Pentingnya Ganti Oli Mobil Secara Rutin
Pentingnya Ganti Oli Mobil Secara Rutin

Tanpa Alasan, Mobil Perlu Dilakukan Ganti Oli Secara Berkala

03 Okt 2023 | 23:52 WIB

Bagi Sahabat yang kesehariannya aktif berkendara dan tinggal di perkotaan yang padat dengan macetnya lalu lintas, jangka waktu ganti oli mobil juga semakin cepat. Kamu perlu memperhatikan kondisi mobil kesayangan kamu setiap hari. Semakin sering dipakai, maka mesin mobil semakin sering bekerja.


Sahabat pasti sudah mengetahui betapa pentingnya ganti oli mobil secara rutin. Tanpa alasan, oli mobil yang tidak diganti dalam jangka waktu lama tentu akan mempengaruhi performa mesin mobil. Waktu yang paling ideal untuk mengganti oli adalah saat mobil Sahabat sudah mencapai jarak tempuh 10.000 KM dengan pemakaian normal atau dalam kurun waktu 6-12 bulan.


Jika Sahabat tidak melakukan ganti oli sesuai waktu yang ditentukan, maka mesin mobil bisa saja mengalami kerusakan dan performanya semakin menurun ketika dipakai berkendara.


Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Ganti Oli Mobil Secara Berkala


Bagaimana Sahabat, hari ini kamu sudah ganti oli mobil belum? Lebih mudahnya, terdapat tanda-tanda bahwa oli mobil kesayangan kamu harus diganti sesegera mungkin. Apa saja? Simak berikut ini!


  • Perubahan Warna pada Oli

Melihat perubahan warna oli bisa dijadikan langkah yang tepat untuk memeriksa apakah Sahabat perlu melakukan ganti oli mobil. Bagaimana tandanya? Jika oli sudah berubah warna menjadi hitam dan bertekstur encer, itu artinya oli sudah tidak bagus untuk dipakai dan harus segera diganti.


Perhatikan Tanda-Tanda Sudah Harus Ganti Oli Mobil

Perhatikan Tanda-Tanda Sudah Harus Ganti Oli Mobil


  • Periksa Tongkat Pengukur Oli

Kedua, memeriksa tongkat pengukur oli mesin. Sebelum memeriksanya, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan dingin. Lalu, buka kap mobil, Sahabat akan menemukan tongkat pengukur yang terhubung dengan tangki oli. Tongkat pengukur ini berfungsi untuk mengetahui banyaknya sisa oli di dalam tangki. Kamu bisa melihat batasnya pada tongkat pengukur setelah diangkat. Jika oli masih ada di bawah batas normal, segeralah menggantinya.


  • Mesin Mobil Kasar

Cara mudah lainnya yaitu apabila Sahabat menyadari bahwa getaran mesin mobil terasa kasar tidak seperti biasanya. Ini adalah pertanda bahwa kamu perlu segera ganti oli mobil. Setelah mengganti oli, getaran mesin mobil akan terasa berbeda dan cenderung lebih mulus dibandingkan saat sebelum diganti.


Segera Ganti Oli Jika Sudah Berubah Warna

Segera Ganti Oli Jika Sudah Berubah Warna


  • Jarak Tempuh Mobil

Perlu Sahabat ketahui bahwa ideal jarak tempuh untuk mengganti oli mobil yaitu 10.000 KM dengan syarat pemakaian secara normal dan 5.000 KM untuk pemakaian tidak normal, sering terjebak macet di jalan. Sederhananya, kamu bisa menyamakan jadwal ganti oli mobil dengan jadwal servis mobil.


  • Kartu Pergantian Oli

Saat mengganti oli mobil di bengkel, Sahabat pasti diberikan kartu khusus sebagai jadwal untuk mengganti oli di kurun waktu selanjutnya. Biasanya, teknisi bengkel menyarankan penggantian pada 5.000-10.000 KM.


Ini bisa jadi pertimbangan kamu, karena ada beberapa faktor yang membuat penggantian oli jadi lebih lama yaitu oli mesin berkualitas, mobil dengan generasi baru, serta intensitas pemakaian rutin.


Perhatikan Lampu Tanda Peringatan

Perhatikan Lampu Tanda Peringatan


  • Tanda Peringatan Ganti Oli Menyala

Pada mobil generasi terbaru, terdapat tanda peringatan ganti oli yang biasanya muncul pada speedometer. Tanda peringatan ini akan menyala saat tekanan oli sudah dirasa cukup rendah. Jika sudah begini, Sahabat harus segera ke bengkel untuk mengganti oli.


Jangan sekali-kali diabaikan, sebab dampaknya bisa mempengaruhi keseluruhan mesin mobil. Bahkan, mesin mobil bisa mati mendadak dan mengalami kerusakan yang parah.


Itulah Sahabat beberapa tanda-tanda yang bisa dijadikan patokan untuk mengganti oli mobil. Sudah seharusnya kamu melakukan ganti oli mobil secara berkala agar mobil kesayangan kamu kembali optimal.


Tanpa Alasan, Mobil Perlu Dilakukan Ganti Oli Secara Berkala


Sahabat bisa kunjungi www.Garasi.id sekarang dan kamu bisa nikmati Promo Sumpah Pemuda berikan diskon hingga 80% untuk layanan jasa mengganti oli mobil kesayangan kamu. Dapatkan pelayanan ganti oli mobil lebih cepat tanpa mengantri di bengkel terpercaya sesuai daerah kamu.



Lakukan penjadwalan sekarang! Jika ada kendala, tim Clara dari Garasi.id siap membantu Sahabat Garasi.id. Promo ini berlaku sampai dengan 31 Oktober 2023. Syarat dan ketentuan berlaku.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 04 Okt 2023 | 00:11 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmesinmobilgantioliwarnaolimesinkasarjaraktempuhperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family