Lakukan Perawatan Dashboard Mobil Secara Rutin
Lakukan Perawatan Dashboard Mobil Secara Rutin

Sudah Tidak Asing, Bagian Penting Dashboard Mobil

02 Okt 2023 | 23:31 WIB

Sahabat pasti sudah tidak asing dengan dashboard mobil yang berfungsi menjadi tempat panel indikator mobil. Kamu bisa mengetahui kondisi mesin mobil pada umumnya melalui lampu indikator. Dashboard juga menjadi tempat kamu sebagai pengemudi bisa mengendalikan semua fitur mobil. 


Selain itu, dashboard bisa memberi kenyaman Sahabat saat mengemudi. Karena di balik dashboard terdapat banyak komponen dan semuanya saling terhubung. Jika bagian ini tidak tertutup dan tidak tertata dengan rapi, tentu kamu akan merasa tidak nyaman.


Oleh karena itu Sahabat, pastikan selalu menjaga kebersihan dan kondisi dashboard, agar tidak cepat kotor dan rusak. Apabila terjadi kerusakan seperti timbul retak atau ada komponen dashboard mobil yang tidak berfungsi, akibatnya kamu harus melakukan perbaikan dengan biaya yang tidak sedikit.


Pelajari Fitur Pada Daschboard Mobil

Dashboard Dapat Menunjang Tampilan Kabin Mobil


Nah, sebaiknya Sahabat mengetahui ada beberapa bagian dashboard yang memiliki fungsi penting. Kamu harus mengenal semua dan memahami cara kerjanya. Bagian penting apa saja yang ada pada dashboard mobil? Kamu bisa pelajari dibawah ini.


  • Kunci Kontak

Bagian pertama, dashboard merupakan tempat diletakkannya kunci kontak untuk menyalakan mesin. Sahabat sering temui letak lubang kunci kontak ada di bagian kanan bawah dari kemudi mobil. Tapi untuk jenis mobil baru, kunci kontak diganti dengan tombol engine start. Letaknya juga di dashboard sebelah kanan pengemudi. 


Pastikan Lampu Indikator Berfungsi Dengan Baik

Pastikan Lampu Indikator Berfungsi Dengan Baik


  • Lampu Indikator

Kemudian di hadapan jok tepatnya di balik setir mobil, terdapat lampu indikator. Bagian ini terdiri dari panel indikator yang penting seperti speedometer, jumlah bahan bakar, suhu mesin, lampu sein dan lain sebagainya. 


Sahabat perlu memperhatikan lampu indikator untuk mengetahui kondisi mobil. Jika dihiraukan maka akan sangat berbahaya. Misalnya kamu telat mengetahui bensin yang hampir habis, pintu mobil yang belum terkunci, overheat pada mesin, dan lain sebagainya.


Perhatikan Kondisi Komponen Tuas Mobil

Perhatikan Kondisi Komponen Tuas Mobil


  • Tuas Mobil

Selanjutnya tuas yang ada di bagian depan kabin mobil bukan hanya tuas persneling dan rem tangan. Terdapat beberapa tuas lain yang letaknya ada di samping kanan dan kiri setir. Tujuannya agar mempermudah Sahabat untuk mengatur fitur mobil. Tuas yang ada di sebelah kanan kemudi ini terdiri dari tuas untuk menyalakan lampu sein. Kemudian ada tuas sebelah kiri untuk mengaktifkan wiper dan menyalakan lampu depan ataupun lampu kabut.


  • Laci Dashboard

Biasanya pada bagian depan dari jok penumpang terdapat laci dashboard. Laci ini bisa digunakan untuk menyimpan barang dan perlengkapan penting selam berada di jalan. Seperti menyimpan kotak P3K, buku manual mobil, senter, charger ponsel atau barang lainnya yang menurut Sahabat penting.


Pelajari Fitur Canggih Pada Dashboard Mobil

Pelajari Fitur Canggih Pada Dashboard Mobil


  • Head Unit

Kemudian jika beralih ke bagian tengah dashboard mobil, ada bagian head unit yang menjadi tempat fitur hiburan. Terdapat dua ukuran head unit yaitu 1 DIN dan 2 DIN. DIN (Deutsche Institut fur Normung) adalah standar ukuran untuk head unit.


Pada bagian head unit, Sahabat bisa memutar musik, menyalakan radio, kemudian mengatur volume audio yang diinginkan. Mobil keluaran terbaru sudah tersedia juga fitur yang menyambungkan ponsel melalui sambungan USB ke head unit. 


Jaga Kebersihan dan Kondisi Dashboard

Jaga Kebersihan dan Kondisi Dashboard


  • Pusat Kontrol

Posisi pusat kontrol bisa Sahabat temukan ada tepat di bawah head unit. Pada bagian ini kamu dapat menyalakan AC, mengisi daya ponsel, menyalakan lampu hazard serta ditemukan di beberapa mobil tersedianya tempat korek api.


Itu dia Sahabat penjelasan bagian-bagian dashboard dengan fungsinya masing-masing. Apabila terjadi kerusakan seperti timbul retak atau ada komponen dashboard mobil yang tidak berfungsi, kamu harus segera bawa ke bengkel. Agar bisa segera diperbaiki oleh spesialis interior. Tentu saja demi menjaga mobil kesayangan Sahabat agar tetap prima.


Sudah Tidak Asing, Bagian Penting Dashboard Mobil


Percayakan perawatan interior dan eksterior mobil hanya di www.Garasi.id. Sahabat bisa sikat Promo Sumpah Pemuda berikan diskon hingga 80% untuk layanan jasa cuci mobil, ganti oli, servis AC, spooring dan balancing sesuai daerah tercinta kamu  dibawah ini.



Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Promo ini berlaku sampai dengan 31 Oktober 2023. Syarat dan ketentuan berlaku.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 02 Okt 2023 | 23:47 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifinteriormobildashboardmobilperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family