Periksa Kondisi Oli Mobil Agar Tidak Terjadi Kerusakan
Periksa Kondisi Oli Mobil Agar Tidak Terjadi Kerusakan

Jangan Abaikan, Telat Ganti Oli Mesin Bisa Turun Mesin!

05 Jun 2023 | 10:31 WIB

Penggantian oli bisa dikatakan telat bila kondisinya sudah buruk tapi pengguna kendaraan masih saja memaksakan. Dampaknya, tidak hanya performa mesin pacu yang menurun tapi keawetan komponen juga menjadi taruhannya.


Waktu penggantian oli mesin bisa berpatokan dengan waktu maupun jarak tempuh kendaraan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Bisa juga melakukan penggantian oli mesin lebih dini sebagai langkah antisipasi kerusakan. Justru penggantian oli yang telat tidak pernah disarankan, karena dampak yang diakibatkan tidak sebanding dengan harga oli mesin itu sendiri.


Oli merupakan cairan yang bertugas melumasi komponen-komponen di dalam mesin, agar tak cepat aus karena gesekan. Tidak hanya itu, oli harus terjaga agar mampu menjaga kinerja mesin dan tetap optimal. Kadang pemilik mobil membiarkan oli mesin mobil sering melewati tanggal jatuh tempo pergantian oli mesin, bahkan tidak diganti sama sekali.


Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Ganti Oli Mobil Secara Berkala


Lalu apa saja ciri-ciri oli yang sudah menurun performanya juga ditandai dengan beberapa gejala pada mesin mobil, kamu bisa simak disini.


  • Suara Mesin Kasar


Seiring pemakaian, kualitas dan daya lumas oli akan berkurang. Efeknya suara mesin mobil jadi kasar. Suara ini diakibatkan kekentalan oli yang berkurang sehingga daya redam pada selah komponen berkurang.


  • Warna Hitam dan Volume Berkurang


Pengecekan kondisi oli juga bisa dilakukan melalui dipstick, jika warnanya sudah hitam dan volume berkurang, segera kuras dan ganti dengan oli baru. Informasi saja Sahabat, oli berwarna hitam bertanda aditif detergen pada oli bekerja baik membersihkan kerak dan kotoran sisa pembakaran.


Kualitas Oli Mobil Buruk Membuat Performas Mesin Menurun

Kualitas Oli Mobil Buruk Membuat Performa Mesin Menurun


  • Suhu Mesin Tinggi


Kualitas oli yang menurun juga bisa sebabkan fungsi pendinginan berkurang, sehingga mesin cepat panas. Sedikit banyak hadirnya oli juga ikut menjaga suhu mesin pada titik optimal, selain pendinginan bawaan motor seperti radiator atau pendingin udara.


Ada baiknya interval penggantian oli mengikuti buku petunjuk perawatan, jika tidak, bisa juga gunakan jarak atau waktu jika mobil sering digunakan. Manfaatkan fitur pengingat ganti oli pada mobil.


Jangan Abaikan, Telat Ganti Oli Mesin Bisa Turun Mesin!


Sahabat ingin mengganti oli mesin berkala agar kondisi mesin terjaga? Kamu bisa kunjungi www.Garasi.id untuk membantu penjadwalan dari partner bengkel terpercaya dan sikat diskon hingga 50Ribu untuk jasa ganti oli dengan layanan home servis dari Bengkel Fast Jakarta yang pasti cocok buat mobil kesayangan Sahabat. Informasi lengkap silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Jun 2023 | 10:31 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilturunmesingantioliservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family