Kemoceng Mobil
Kemoceng Bikin Baret

Ternyata Kemoceng Bisa Bikin Umur Cat Mobil Pendek

16 Apr 2019 | 18:00 WIB
BAGIKAN

Debu yang membandel pada mobil tentu akan membuat tidak pede, tapi membersihkannya juga tidak bisa asal saja, apalagi menggunakan kemoceng.

Membersihkan debu dengan kemoceng justru dapat menyebabkan cat mobil cepat rusak (baret halus). Nah, agar hal ini tidak terjadi pada mobilmu, alangkah baiknya Sahabat menggunakan kain berbahan micro fiber untuk membersihkan mobilmu.

Ternyata Kemoceng Bisa Bikin Umur Cat Mobil Pendek

Dilihat dari segi harga, memang kain berbahan micro fiber lebih mahal daripada kemoceng. Tapi materialnya sangat ramah untuk cat mobil Sahabat.

Keunggulan dari kain micro fiber sendiri adalah, materialnya yang memiliki kandungan elektro statis yang mampu mengangkat debu tanpa merusak lapisan cat pada mobil.

Pandai Memilih Tempat Cuci Mobil

Selain menggunakan kain micro fiber, untuk menjaga agar cat mobilmu tetap awet, ada baiknya Sahabat juga lebih selektif dalam memilih tempat pencucian mobil. Karena tidak semua tempat pencucian mobil menggunakan air yang berkualitas.

Aspek pertama adalah dengan melihat apakah tempat pencucian mobil itu memiliki tempat penampungan air atau tidak. Karena jika menggunakan air tanah tanpa diendapkan dahulu, maka akan berdampak terhadap cat mobil menguning.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 9 Hal Yang Menjadi Musuh Cat Mobil

Berikutnya adalah perlengkapan dari tukang cuci mobil itu sendiri, jika menggunakan lap yang kurang bersih, tentu akan membuat cat mobil kesayanganmu jadi mudah baret. Duh, nggak mau kan?

Menyimpan Di Tempat yang Dingin

Aspek terakhir adalah dengan menyimpan mobil di tempat yang tidak terlalu terpapar sinar matahari, terutama untuk mobil berwarna putih, karena warna putih sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Dan jika tidak hati-hati maka akan membuat warna mobilmu menguning.

3 Kain Pencuci Mobil Yang Bagus Untuk Perawatan

Pertanyaannya, kain pencuci mobil jenis apa yang bagus untuk merawat mobil supaya lebih kinclong? Sebenarnya ada banyak kain pencuci mobil yang bisa gunakan untuk merawat mobil kita. Berikut ini, melansir dari laman otovarian.com beberepa Kain Pencuci Mobil yang bagus untuk perawatan mobil.

Kain Chamois/Kanebo

Kain Pencuci Mobil pertama yang bagus untuk mencuci mobil yaitu Lap Kanebo atau dalam bahasa kerennya chamois. Keunggulan lap kanebo yaitu mampu menyerap air dengan cepat dan banyak dibandingkan dengan kain lap biasa. Selain itu tekstur permukaannya yang halus juga membuat body mobil tetap aman. Maka dari itu lap pencuci mobil ini sering digunakan untuk mengeringkan body mobil ketika masih basah.

Kain Microfiber

Kemudian untuk kain pencuci mobil kedua yang bisa digunakan pada saat mencuci mobil yaitu lap microfiber. Ciri khas lap microfiber ini pada permukaannya terdapat lubang micro yang berisi terdapat celah benang yang berbentuk kail. Adapun untuk fungsi kain microfiber yakni untuk menghilangkan noda air yang ada pada body mobil, sehingga jenis lap ini digunakan ketika mencuci mobil.

Kain Wash Mitt

Selain kedua lap mobil yang sudah kami sebutkan diatas, Kain pencuci mobil ketiga yang akan kami share yaitu Kain wash mitt. Yang mana lap mobil tersebut merupakan kolaborasi antara lap microfiber dan kanebo yang berbentuk kantung dengan tekstur busa yang lembut di dalamnya. Dengan kata lain, fungsi kain wash mitt sendiri bisa digunakan pada saat mencuci maupun digunakan untuk mengeringkan mobil.

Nah Sahabat, begitulah informasi yang bisa diberikan agar cat mobilmu awet. Semoga info diatas bermanfaat dan menambahkan pengetahuan Sahabat dalam melakukan perawatan mobil.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 16 Apr 2019 | 18:00 WIB
BAGIKAN