Gokart
Gokart

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

20 Des 2020 | 11:00 WIB

Siapa yang tidak tahu salah satu olahraga balap mobil mini, gokart. Seperti kita tahu gokart memiliki cukup banyak peminat selama bertahun-tahun. Menurut IMI, gokart pertama kali dikenal di Indonesia pada tahun 1967 melalui Hengky Iriawan. Tetapi tahukah kamu siapakah penemu gokart dan bagaimana perkembangannya hingga saat ini kompetisi gokart begitu menjamur di dunia khususnya di Indonesia? Yuk simak ulasannya di bawah ini dikutip dari Fastnlow.net.

Bapak karting dunia

Art Ingels adalah yang pertama kali menciptakan gokart pertama tahun 1956, dimana saat itu ia bekerja di perusahaan Kurtis Kraft di Glendale, California. Kurtis Kraft merupakan sebuah perusahaan bidang desain dan produksi mobil balap. Sementara Ingels adalah pecinta hot rod dan builder mobil balap yang sebagian besar karyanya dikirim dalam balapan profesional di Indianapolis. Tetapi Ia punya ide lain, sebuah kendaraan balap mini berkapasitas satu orang namun dapat dinikmati semua usia dan berbagai kalangan.

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

Ingels berbagi ide dengan temannya sekaligus tetangganya, Lou Borelli. Borelli bekerja di perusahaan bidang perminyakan dan ahli dalam hal sistem mesin. Bersama-sama mereka kemudian mulai membuat gokart pertama di garasi Ingels di kawasan Echo Park. Mereka membangun gokart dengan mesin West Bend 750 (2-cycle) yang merupakan mesin pemotong rumput, menanamkannya di atas sasis tubular nan sederhana dan dikombinasikan dengan ban semi-pneumatik. Secara resmi gokart ini tak memiliki nama, namun dikalangan pecinta kart dikenal sebagai Kart No.1 atau The West Bend.

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

Mesin hanya menghasilkan 2 hp yang dikirim ke roda belakang kiri melalui poros penggerak yang terbuat dari rantai sepeda, sprocket, dan kopling sentrifugal. Sementara sistem pengereman mengandalkan tuas penarik yang terpasang di sisi kanan. Tuas memutar plat yang menekan bantalan pengereman ke cakram yang dilas ke velg kanan belakang.

Mungkin sedikitpun Ingles tak pernah mengira bahwa Ia menciptakan sensasi baru dalam berkendara, yang pada akhirnya akan tumbuh secara luas ke tingkat dunia. Yaps, bahkan kala itu kart pertama belum digunakan untuk balapan. Namun ketika Ingels pertama kalinya mengemudikan kart ke publik, tepatnya dalam ajang balap mobil sport Pomona, Ia berhasil menarik banyak peminat dari penduduk setempat.

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

Bermodal mesin pemotong rumput yang bertengger di atas sasis kustom yang hanya beberapa inci dari tanah menjadi model yang dengan cepat ditiru berulang kali. Tiga pria California melihat potensi itu dan akhirnya memutuskan untuk memproduksi kart dalam skala besar. 

Manakala kesuksesan Go-Kart Manufacturing Co. tumbuh, semakin banyak perusahaan mulai melakukan apa yang mereka lakukan. Tak terkecuali sang penemu kart, Art Ingels, mendirikan bisnis produksi kartnya sendiri bersama temannya, melahirkan Ingels & Borelli Kart Co. Ini menjadi produsen kart pertama di dunia yang dijual dengan nama "Caretta". Kart Caretta, hand-built, telah menjadi cikal bakal kart enduro saat ini yang digunakan dalam kompetisi.

Terjun di arena balap

Suatu ketika, Duffy Livingstone bertemu dengan sang penemu mesin aslinya di ruang parkir Rose Bowl, Pasadena. Disana mereka mulai mengadakan berbagai macam balapan dan kompetisi. Jika Ingels dijuluki Father of Karting, Livingstone dkk dikreditkan sebagai pelopor awal ekosistem Go Karting.

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

Semakin banyak orang tertarik pada segmen baru balap ini, semakin banyak pula variasi gokart mulai bermunculan, sementara itu belum adanya otoritas regulasi. Mereka yang ingin balapan namun tak memiliki skill dalam membangun gokart secara tidak langsung menuntut mereka untuk membeli gokart pabrikan. Di sisi lain potensi gokart kustom juga sangat besar dan semua orang yang terlibat memanfaatkannya. Hasilnya adalah kurangnya konsistensi dalam desain sasis dan tenaga mesin.

Akibat dari lonjakan jumlah pembalap gokart, beberapa pedoman dan regulasi guna mengatur balap gokart kemudian dibuat oleh pengacara Don Broberick bersama dua belas tokoh lainnya, dan lahirlah Go Kart Club of America tahun 1957 yang kini menjadi International Karting Federation (IKF).

Pertumbuhan Go-karting di dunia

Segmen baru olahraga balap ini hanya sedikit dikenal di luar California. Namun berkat Spencer Murray, seorang jurnalis dari majalah Rod & Custom, menuliskan sejumlah artikel untuk mendukung balap gokart dan diterbitkan dalam edisi khusus pada tahun 1958. Dan yaps, olahraga ini langsung booming dan balap yang lebih serius dalam perjalanannya disorot dunia.

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

Ajang bertaraf nasional atau disebut Grand National Championship pertama berlangsung pada tahun 1959 di trek Azusa, California. Popularitas balap gokart meningkat pesat pada 1960-an dan trek baru mulai bermunculan dimana-mana. Tahun 1962, olahraga ini diatur oleh FIA dan lahirlah Karting World Championship. Go Karting kemudian menjadi olahraga rekreasi di Amerika.

Seiring waktu, tren yang terus berubah mengarah pada skenario dimana hanya sejumlah orang tertentu yang mampu mengikuti tren. Menjelang akhir tahun 1960-an, Go Karting bertransformasi menjadi olahraga hobi yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang stabil secara finansial.

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

Sementara itu perubahan pada desain gokart terjadi pada 1970-an, mesin yang awalnya terletak di belakang, terpasang di samping kanan pengemudi hingga saat ini. Ini ditujukan untuk menghasilkan ruang kaki yang lebih luas dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Pabrikan mesin Yamaha dan Briggs & Stratton adalah pendorong dibalik perubahan ini yang merevolusi Go Karting selama beberapa dekade mendatang.

Pada era yang sama, terbentuk World Karting Association dan menstandarkan banyak hal termasuk trek balap berbentuk oval dan trek aspal yang membentang berkisar antara 400-1600 meter. Tahun 1980-an adalah fase transisi dimana Go Karting berkembang menjadi olahraga kompetitif, yang sebelumnya hanya sebatas olahraga hobi.

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

Terbentuknya otoritas regulasi mengubah sifat dasar olahraga dan membuatnya lebih dapat diakses oleh masyarakat luas. Kini, tak terhitung lagi kompetisi gokart yang diselenggarakan di seluruh dunia. Pembalap seringkali tergabung dalam klub atau asosiasi, agar mereka dapat bersaing, mereka wajib memiliki lisensi serta kelengkapan perlindungan yang tepat, sesuai dengan persyaratan seri balap yang lebih bergengsi.

Gokart di Indonesia

Olahraga Gokart di Indonesia sendiri pertama kali dikenal di Indonesia pada tahun 1967 melalui Hengky Iriawan, gagasan pembuatan mesin gokart berasal dari beberapa mahasiswa ITB (Institut Teknologi Bandung) Jurusan Mesin, ide ini diprakarsai oleh Ir. Basuki Subiyakto, M Nafi, B.Sunaryo, H Utama, dan Ir. Wibisarto.

Suka Olahraga Ekstrim Balap Gokart? Ini Sejarah dan Perkembangan Gokart di Dunia

Sejak itu lapangan parkir Ganesha ITB menjadi trek gokart di Indonesia lalu dibuat trek resmi pertama yang berada di Ancol, Jakarta.  Mulai tahun 2001 hingga saat ini, Jakarta dan kota-kota besar lainnya mulai bermunculan penyewaan karting yang masih berdiri hingga saat ini.

Mesin Mobil Cepat Panas? Begini Cara Mengatasinya

Kondisi mesin mobil yang cepat panas tentu bukan masalah yang harus dibiarkan begitu saja. Mesin mobil yang cepat panas atau overheating

Foto: Google 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 20 Des 2020 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

gokartgokartingbalapmobilmobilminisejarahgokartsijarahgokartdiindonesiagarasiid
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family