STNK merupakan tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar.
Membayar STNK tidak perlu repot karena sudah ada layanan online untuk membayar pajak tahunan

Telat Bayar Pajak Tahunan, Siap-Siap Kena Tilang

09 Jul 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Naik kendaraan pribadi memang enak. Setidaknya kita gak harus mengantri menunggu bus atau berdesak-desakan di Transjakarta, MRT, atau angkutan umum lainnya. Selain itu kita juga bisa lebih mobile, lebih bebas bergerak, karena gak harus bergantung pada jadwal.

Bahasa singkatnya, selama masih ada bensin, kemanapun hayuk, aja! Namun jangan salah, selain bensin, ada faktor lain yang juga harus kamu perhatikan saat menggunakan kendaraan pribadi, yakni pajak tahunan! 


Jangan sepelekan pajak tahunan

Banyak yang sering menyepelekan pajak tahunan ini karena menganggap tidak membayar pajak tahunan tidak akan ditilang oleh Polisi. Mereka menganggap polisi tidak berhak mengurusi pajak karena itu domainnya Dinas Pendapatan Daerah atau Dispenda. Padahal gak gitu aturan mainnya! 


Telat bayar pajak tahunan bisa ditilang

Seperti dilansir di polri.go.id, polisi sebenarnya berhak menilang kendaraan yang pajak tahunannya telat. Dasarnya adalah UU Nomor 22 tahun 2009 mengenai lalu lintas dan angkutan jalan pasal 70 ayat 2.  

Pasal tersebut menyebutkan bahwa STNK dan TNKB berlaku selama lima tahun dan harus dilakukan pengesahan tiap tahunnya.  

Nah, bila kamu tidak melakukan kewajibannya membayar pajak tahunan, artinya sama saja surat-surat kendaraan kamu tidak sah. 


Baca juga: Kena tilang Polisi SIM atau STNK yang disita harusnya


Dasar hukum lainnya adalah Peraturan Kapolri Nomor 5 tahun 2012 mengenai Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Beberapa pasal pada aturan tersebut menyebutkan STNK berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor. 


STNK berlaku selama lima tahun sejak tanggal diterbitkan pertama kali, dan harus dimintakan pengesahan tiap tahun. Dari dua aturan di atas, jelas polisi berhak menilang pengendara yang pajak tahunan kendaraan yang tidak dibayar. 


Segera cek STNK kendaraan

So, sebelum kena sanksi dari Pak Polisi, periksakan STNK-mu sekarang. Pastikan kamu telah membayar pajak tahunan sebelum waktu yang tertera di STNK tersebut. Sekarang sudah ada fasilitas pembayaran PKB secara online, jadi kamu tidak perlu mengantri lagi di kantor Samsat hanya untuk memperpanjang STNK.

Gunakan fasilitas yang sudah disediakan ini untuk menyelesaikan kewajiban pajak kamu, yang pada akhirnya digunakan kembali untuk pembangunan.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 09 Jul 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN