Rahasia Merawat Kap Mesin Mobil
Rahasia Merawat Kap Mesin Mobil

Terkesan Remeh, Ternyata Merawat Kap Mesin Mobil Ada Rahasianya

28 Agt 2023 | 16:49 WIB

Kap mobil, atau sering disebut juga sebagai kap mesin, adalah salah satu bagian yang sangat penting dari kendaraan roda empat atau mobil. Fungsinya tidak hanya sebagai pelindung mesin, tetapi juga memiliki peran dalam menjaga kinerja optimal mesin. 


Jika mobil Sahabat mengalami masalah, pasti yang kamu lakukan pertama kali adalah dengan membuka kap mesin mobil. Tapi sayangnya, masih banyak pengemudi yang kesulitan atau bahkan mengalami cedera saat membuka kap mesin mobil karena sembarangan.


Memang terkesan remeh, tapi seberapa banyak pengetahuan kamu mengatasi hal ini. Selain penting, bagian ini juga patut dipelajari ketika kamu akan melakukan pengecekan mesin pada mobil. Lalu, bagaimana cara membuka kap mesin mobil yang benar? Sahabat bisa simak dibawah ini.


Hati-Hati Saat Membuka Kap Mesin Mobil

Hati-Hati Saat Membuka Kap Mesin Mobil


1. Matikan Mesin Mobil

Jika Sahabat adalah salah satu yang membuka kap mobil dengan membiarkan kondisi mesin mobil masih menyala. Mulai sekarang sebaiknya hindari hal ini, karena cara ini beresiko cukup berbahaya. Akan lebih baik apabila mematikan mesin mobil terlebih dahulu sebelum membuka kap mobil. Selain itu. kamu juga harus memastikan posisi transmisi mobil atau persneling kopling ada di posisi netral. Agar lebih aman, sebaiknya aktifkan fitur rem tangan agar mobil tetap diam dan tidak bergeser.


2. Tarik Tuas Pembuka Kap Mesin

Mobil-mobil keluaran terbaru pada umumnya hampir sama cara mambuka kap mesin. Hanya saja, lokasi dan bentuk tuas penarik kap nya saja yang berbeda. Sebagian besar berada di bawah dashboard di dekat kaki pengemudi atau di bawah jok pengemudi. Sedangkan bentuk tuas penarik ada yang berupa kotak dan bulat. 


Gunakan Suku Cadang Kap Mobil Yang Asli

Gunakan Suku Cadang Kap Mobil Yang Asli


3. Pasang Tiang Penyangga Kap Mesin

Setelah kap mesin mobil terbuka, ada pengait yang berbentuk pipih yang berfungsi sebagai tempat untuk mengaitkan bagian tiang penopang kap mesin. Jadi, Sahabat tidak perlu menahan penyangganya menggunakan tangan. Cara membuka pengait kap mesin adalah dengan menekan ke samping atau dengan keatas. Ingat, selalu berhati-hati saat membukanya karena bobot dari kap mesin yang tidak dilengkapi dengan suspensi cukup berat.


4. Buka Kap Saat Mesin Sudah Dingin

Bagian kap mobil terbuat dari logam yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Sebaiknya Sahabat pastikan kondisi mesin benar-benar telah dingin dan gunakan sarung tangan, kain bekas, atau lap sebelum membuka kap mesin mobil. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan tangan kamu terkena luka bakar ketika membukanya dengan menggunakan tangan secara langsung. 


Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Lakukan Pengecekan Secara Rutin


5. Tutup Kap Mesin Mobil

Setelah selesai melakukan pengecekan atau perbaikan pada mesin mobil, Sahabat bisa menutup kap mesin dan mengembalikannya ke posisi semula. Caranya adalah dengan melepas tiang penyangga dan menyimpannya kembali di tempat asal kemudian tutup kap mesin mobil. Agar menutup dengan sempurna, Sahabat jangan ragu untuk mendorong kap mesin dengan sedikit tenaga atau sedikit dibanting lalu menekan ujung kap untuk menguncinya. 


Ketika Sahabat sudah paham cara membuka kap mesin mobil, Hal lain yang harus kamu lakukan adalah merawat nya. Karena Merawat kap mesin dengan baik bukan hanya sekedar memberikan tampilan yang menarik, tetapi juga memiliki manfaat jangka panjang bagi mobil kesayangan kamu. Untuk menjaga kap mesin mobil tetap prima, perlu dilakukan perawatan yang benar. Berikut ini beberapa tips merawat kap mesin yang bisa Sahabat lakukan.


Selalu Rawat Kap Mesin Mobil Secara Berkala

Selalu Rawat Kap Mesin Mobil Secara Berkala


  • Bersihkan Secara Berkala

Bersihkan kap mesin mobil secara teratur dengan menggunakan air dan sabun yang lembut. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras karena bisa merusak cat dan material kap.


  • Periksa Kondisi Rubber Seal

Periksa kondisi rubber seal di sekitar kap. Seal yang rusak dapat memungkinkan air dan debu masuk ke dalam ruang mesin.


  • Perhatikan Tanda-tanda Kerusakan

Jika Sahabat melihat retak, karat, atau tanda-tanda lain kerusakan pada kap mesin mobil, segera lakukan tindakan perbaikan.


  • Lakukan Pelumasan

Beberapa bagian di bawah kap mungkin membutuhkan pelumasan, seperti engsel kap. Pastikan untuk menggunakan pelumas yang sesuai.


  • Hindari Mencuci Mesin

Meskipun penting untuk membersihkan kap, hindari mencuci mesin dengan air karena bisa merusak komponen elektrik dan elektronik di dalamnya.


Jangan Salah Merawat Kap Mesin Mobil

Jangan Salah Merawat Kap Mesin Mobil


Merawat kap mesin dengan baik tidak hanya menjaga tampilan kendaraan tetap prima, tetapi juga memastikan kinerja mesin optimal dan mencegah risiko kerusakan yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi. 


Jangan abaikan perawatan kap mobil, karena dampak positifnya dapat dirasakan dalam jangka panjang. Bila Sahabat menemukan masalah pada bagian ini, segera bawa ke bengkel terdekat.


Terkesan Remeh, Ternyata Merawat Kap Mesin Mobil Ada Rahasianya


Sahabat bisa lakukan booking dan lakukan penjadwalan jasa servis melalui tim customer servis Clara dari Garasi.id. Clara akan merekomendasikan partner bengkel terpercaya buat Sahabat. Kunjungi e-commerce www.Garasi.id sekarang dan nikmati semua promo layanan jasa servis terbaik yang cocok untuk mobil kesayangan Sahabat.


Keuntungan Sahabat jika transaksi di Garasi.id, akan mendapatkan bonus 30Ribu poin dengan melakukan upload struk jasa servis apapun di aplikasi Getplus. Download aplikasi Getplus secara gratis dan Sahabat bisa nikmati reward terbaik lainnya di aplikasi Getplus.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 28 Agt 2023 | 23:46 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkapmesinmobilperawatankapmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family