Servis Mobil Dari Rumah Solusi Terbaik Disaat Pandemi
Servis Mobil Dari Rumah Solusi Terbaik Disaat Pandemi

Tak Perlu Ribet, Begini Cara Merawat Mobil Kamu Dari Rumah

12 Mar 2022 | 11:00 WIB

Sahabat Garasi pasti ingin memiliki kendaraan roda empat yang prima, sehingga dapat membuat perjalanan Kamu lebih nyaman dan aman. Namun, kondisi pandemi Covid-19 ini membuat mobilitas Kamu terganggu.


Servis Mobil Dari Rumah  Solusi Terbaik Disaat Pandemi

Lakukan Perawatan Mobil Walaupun Dari Rumah

Meski jarang digunakan, Sahabat Garasi juga bisa melakukan cek dan ricek beberapa komponen di rumah. Setidaknya, ada beberapa komponen mobil yang bisa dirawat dari rumah. Ini komponennya:

1.    Oli Mesin

Memeriksa oli mesin cukup mudah. Kamu tinggal cek takarannya melalui dipstick dengan tingkat oli mesin masih cukup atau perlu ditambah/diganti. Kamu juga bisa melihat odometer untuk memantau waktu terakhir ganti oli mesin. Rekomendasi penggantian oli mesin adalah setiap 6 bulan atau 10.000 km.

Selain oli mesin, ada oli transmisi yang harus diperhatikan kondisinya. Namun, posisi transmisi ada di kolong mobil, Kamu cukup memastikan tidak ada kebocoran di rumah transmisi dan memeriksa kapan terakhir menggantinya.

2.    Filter Mobil

Selain oli, komponen yang mudah diperiksa adalah filter-filter yang ada di mobil. Misalnya filter oli, filter udara, dan filter bensin. Peran filter tidak bisa dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang berusaha masuk ke dalam mesin.

Jika diabaikan maka akan timbul masalah, seperti kotoran lolos sehingga mengganggu sirkulasi fluida dan merusak kinerja mesin. Yang tidak kalah penting adalah filter AC di kabin mobil karena jika dibiarkan akan membuat aliran udara AC mampet dan gagal mendinginkan kabin.

3.    Aki Mobil

Pastikan aki dalam kondisi prima. Aki merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga karena ada risiko masalah seperti korsleting listrik kalau sampai tidak dirawat. Selain memanaskan mesin untuk mengisi ulang aki, Kamu bisa menambah air aki tipe basah jika kurang serta membersihkan terminal aki yang kotor.

4.    Ban Mobil

Periksa ban mobil untuk memastikan telapak ban belum aus dan tekanan angin terjaga sesuai rekomendasi pabrik. Periksa pula dinding ban dari risiko benjol dan permukaan pelek mobil jangan sampai ada yang retak atau pecah. Memeriksa ban serep juga perlu dilakukan.

5.    Cairan Mobil

Ada cairan lain yang tidak kalah penting yakni air radiator, minyak rem, dan washer atau pembersih kaca depan mobil. Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil.

Pastikan tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal dan segera tambahkan jika berkurang. Minyak rem sangat penting untuk menjaga keselamatan berkendara karenanya pastikan volumenya tidak berkurang. Sedangkan air washer membantu wiper untuk membersihkan kaca depan supaya visibilitas pengemudi tetap terjaga.

6.    Rem Mobil

Untuk memeriksa rem, pastikan tidak ada kebocoran antara tabung penyimpan minyak rem menuju rem mobil. Apalagi bila ternyata minyak rem berkurang cukup banyak yang menandakan ada masalah pada sistem pengereman.

Saat memanaskan mesin, maju-mundurkan mobil dan lakukan pengereman untuk merasakan kinerjanya. Jika terasa kurang pakem artinya ada masalah, biasanya di bagian kampas rem yang mulai aus. Segera ganti karena terkait keselamatan tidak bisa diremehkan.

7.    Wiper

Kondisi karet wiper yang sudah mengeras bisa merusak kaca depan yang akan mengganggu visibilitas, bahkan timbul baret yang merusak kaca mobil. Bila ada, cek pula kondisi wiper belakang yang kerap terlupakan.


Cek Kondisi Mesin Secara Berkala

Cek Kondisi Mesin Secara Berkala


Sebenarnya, perawatan dasar mobil kesayangan bisa juga Kamu lakukan sendiri di rumah. Selain biaya yang lebih hemat, Kamu bisa memangkas waktu perawatan karena tidak perlu repot-repot membawa mobil ke bengkel maupun pusat perawatan khusus. Bagi Kamu yang ingin melakukan perawatan mobil yang murah dan mudah di rumah. Ini Langkah-langkahnya:

·         Cek Mesin Mobil

Perawatan mobil yang Kamu lakukan sendiri di rumah bisa dimulai dengan rutin memeriksa bagian-bagian mesin mobil. Hal ini akan menjadi langkah awal perbaikan kendaraan jika Kamu menemukan rangkaian perangkat mesin yang mulai menampilkan tanda-tanda kerusakan.

Langkah sederhana lainnya adalah melakukan pengecekan performa mesin dengan memanaskannya setiap hari. Agar performa mesin selalu terjaga, memanaskan mesin mobil tetap harus dilakukan meskipun Kamu tidak akan menggunakan kendaraan tersebut untuk melakukan perjalanan.

·         Ganti Oli dan Cairan Radiator

Kedua komponen ini harus selalu diperiksa secara berkala agar bisa berfungsi dengan baik saat mobil Kamu digunakan untuk berkendara. Idealnya, air radiator harus diganti setelah menempuh jarak 1.000 km, sedangkan penggantian oli bisa dilakukan setiap jarak tempuh 3.000-5.000 km.

Karena proses penggantian oli dan air radiator dikerjakan sendiri, pastikan Kamu mengikuti prosedur yang benar dengan memperhatikan batas volume maksimum kedua komponen tersebut dan memilih produk oli yang paling sesuai untuk mobilmu.

·         Cuci Mobil

Mencuci mobil sudah menjadi langkah perawatan rumahan yang paling umum dilakukan. Meski terkesan sederhana, kegiatan ini bermanfaat untuk menghindari risiko kerusakan yang ditimbulkan akibat karat atau kotoran yang menempel.

Saat mencuci mobil, bersihkanlah debu, jamur, hingga titik-titik embun atau air hujan yang terdapat pada bagian badan mobil dan kaca-kaca. Jika perlu, gunakan pula sampo atau cairan khusus pembersih kendaraan sebelum Kamu mengeringkan mobil dengan menggunakan kain lap berbahan lembut.

·         Hilangkan Lecet pada Mobil

Ada kalanya bagian body mobil terkena lecet atau goresan yang bahkan tidak Kamu sadari. Beret-beret kecil pada mobil mungkin tidak terlalu menganggu jika dalam jumlah yang sedikit, namun hal ini tetap harus diperhatikan saat Kamu ingin melakukan perawatan mobil di rumah.

Meskipun Kamu bisa menghilangkan goresan pada body mobil dengan menggunakan cat khusus, memanfaatkan bahan-bahan yang bisa ditemukan sehari-hari menjadi alternatif yang lebih mudah. Untuk menghilangkan goresan pada kaca, Kamu bisa menggunakan cuka. Sementara itu, pasta gigi dianggap ampuh membersihkan beret pada bagian headlamp.

·         Bersihkan Interior Mobil

Tidak hanya bagian luar saja yang memerlukan perawatan. Interior mobil pun harus masuk dalam agenda perawatan mobil di rumah. Bagian-bagian yang harus Kamu bersihkan secara rutin meliputi jok, dasbor, serta karpet mobil. Pastikan jika seluruh bagian tersebut selalu bebas dari debu, remah-remah, maupun kotoran lain yang membandel. Khusus untuk karpet, ada baiknya Kamu melepasnya terlebih dahulu untuk dicuci dan dikeringkan.


Tak Perlu Ribet, Begini Cara Merawat Mobil Kamu Dari Rumah

Namun, jika Sahabat Garasi ingin mendatangkan montir bengkel ke rumah sendiri pun tidak masalah. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Maret Makin Greget. Promo ini berlaku hingga 31 Maret 2022.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 13 Mar 2022 | 23:17 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkalahomeservis
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family