Cek Kondisi Komponen Audio Mobil Secara Berkala
Cek Kondisi Komponen Audio Mobil Secara Berkala

Suara Amplifier Mobil Pecah! Begini Cara Atasinya

11 Jul 2023 | 15:07 WIB

Sahabat pasti sering menggunakan perangkat audio di mobil saat menempuh perjalanan, dan pasti sudah tidak asing dengan alat yang namanya amplifier. Ini merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menguatkan dan menjernihkan suara agar terdengar lebih jelas.


Amplifier adalah suatu rangkaian dari berbagai komponen elektronika yang berguna untuk meningkatkan sinyal output berupa gelombang suara. Amplifier kerap ditemukan pada komponen di mobil seperti audio, speaker, radio dan sebagainya.


Namun seiring berjalannya waktu dan penggunaan yang cukup lama, membuat amplifier bisa rusak dan suara yang dihasilkan kurang jernih, suara gemericik bahkan malah pecah. Jika mengalami hal demikian, Sahabat perlu tahu cara agar suara amplifier jernih kembali.


Pilih Kualitas Audio Mobil Yang Terbaik

Pilih Kualitas Audio Mobil Yang Terbaik


Lalu, apa saja penyebab suara amplifier bisa pecah? Bagaimana cara mengatasi permasalahan suara yang dihasilkan amplifier bisa nyaman didengar kembali. Simak disini Sahabat.


Penyebab Suara Amplifier Pecah

Penyebab suara yang dikeluarkan amplifier tidak jernih atau pecah bisa jadi karena amplifier yang dipakai sudah rusak atau tidak normal. Hal ini tentunya mengganggu kualitas audio yang dihasilkan oleh amplifier mobil kesayangan Sahabat. Berikut beberapa hal penyebab suara amplifier pecah.


1. Kualitas Kabel RCA atau Jack RCA Jelek

Suara amplifier pecah tersebut karena ada masalah sumber audio dari inputnya yang melalui kabel RCA dan jack RCA. Jika resistor untuk input audio kurang bagus, maka suara yang dihasilkan amplifier juga tidak akan maksimal dan menjadi pecah. Maka dari itu Sahabat, ganti kabel RCA yang lama dengan kualitas yang lebih bagus. Setelah itu tes kembali power amplifier dan suara amplifier kembali jernih dan enak didengar. 


Pelajari Perakitan Kabel Yang Tepat

Pelajari Perakitan Kabel Yang Tepat


2. Kabel Audio Jack RCA yang Kurang Bagus

Jeleknya Kabel audio jack RCA bisa jadi sebab pecahnya suara amplifier. Kabel ini menyambungkan sinyal input Jack RCA ke PCB amplifier. Jadi jika resistor ini kurang bagus, maka hasil suara yang keluar juga tidak maksimal.


3. Tone Untuk Control Rusak

Sinyal input yang melewati kabel audio dari jack RCA selanjutnya akan masuk ke tone control. Tone control bisa beragam jenisnya seperti volume control, bass/treble, bass booster, dan subwoofer filter. Kualitas tone control yang jelek atau rusak bisa membuat suara yang dihasilkan amplifier menjadi pecah. Sahabat bisa menyiasatinya dengan arahkan tone control agar langsung terhubung ke input PCB amplifier. Jika masalah ada pada tone control, maka cara ini cukup ampuh untuk membuat suara amplifier menjadi jernih kembali.


Perhatikan Spek Komponen Amplifier

Perhatikan Spek Komponen Amplifier


4. Kurang Power Supply

Hasil suara amplifier bisa pecah salah satu penyebabnya adalah kurang maksimalnya kapasitor input power atau power supply nya. Cara agar suara amplifier speaker 500 watt jadi jernih adalah power amplifier ber trafo 10A dan tegangan AC 32 Volt atau di atasnya.


5. Rusaknya Rangkaian Pre Amp

Cara mengatasi suara amplifier yang serak bisa memeriksa rangkaian pre-ampnya. Rangkaian-nya ditandai dengan IC OP-AMP atau transistor. Transistor amplifier umumnya adalah A733 dan C945, sementara umumnya memakai IC OP-AMP 4558D.


6. Transistor Final Rusak

Kondisi transistor yang rusak bisa jadi penyebab suara amplifier pecah. Kerusakan ini bisa terjadi karena kekurangan daya namun tetap dipaksa memenuhi kebutuhan speaker atau komponen amplifier yang lainnya. Karena itu sesuaikan


pelajari Komponen Pada Audio Mobil

Ketahui Komponen Pada Audio Mobil


Cara Agar Suara Amplifier Jernih

Setelah mengetahui penyebab suara amplifier rusak, Sahabat juga perlu perhatikan cara agar suara amplifier kembali jernih, karena amplifier merupakan alat yang biasa digunakan untuk membuat suara perangkat audio menjadi lebih besar dan jernih. Nah, ada beberapa cara agar suara amplifier menjadi jernih yang bisa Sahabat lakukan, seperti:


  • Gunakan Trafo dan Elco yang Bagus

Gunakan trafo dan elco yang bagus untuk mengatasi suara amplifier yang kurang keras atau kurang jernih. Trafo dan elco merupakan dua komponen utama yang ada pada amplifier yang berfungsi untuk menyesuaikan sinyal input dan output agar menjadi lebih berkualitas.


Pada amplifier, trafo berperan sebagai sumber daya utama yang berfungsi untuk menurunkan tegangan agar sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh amplifier. Salah satu cara agar suara amplifier jernih adalah dengan menggunakan trafo yang bagus sehingga sumber daya yang dihasilkan juga akan lebih besar.


Sedangkan elco merupakan komponen amplifier yang berguna untuk menyaring arus listrik bergelombang agar menjadi rata. Komponen ini juga berfungsi untuk mempengaruhi suara bertipe bass pada amplifier. Agar suara tweeter jernih, gunakan elco yang besar dan bagus agar kualitas bass yang dihasilkan juga semakin baik.


Jangan Salah Menginstalasi Audio Mobil

Jangan Salah Menginstalasi Audio Mobil


  • Perhatikan Masalah Pada Ground

Cara agar suara amplifier jernih selanjutnya adalah dengan memperhatikan masalah pada ground. Pemasangan ground yang kurang benar bisa membuat suara yang dihasilkan amplifier menjadi kurang jernih. Oleh sebab itulah, pastikan pemasangan ground dilakukan dengan baik seperti perhatikan pemasangan potensio harus menempel dengan body box besi atau alumunium.


  • Cek Kondisi Kabel

Suara amplifier yang kurang jernih bisa juga disebabkan oleh kondisi perakitan kabel yang kurang tepat. Untuk itu coba Sahabat perhatikan kabel yang digunakan untuk menyambung bagian atau blog ke power amplifier. Jangan gunakan sembarangan jenis kabel untuk menyambungkan arus dari power supply dengan kekuatan amplifier watt besar. Jika pemilihan kabel tidak tepat, bisa menyebabkan aliran tegangan dari power supply adaptor menuju amplifier menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan suara menjadi kurang jernih.


Modifikasi Audio Mobil Secara Maksimal

Modifikasi Audio Mobil Secara Maksimal


Untuk membuat suara amplifier lebih jernih dan agar suara bass empuk, pastikan kamu merakit kabel dengan rapi. Selain itu pilih kabel dengan kualitas bagus dan sesuai ukuran agar dapat mengalirkan arus listrik menjadi lebih sempurna.


Pastikan Sahabat juga paham cara menjernihkan suara amplifier guna mengatasi berbagai kondisi darurat yang membutuhkan penanganan cepat. Jika sudah tidak bisa diatasi, baiknya kamu serahkan ke bengkel dengan tenaga ahli yang terpercaya.


Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Amplifier Mobil Pecah


Sahabat juga bisa simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review, Komunitas dan Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di website serta mobile www.Garasi.id. Nikmati juga promo jasa servis dari bengkel terpercaya yang cocok untuk mobil kesayangan.


Kebahagiaan adalah saat berkendara dengan audio yang jernih. Selamat berkendara Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 13 Jul 2023 | 10:16 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilamplifieraudiomobilaudio
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2023 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family