tak semua mobil dilengkapi fitur ini ya! 

5. Kaca Tengah Anti Silau

Lampu mobil di belakang kadang membuat pandangan terganggu karena membuat kaca tengah menjadi silau akibat pantulan cahaya. Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini, tinggal tekan tombol kecil yang letaknya di balik kaca tengah. Tombol ini fungsinya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode silau. Walaupun tidak semua mobil dilengkapi fitur ini, Sahabat bisa coba cek mobilnya. Siapa tahu fitur ini sebenarnya tersedia, namun Sahabat tidak menyadarinya.

6. Triptonic

Mirip dengan paddle shift, triptonic adalah fitur yang bekerja untuk memudahkan pengemudi berkendara secara manual pada mobil matik. Bedanya adalah perpindahan gigi dilakukan dengan menggunakan tuas transmisi dengan memaju-mundurkan tuas tersebut ke arah tanda plus atau minus.

7. Heater

Heater juga termasuk salah satu fitur mobil yang jarang diketahui. Fitur yang satu ini berfungsi sebagai pengatur suhu ruangan. Dalam hal ini, fitur Heater akan berperan penting untuk memanaskan ruang kabin ketika cuacanya tengah dingin. Dengan demikian, suasana di dalam mobil bisa selalu terasa nyaman dan kaca pun jd tidak berembun jg.

Isofix Pada Mobil Yang Sangat Berfungsi Untuk Tempat Duduk SI Kecil

Isofix Pada Mobil Yang Sangat Berfungsi Untuk Tempat Duduk SI Kecil


8. ISOFIX

Fitur ISOFIX ini sangat membantu Sahabat yang bepergian bersama anak. Fitur keselamatan ini bisa Sahabat temukan secara mudah di bagian bawah sandaran jok penumpang baris kedua.

ISOFIX ini berperan penting dalam mengaitkan car seat. Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk mencegah anak dari cedera fatal apabila terjadi kecelakaan. Penggunaan fitur ISOFIX sangatlah dianjurkan karena postur tubuh anak yang memang belum sesuai jika menggunakan sabuk pengaman mobil.

Nah Sahabat, itulah fitur-fitur mobil yang sebenarnya ada tetapi jarang diketahui fungsinya. Buat Sahabat yang belum tau, boleh nih coba langsung cari fitur-fitur tersebut di mobilnya. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Mar 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotiffiturmobilisofixtriptonic
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family