Ketika temperatur mesin terlalu panas, jangan dipaksakan karena akan berkaibat mobil mogok
Indikator pada dashboard menunjukkan kondisi mobil saat itu

Temperatur Mobil Naik Mendadak, Ketahui Penyebabnya

09 Agt 2019 | 18:01 WIB
BAGIKAN

Pernahkah kamu mengalami kejadian indikator temperatur mesin mobil cepat sekali naik dan tidak pada suhu biasanya. Kondisi tersebut seringkali mengganggu apalagi jika kamu tidak mengetahui penyebabnya. Kondisi dimana suhu mobil cepat menjadi panas tidak boleh didiamkan begitu saja, jika tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kerusakan, mobil mati tiba-tiba hingga engine blow.

Temperatur Mobil Naik Mendadak, Ketahui Penyebabnya

Umumnya, permasalahan pada temperatur mobil yang meningkat secara drastis dan tidak pada suhu yang normal disebabkan oleh usia mobil yang tua, namun bukan berarti mobil baru tidak bisa mengalaminya. Nah, oleh sebab itu untuk meningkatkan awareness Sahabat mengenai kondisi mobil, berikut beberapa penyebab temperatur mesin mobil naik secara drastis dan cara mengatasinya.

Oli

Sesuai dengan fungsinya, oli merupakan cairan pelumas untuk menjaga mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Selain menjadi pelumas, oli juga berfungsi sebagai pendinginan dan penyekat di dalam ruang mesin. Lapisan-lapisan halus yang terkandung pada cairan oli, berfungsi untuk mengurangi gesekan antar logam dengan komponen mesin seminimal mungkin.

Temperatur Mobil Naik Mendadak, Ketahui Penyebabnya

Jika kamu salah menggunakan oli, atau oli yang kamu gunakan tidak memiliki kualitas yang baik, dapat mengakibatkan temperatur mesin naik secara drastis. Hal itu disebabkan karena oli yang tidak memiliki kualitas yang baik tidak akan tahan terhadap panas mesin mobil sehingga oli cepat menguap. Ketika oli menguap, pelumas pada ruang mesin secara otomatis berkurang, dan menyebabkan logam di dalam ruang mesin bergesekan tanpa ada pelumas.


Baca juga: Bingung memilih oli, sesuaikan dengan kebutuhan mesin mobilmu


Gesekan antar logam itulah yang menyebabkan mesin panas. Tetapi ada faktor lain juga yang perlu kamu perhatikan, selain kualitas oli, kebocoran pada wadah dan selang oli juga bisa mengakibatkan berkurangnya oli di dalam ruang mesin sehingga proses pelumasan tidak terjadi.

Kondisi Radiator

Radiator merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu dan temperatur air di dalam mesin agar mesin dapat bekerja normal. Panas yang dihasilkan mesin akan diserap cairan atau radiator coolant yang bersirkulasi lewat water jacket di silinder dan kepala silinder. Lalu, cairan panas ini akan didorong menuju radiator untuk didinginkan dan dialirkan kembali ke seluruh mesin. 

Temperatur Mobil Naik Mendadak, Ketahui Penyebabnya

Pentingnya sistem pendinginan mesin mobil bisa terganggu jika kondisi radiator sudah tidak maksimal sehingga menyebabkan mesin panas. Misalnya kondisi selang yang terhubung dengan radiator bocor, macet, dan berkerak akan membuat sirkulasi pendinginan terhambat sehingga mesin panas. 


Baca juga: Bahaya jangan buka tutup radiator saat panas


Selain itu, pemilihan air radiator juga mempengaruhi kinerja pendinginan lho. Banyak orang yang tidak tahu pentingnya jenis air apa yang baik di dalam radiator. Kebanyakan orang hanya menggunakan air sumur, air tanah dan air mineral biasa dimana ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang dapat memicu penyumbatan mesin. Oleh karena itu, lebih baik kamu kamu segera mengganti air radiator mobil kamu dengan cairan pendingin khusus.

Selain itu, naiknya temperatur juga dipicu oleh kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik. Kipas radiator yang macet, melemah, switching yang rusak, dan bahkan mati bisa berbahaya bagi keadaan suhu mobil Sahabat.

V-Belt atau Tali Kipas

V-belt atau tali kipas pada mobil pun mempunyai peran penting untuk menjaga keadaan temperatur mobil. Jika tali kipas tidak bekerja dengan maksimal, panas mobil akan susah dihindari. Lalu, apa akibat dari naiknya temperatur mobil? Beberapa komponen mobil, seperti kop silinder bisa bengkok, piston berpotensi macet, serta bantalan mesin dan silinder mesin dapat jadi cacat. Selain itu, freon AC juga bisa-bisa terkuras habis karena suhu mobil yang terlampau panas.

Temperatur Mobil Naik Mendadak, Ketahui Penyebabnya

Jika kamu temukan beberapa kerusakan seperti di atas, jangan khawatir Sahabat. Lakukan hal-hal seperti memilih oli yang berkualitas bagus dengan cara membelinya di tempat resmi dan terpercaya. Lalu jika menemukan komponen radiator yang rusak, alangkah baiknya kamu mengganti seluruh komponen radiator. Tetapi jika dinilai terlalu parah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan bengkel apakah radiator mobil kamu harus diganti sepenuhnya atau hanya perlu di service saja.


Baca juga: Ini waktu yang tepat ganti timing belt


Ingat ya Sahabat, jangan pernah meremehkan temperatur mobil yang naik secara tidak wajar. Jadi, kalau temperatur mobil Sahabat naik, pastikan kamu periksa hal-hal di atas dan segera konsultasikan dengan bengkel terdekat.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 09 Agt 2019 | 18:01 WIB
BAGIKAN