Pengemudi Yang Baik Memiliki Karakter Berbeda Dalam Mengoperasikan Kendaraan
Pengemudi Yang Baik Memiliki Karakter Berbeda Dalam Mengoperasikan Kendaraan

Simak! Teknik Meningkatkan Keterampilan Mengemudi

16 Sep 2022 | 10:36 WIB

Belajar mengemudi adalah kebanggaan bagi pengemudi baru dan bisa menjadi salah satu pengalaman yang paling berkesan. Namun, dengan semua gangguan di jalan akhir-akhir ini, tidak jarang pengemudi yang berpengalaman pun mengalami kesulitan untuk tetap fokus saat mengemudi. Nah, artikel ini akan membahas tips efektif yang akan membantu Sahabat meningkatkan keterampilan mengemudi.


Mengemudi adalah keterampilan dasar dalam kehidupan kebanyakan orang saat ini. Sering kali dianggap sebagai sesuatu yang kita miliki secara alami. Namun, seperti keterampilan lainnya, keterampilan mengemudi pun dapat diasah dan ditingkatkan  dengan latihan yang cukup.


Pentingnya keterampilan mengemudi akan berdampak cukup besar dalam tiap perjalanan dengan menggunakan mobil. Sehingga, dengan keterampilan mengemudi  yang baik, akan bisa menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.  


Berkendaralah Sesuai Dengan Standar Keselamatan

Berkendaralah Sesuai Dengan Standar Keselamatan

Sahabat bisa meningkatkan keterampilan mengemudi dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut :

·         Melatih Feeling

Memiliki feeling terhadap segala sesuatu yang kuat adalah kunci dari mengemudikan mobil dengan efektif. Semakin yakin pada perasaan Sahabat dengan lingkungan sekitar maka, akan semakin kecil kemungkinan terganggu. Feeling juga dapat membantu dalam membuat keputusan dalam mengemudi. Feeling atau rasa terhadap bahaya, Luas jalan, kecepatan kendaraan atau kendaraan lainnya yang ada di jalan akan menghindarkan pada bahaya yang mengancam ketika mengemudi.


Teknologi saat ini memang banyak yang digunakan untuk mendampingi dalam mengemudi. Beberapa teknologi bisa membantu dalam mengemudi. Namun teknologi tidak dapat menggantikan feeling terhadap lingkungan sekitar. Jadi mengembangkan feeling akan membantu dalam meningkatkan kemampuan mengemudi. Kenali informasi-informasi yang ada, baik pada mobil kamu, maupun lingkungan disekitar mobil yang kamu kendarai.

·         Menghindari Gangguan

Gangguan adalah salah satu penyebab paling umum dari kecelakaan yang terjadi pada kendaraan di jalan raya. Oleh karena itu, ada hal yang cukup sederhana yang dapat Sahabat lakukan untuk mengurangi gangguan yang ada ketika mengemudi. Hal tersebut adalah dengan menyimpan barang-barang yang sekiranya akan menarik perhatian pada saat mengemudi. Sehingga tetap bisa fokus pada saat mengemudikan kendaraan.


Menyimpan ponsel dengan mode senyap mematikan video dari pemutar video, atau menyimpan makanan pada tempat yang tidak terlihat akan sedikit membantu. Hal ini akan membantu dalam menjaga fokus kamu terhadap jalan raya.

·         Prioritaskan Keamanan

Jika sudah berada di belakang kemudi, biasanya akan cukup susah dalam menjaga kestabilan emosi. Hal ini dapat menyebabkan satu kesalahan besar yang sering dilakukan oleh banyak pengemudi. Kesalahan umum tersebut adalah mereka memilih untuk memprioritaskan kecepatan daripada keselamatan. Meskipun dengan alasan bahwa mengemudi dengan kecepatan tinggi  akan mengurangi waktu perjalanan.

Mengemudi pada kecepatan tinggi juga akan meningkatkan risiko kecelakaan yang bisa terjadi. Hal terbaik dalam mengemudi adalah dengan menjaga kestabilan emosi Sahabat dan selalu memprioritaskan keselamatan dengan menjaga kestabilan kecepatan sesuai dengan peraturan lalu lintas yang ada pada jalan raya.


Selain itu, selalu perhatikan kondisi mobil yang kamu kendarai. Sebelum melakukan perjalanan, harus mengecek kelayakan mobil yang akan dikendarai. Dengan ini kamu akan aman dan nyaman dalam mengemudikan mobil.

·         Melatih Fokus

Menjaga fokus memang hal yang sangat penting dalam perjalanan. Keamanan dalam mengemudi akan sangat ditentukan oleh Sahabat. Jangan pernah menggunakan ponsel saat mengemudi. Menggunakan ponsel saat berkendara adalah hal yang tabu untuk dilakukan pada saat mengemudikan mobil.


Pandangan dan pikiran harus tercurahkan pada kemudi dan segala yang terjadi pada perjalanan. Ingatlah bahwa keamanan adalah prioritas utama dalam berkendara.

·         Sering Berlatih

Keterampilan baru memang tidak bisa dipelajari dalam semalam atau secara instan. Jadi, Sahabat harus meluangkan waktu untuk selalu mengasah kemampuan mengemudi mobil. Mulailah dengan sadar dan mengingatkan kamu tentang praktik yang sudah dilakukan pada saat belajar mengemudi, tahapan tahapan yang harus dilakukan dan selalu melakukannya saat mengemudikan mobil. Sampai pada akhirnya, ini menjadi kebiasaan yang selalu kamu lakukan.


Banyak berlatih merupakan kunci untuk menjadi pengemudi yang baik. Latihan harus menjadi langkah pertama dan yang terpenting Sahabat lakukan untuk menjadi pengemudi yang lebih baik.


Tips Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengemudi


Nah, Jika Sahabat Garasi mau tahu tips dan trik otomotif lainnya, kamu bisa cek di www.Garasi.id dan nikmati Promo September Ceria Bareng Mobil Tercinta dengan diskon jasa servis hingga 50 persen. Promo ini berlaku mulai dari 30 September 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 16 Sep 2022 | 10:50 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifketerampilanmengemudi
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family