Lakukan Fitting Velg Dengan Benar Agar Terpasang Sempurna
Lakukan Fitting Velg Dengan Benar Agar Terpasang Sempurna

Simak! Pemilihan Gaya Fitment Pada Velg Mobil

25 Mar 2023 | 13:36 WIB

Memahami dan memilih fitment velg mobil dimulai dengan hal-hal seperti ukuran diameter dan lebarnya velg. Kemudian ada lagi soal center bore, offset dan berakhir dengan apakah kombinasi sejumlah elemen tersebut akan membuat velg pas dipakai dan enak dilihat pada mobil Sahabat. Angka-angka pada sejumlah elemen tersebut jika dihitung dengan benar, akan menjaga ban dan fender tidak saling memakan antara satu sama lain yang tentu akan berpengaruh besar pada pengendaraan mobil dan umur pemakaian komponen kaki-kaki.


Jumlah lubang baut dan pola yang dibentuk adalah hal pertama yang perlu dipikirkan ketika Sahabat bertanya-tanya apakah velg yang kamu incar cocok dengan spesifikasi mobil. Pola lubang baut dijelaskan menggunakan dua angka dan dikenal dengan istilah PCD (Pitch Circle Diameter)


Misalnya 4×100. Angka pertama mewakili jumlah lubang baut yang cocok dan angka selanjutnya memberitahu Sahabat seberapa jauh jarak antara satu lubang dengan lainnya. 4×100 berarti memberitahu bahwa velg tidak hanya memiliki empat lubang baut, tetapi jarak antara tiap lubang dengan lainnya yaitu 100 mm. Velg dengan lubang baut 4×100 tidak akan bisa dipasang ke mobil yang memiliki PCD 4×114.3, kecuali harus menggunakan tambahan adaptor.


Hobi Modifikasi Komunitas Banten

Hobi Modifikasi Komunitas Banten


Apa Itu Center Bore?

Center Bore adalah lubang atau lingkaran yang berada di tengah-tengah lubang baut pada velg. Fungsinya adalah untuk menahan velg agar tetap berada di pusat roda.


Jika mobil Sahabat tergolong mobil yang sudah berumur satu atau dua dekade, kemungkinan besar sudah mendapat bentuk lingkaran yang menonjol pada bagian tengah nap roda atau wheel hub yang akan terhubung dengan velg. Fungsinya adalah meminimalisir getaran pada roda dan mengurangi ketergantungan daya tahan roda hanya pada baut saja.


Jika velg yang ingin dipasang pada mobil memiliki center bore berbeda yang lebih besar dari standar, sangat dianjurkan untuk menyisipkan center ring untuk menutup celah yang ada dan menyerap banyak beban yang diterima baut roda. Jangan sampai velg hanya bertumpu pada baut saja yang bisa menyebabkan getaran pada roda hingga patahnya baut roda. Seperangkat center ring dapat menyelamatkan mobil Sahabat, maka dari itu jangan pernah remehkan fungsi dan perannya pada kaki-kaki mobil.


Hobi Modifikasi Komunitas Jawa Timur

Hobi Modifikasi Komunitas Jawa Timur


Ukuran Velg Mobil

Anggapan menggunakan velg berukuran 19 inci atau lebih besar ke mobil sedan atau mobil kecil adalah sesuatu yang keren eranya sudah berakhir. Banyak orang sudah sadar, velg yang lebih kecil, lebih ringan jauh lebih baik untuk pengendaraan mobil. Size does matters, ukuran itu penting.


Ketika Sahabat mengubah ukuran velg, perhatikan setiap mobil memiliki ruang fender yang bisa dimaksimalkan hingga 2 inci lebih besar dari velg pabrikan. Andai velg bawaan mobil memiliki ukuran ring 15, berarti ruang fender bawaan kemungkinan bisa memuat hingga velg berukuran ring 17. Jika Anda ingin memaksakan velg yang lebih besar dari ukuran tersebut, biasanya harus mengubah bentuk fender bawaan.


Mengganti velg yang memiliki ukuran lebih besar harus diikuti dengan memilih ban dengan profil yang lebih tipis. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan ketinggian yang sama. Dengan demikian, pengendaraan mobil seharusnya terasa tidak jauh berbeda. Ini adalah seni meningkatkan tampilan mobil dengan fitment velg yang oke lewat mengganti velg dengan ukuran lebih besar, tanpa mengubah keseluruhan diameter dari kaki-kaki seperti sebelumnya.


Sangat disarankan jika mengganti velg adalah memilih velg dengan ukuran lebar. Velg lebih lebar dapat memberikan stabilitas dan handling yang yang lebih baik dan bahkan memungkinkan stir untuk menjadi lebih responsif. Nah, sebelum mengganti dengan velg lebih lebar, Sahabat harus memahami soal offset pada fitment velg mobil.


Hobi Modifikasi Komunitas Tangerang

Hobi Modifikasi Komunitas Tangerang


Mengapa Offset Sangat Penting pada Fitment Velg?

Offset mungkin menjadi faktor paling penting dalam memilih dan memasang velg baru demi mendapat fitment velg yang diinginkan. Offset yang juga biasa disebut dengan istilah ‘ET’, adalah jarak antara bagian penampang tengah velg dari garis tengah velg.


Jika angka offset velgnya positif, artinya posisi penampang tengah velg cenderung ke sisi luar velg. Sebaliknya jika offset-nya negatif, berarti posisi penampang tengah velg cenderung ke bagian dalam velg. Jika nol, maka posisi lubang velg berada tepat pada garis tengah velg.


Agar Sahabat mudah memahaminya, mari simak secara singkat penjelasannya: jika semakin kecil offset velg, maka bibir velg atau lips terluar akan semakin mendekati atau bahkan keluar dari fender. Sebaliknya, jika offset velg semakin besar atau angkanya positif, maka bibir velg atau lips terluar akan semakin kedalam. Semakin besar angka offset, semakin jauh massa roda akan terdorong di bawah mobil, mengurangi lebar track width secara keseluruhan.


Kebanyakan mobil penggerak roda depan lebih cocok dengan velg ber-offset positif. Nah mobil berpenggerak roda belakang, biasanya cocok dengan velg ber-offset kecil atau bahkan negatif.


Hobi Modifikasi Komunitas Bekasi

Hobi Modifikasi Komunitas Bekasi


Perlu diperhatikan bila Sahabat mempertimbangkan untuk memasang velg lebar, buat offsetnya tidak keluar dari fender (untuk velg bertipe 3-pieces yang bisa di-custom). Offset yang kecil atau minus mungkin membuat lips atau bibir terluar velg keluar dari fender. Solusinya Sahabat bisa melakukan teknik roll fender, memasang fender flare, mengatur sudut camber atau menggunakan teknik tyre stretching.


Jika velg terpasang terlalu jauh keluar dari fender, menyebabkan dinding ban bergesekan dengan fender. Ini jika lipatan dalam fender belum di-roll. Ini bakal memperpendek umur atau bahkan merobek ban dan merusak bentuk fender yang juga berbahaya.


Istilah ini dikenal dengan rubbing atau ‘gesrot’. Perlu diketahui bahwa dinding ban adalah bagian paling sulit dideteksi kerusakannya, tidak seperti permukaan ban. Idealnya, offset dari velg yang baru tidak lebih dari 5 milimeter. Baik itu lebih besar atau lebih kecil, dari offset velg OEM atau bawaan mobil. Jika besarnya offset velg OEM sekitar 15, berarti velg baru Anda sebaiknya memiliki offset 10 atau 20.


Hobi Modifikasi Komunitas Jakarta

Hobi Modifikasi Komunitas Jakarta


Selalu diingat Sahabat, bahwa mengubah besaran offset secara drastis akan berpengaruh pada pengendaraan mobil. Oleh karena itu perlu mengetahui terlebih dahulu offset velg standar dari mobil. Sudah banyak pemilik mobil pribadi maupun komunitas yang bergaya fitment untuk mobil kesayangannya. Sahabat pasti sering menemui gaya seperti ini di jalan, kegiatan otomotif dan car contest di seluruh kota besar di Indonesia.


Sebagai e-commerce yang peduli untuk kebutuhan mobil Sahabat, kamu harus mengetahui Apa itu Garasi.id? karena Garasi.id  selalu memberikan jasa layanan terbaik untuk Sahabat. Informasi lengkap hubungi tim customer service Clara di Whatsapp. Selain itu Sahabat bisa simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate sebagai referensi mengulas dan mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 31 Mar 2023 | 09:02 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmodifikasivelgmobilfitment
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family