Mobil Bekas
Beli Mobil Budget Terbatas

Solusi Beli Mobil Dengan Dana Terbatas

05 Agt 2018 | 16:00 WIB
BAGIKAN

Saat ini memiliki mobil telah menjadi sebuah hal yang tidak lagi sulit untuk dilakukan karena ada banyak tipe dan jenis mobil yang bisa Sahabat jadikan sebagai pilihan, di mana Sahabat bisa dengan mudah menyesuaikan harga dan kemampuan finansial yang Sahabat miliki dalam melakukan pembelian tersebut.

Jika belasan tahun lalu mobil adalah sebuah hal yang tergolong mewah dan sulit untuk dimiliki oleh kebanyakan orang, maka saat ini mobil bukan lagi identik dengan harga ratusan bahkan miliaran Rupiah saja, sehingga siapa saja bisa memilikinya dengan sejumlah persyaratan yang juga lebih fleksibel tentunya. Bukan hanya dalam masalah harga dan tipe saja, kemudahan dalam memiliki mobil juga difasilitasi oleh pengadaan kredit yang dilakukan oleh bank dan lembaga pembiayaan lainnya yang menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan.

Solusi Beli Mobil Dengan Dana Terbatas

Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah langkah penting di dalam perkembangan dunia otomotif, meski sebenarnya tingginya jumlah penjualan mobil akan berbanding lurus dengan tingginya angka kemacetan di jalan raya, terutama di wilayah perkotaan. Meski demikian, animo masyarakat untuk memiliki mobil cukup tinggi, hal ini bisa dilihat dari tingginya angka penjualan mobil dari tahun ke tahun.

Mobil Murah dan Dana Minim

Baca Juga : 8 Alasan Kenapa Harus Membeli Mobil Bekas

Bagi Sahabat yang hanya memiliki dana dalam jumlah terbatas, Sahabat tetap bisa memiliki sebuah mobil murah yang harganya terjangkau dan cukup mudah didapatkan. Bahkan meski Sahabat hanya memiliki sejumlah dana yang terbatas atau minim Sahabat tetap memiliki kesempatan untuk membeli sebuah mobil secara kredit. Ada banyak bank dan lembaga keuangan yang bisa Sahabat ajukan kredit kepemilikan mobil, di mana layanan ini hampir dimiliki oleh semua bank di Indonesia.

Meski begitu, membeli sebuah mobil murah tetap akan melibatkan sejumlah uang yang tidak sedikit, karena itu Sahabat harus cermat dan berhati-hati dalam melakukannya. Simak beberapa poin di bawah ini yang bisa Sahabat gunakan sebagai bahan pertimbangan saat akan membeli sebuah mobil murah:

1. Pilih Dengan Tepat dan Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Meski hanya akan membeli sebuah mobil murah, namun Sahabat harus benar-benar ekstra hati-hati dalam melakukannya, terutama bagi Sahabat yang membeli mobil murah bekas. Pilih sebuah mobil yang sesuai dengan kebutuhan yang Sahabat miliki, pastikan mobil tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh kamu dan keluarga.

Jangan memaksakan diri untuk membeli sebuah mobil dengan jenis atau tipe tertentu yang fungsinya terbatas dan tidak bisa mendukung segala aktivitas. Hal tersebut hanya akan membuat pembelian yang Sahabat lakukan menjadi sia-sia dan percuma.

2. Sesuaikan dengan Anggaran

Jangan pernah melampaui kemampuan finansialmu, itu hanya akan membuat Sahabat mengalami kegagalan dalam pembelian mobil yang dilakukan. Pastikan harga mobil yang dibeli sesuai dengan jumlah dana yang Sahabat miliki dan tidak berada di luar kemampuan bayar yang ada.

Bila ternyata Sahabat akan membeli mobil secara kredit, maka setidaknya Sahabat harus memiliki sejumlah dana yang bisa mencukupi untuk membayar uang muka pembelian kredit tersebut ditambah dengan sejumlah biaya dan komisi. Besaran uang muka yang ditetapkan oleh bank atau lembaga keuangan adalah 25-30% dari harga beli tunai mobil tersebut.

3. Lakukan Simulasi Kredit

Langkah selanjutnya yang harus Sahabat lakukan adalah membuat sebuah simulasi kredit, pastikan Sahabat mendatangi sebuah bank atau lembaga keuangan untuk melakukannya secara langsung, hal ini untuk memastikan besaran cicilan pasti yang harus Sahabat bayarkan setiap bulannya.

Pilih bank atau lembaga keuangan yang paling menguntungkan dan memberi banyak manfaat bagi pembelian yang akan dilakukan. Jangan puas hanya melakukan simulasi pada satu bank saja, namun Sahabat bisa mendatangi beberapa bank sekaligus untuk mendapatkan penawaran terbaik bagi mobil yang akan dibeli.

4. Hindari Masa Cicilan yang Panjang

Jumlah cicilan yang kecil akan berbanding lurus dengan masa cicilan yang panjang dan bunga cicilan yang juga besar, untuk itu Sahabat harus menghindari masa cicilan yang panjang dan mengusahakan masa cicilan pendek yang paling maksimal dan bisa dijangkau dengan keuangan Sahabat setiap bulannya. Sahabat juga bisa mensiasati hal ini dengan cara membayar uang muka yang lebih besar dari ketentuan bank atau lembaga pembiayaan yang akan Sahabat gunakan jasanya, hal ini akan membuat besaran utang Sahabat semakin kecil dan otomatis akan mempersingkat masa cicilan yang dimiliki.

5. Pilih Suku Bunga yang Paling Ringan

Lakukan perbandingan pada beberapa bank atau lembaga pembiayaan, hal ini bisa membantu Sahabat untuk mendapatkan suku bunga cicilan yang paling ringan. Tidak ada salahnya untuk melakukan negosiasi dengan pihak bank, barangkali mereka memiliki penawaran yang fleksibel dan membuat Sahabat lebih hemat dan mudah melakukan pembayaran cicilan.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 05 Agt 2018 | 16:00 WIB
BAGIKAN