Ini Dia Penyebab Gearbox Mobil Bisa Rusak
Ini Dia Penyebab Gearbox Mobil Bisa Rusak

Simak! Penyebab-penyebab Gearbox Mobil Bisa Rusak

22 Apr 2022 | 12:38 WIB

Saat ini, terdapat 2 opsi transmisi dari sebuah mobil, yakni manual dan otomatis atau biasa disebut matic. Masing-masing jenis transmisi memiliki kelebihan dan kekurangan, Mobil Sahabat Garasi memiliki proses kemampuan transmisi daya yang sangat menarik dari mesin ke roda. Dari semua komponen mekanik yang berpartisipasi dalam proses itu, yang paling penting adalah kotak persneling mobil (gear box). 


Simak! Penyebab-penyebab Gearbox Mobil Bisa Rusak


Walaupun mobil Kamu dapat mentransmisikan daya dengan sukses tanpa kehadiran gearbox, kegunaannya dengan teknologi mobil yang berkembang pesat selama bertahun-tahun telah menjadikannya komponen yang sangat diperlukan dalam powertrain. 

Disamping itu, penggantian oli harus rutin dilakukan dan bisa Kamu jadikan sebagai informasi tambahan. Gearbox mobil mampu mentransmisikan sejumlah daya yang tepat melalui rotasi terus-menerus, tanpa akhir dengan tanpa gesekan.


Berikut ini penyebab-penyebab kerusakan Gearbox mobil Kamu:


  1. Injak rem ke bawah terus menerus

Kebiasaan buruk yang kadang tak dipahami oleh pengemudi adalah menginjak rem terus menerus dalam jangka lama untuk jalan yang menurun. Hal ini akan menyebabkan Kamu perlu menggantinya lebih sering, yang akan menambah biaya yang tidak perlu untuk mobilmu.

Injak rem saat diperlukan saja, sebelum mengulangi prosesnya sampai Anda mencapai kaki bukit.

  1. Istirahatkan tangan pada roda gigi

Instruktur mengemudi Kamu mungkin memberi tahu agar kedua tangan tetap memegang kemudi setiap saat, tetapi banyak dari kita yang mengembangkan kebiasaan buruk segera setelah gigi ‘L’ dimasukkan. Salah satu dari ini mungkin termasuk meletakkan tangan Kamu pada tongkat penyangga. Tapi tahukah Kamu ini bisa berdampak buruk bagi transmisi?

Tuas gear mobil tersambung dengan tuas transmisi yang didesain untuk melakukan kontak dengan boks gear dan berputar secara cepat dalam waktu singkat. Posisi tangan pada roda gigi beresiko membuat gear stick cepat aus. Beberapa buku panduan manual pemilik secara khusus menyarankan agar Kamu tidak menempelkan tongkat pada roda gigi.

  1. Flooring akselerator dengan gigi tinggi

Banyak mobil modern memiliki lampu indikator perpindahan gigi, memberi tahu Kamu kapan harus mengganti atau menurunkan gigi. Berakselerasi pada putaran rendah, atau pada gigi terlalu tinggi, berarti mesin bekerja lebih keras, menyebabkan tekanan yang tidak perlu pada motor.

Ubah ke bawah dan biarkan roda gigi naik sebelum berganti. Ini sangat penting saat membawa beban berat atau saat mendaki bukit. Selain itu, masalah sistem karburator juga perlu menjadi perhatian penting Kamu.

  1. Mobil kelebihan muatan

Mobil modern dirancang untuk membawa beban berat, tetapi itu tidak berarti mereka boleh kelebihan beban. Buku panduan manual pemilik Kamu akan sering memberi tahu berat maksimum muatan mobil Kamu, yang akan memberi indikasi jumlah barang bawaan yang harus Kamu bawa secara total 

Cara Perawatan Gearbox


Kendaraan bermotor saat ini memiliki dua transmisi yaitu manual dan matic. Berikut ini cara perawatan untuk mobil transmisi manual dan otomatis: 


  • Transmisi manual 


Bagian pertama yang wajib dirawat adalah kopling mekanis. Hindari kebiasaan buruk seperti tidak menekan pedal kopling secara benar saat perpindahan gigi atau kasar saat melepas dan menekan. Selain itu, hindari kebiasaan menahan setengah kopling saat di tanjakan karena akan mempercepat keausan pada kampas kopling. 


Jangan meletakkan kaki di pedal kopling saat mobil berjalan karena akan mempercepat keausan kopling. Terpenting adalah menjaga kualitas oli transmisi manual yang bekerja melumasi gigi transmisi, synchromesh, dan komponen lain di dalam rumah transmisi. Oli transmisi manual yang terjaga kualitasnya akan melindungi gigi transmisi, memudahkan perpindahan gigi, dan menambah panjang usia pakai transmisi.

  • Transmisi otomatis 


Transmisi otomatis memanfaatkan tekanan oli dan Torque Converter untuk menggerakkan perpindahan gigi. Torque Converter menggantikan kopling mekanis dan seluruh komponen yang berada di dalam transmisi terendam oli. Artinya, pelumas memegang peran penting dalam menjaga performa transmisi matik. Automatic Transmission Fluid (ATF) memiliki tugas sebagai pelumas seluruh komponen bergerak, baik di dalam torque converter maupun rumah transmisi. Selain itu, ATF juga harus menyalurkan tenaga hidrolis bertekanan tinggi untuk mengoperasikan kopling dalam rangka menyalurkan daya mesin dan melakukan perpindahan gigi. Penggunaan ATF yang salah akan mempengaruhi performa transmisi matik.

Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan gearbox mobil sebelum mudik lebaran, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Roadtrip Harmoni dengan diskon jasa servis hingga 50%. Promo ini berlaku mulai 1 April 2022 hingga 16 Mei 2022.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 22 Apr 2022 | 12:38 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgearboxtransmisi