Cara Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan
Cara Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan

Tetap Tenang! Begini Mengatasi Pengalaman Pertama Mobil Mogok di Jalan

29 Agt 2023 | 11:59 WIB

Pengalaman pertama Sahabat ketika mobil mendadak mogok tentunya sangat merepotkan dan menghambat aktivitas. Terlebih lagi jika kamu belum memahami seluk beluk mesin, sehingga tidak dapat melakukan perbaikan darurat sendiri. Biasanya dalam keadaan seperti ini kamu akan mencari bantuan orang di sekitar atau mencari bengkel terdekat.


Mobil yang mengalami mogok atau mesinnya mati merupakan gangguan yang paling umum dialami oleh para pengendara mobil. Mobil bisa mogok karena beragam hal, dan tiap penyebab atau masalah yang muncul juga bisa terjadi karena berbagai faktor. Yah, paling tidak Sahabat harus memahami apa saja yang menjadi penyebab mobil mengalami mogok dan tidak bisa distarter kembali.


Tapi, bagaimana jika kendala ini terjadi jika Sahabat berada di jalanan yang sepi? Tetap tenang! Agar kamu tidak lagi menganggap hal ini menjadi pengalaman buruk, lakukan beberapa tips di bawah ini dengan cara mencari tahu dan mengatasi kenapa mobil kesayangan kamu bisa mogok di jalan. 


Tetap Tenang Saat Mobil Mogok di Jalan

Tetap Tenang Saat Mobil Mogok di Jalan


  • Mobil Menepi ke Pinggir Jalan

Saat mesin mati mendadak tapi mobil masih bisa bergerak, manfaatkan hal ini untuk bisa menepi ke sisi jalan yang aman. Nyalakan lampu hazard dan pilihlah tempat yang aman dan memiliki penerangan yang cukup. Setelah menepi Sahabat bisa memeriksa kondisi mobil dengan membuka kap mesin. Jangan lupa selalu awasi barang penting di dalam mobil untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Taruh juga segitiga pengaman di belakang mobil agar kendaraan lain tahu mobil kamu sedang bermasalah.


  • Cek Indikator Dashboard

Cara termudah mengetahui kendala pada mobil adalah dengan melihat panel instrumen di dashboard. Perhatikan lampu indikator mana saja yang menyala, misalnya jika lampu yang berbentuk termometer menyala, hal ini berarti mobil Sahabat mengalami overheat, sedangkan jika lampu berbentuk aki yang menyala maka masalah ada pada aki. Matikan mesin dan starter kembali untuk melihat apakah indikator tersebut mati setelah distarter ulang. Tapi jangan dilakukan berlebihan, sebab starter ulang lebih dari 3 kali berturut-turut bisa merusak komponen starter motor, baterai dan kualitas oli mesin. 


Hal Sederhana Cek Simbol Indikator Mobil

Hal Sederhana Cek Simbol Indikator Mobil


  • Periksa Radiator Mobil

Penyebab mogok paling umum adalah mobil yang overheat atau terlalu panas. Jika mengalami hal ini, segera periksa radiator dan tambahkan air radiator atau air biasa. Tapi jangan langsung mengisi air pada saat mesin masih panas, sebab semburan air panas dari radiator bisa melukai kamu. Tunggulah hingga mesin dingin atau sekitar 20 menit, baru tuangkan air ke dalam radiator dan tunggu kembali beberapa saat sebelum menyalakan mesin kembali. 


  • Periksa Aki Mobil

Aki yang soak juga menjadi penyebab utama mesin mendadak mati. Biasanya hal ini disebabkan oleh aki yang melemah atau kehabisan daya listrik. Buka kap mesin dan periksalah bagian terminal aki apakah sudah terpasang dengan benar. Cek juga keberadaan bagian positif (+) dan negatif (-) pada aki termasuk juga dengan kabel-kabelnya. Jika permasalahannya adalah aki yang soak, satu-satunya cara adalah dengan mengecas aki atau ganti dengan yang baru. 


Periksa Kondisi Aki Mobil

Periksa Kondisi Aki Mobil


  • Pastikan Oli Masih Dalam Kondisi Normal

Kekurangan oli juga bisa mengakibatkan mobil mati mendadak. Karenanya, periksa bagian indikator oli untuk mengetahui apakah level oli masih ada pada batas normal atau butuh segera ditambahkan. 


  • Bersihkan Busi dan Kabel Busi

Jika busi yang kotor dan kabel busi yang longgar jadi penyebab mobil jadi mogok, pertama-tama Sahabat harus membuka semua busi. Seperti penyebab busi motor yang hitam dan basah, kamu juga perlu membersihkan busi mobil jika kotor dan cek kabelnya. Kencangkan busi jika mengalami kelonggaran. Untuk membersihkan busi yang sudah kotor bisa menggunakan kunci busi lalu siram bagian kepala busi dengan bensin sedikit saja. Lalu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat hingga bersih. Selanjutnya, siram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut. Jangan lupa segera ganti busi jika memang sudah mati atau tidak bisa memunculkan api.


Pastikan Busi Dalam Kondisi Baik

Pastikan Busi Dalam Kondisi Baik


  • Cek Kondisi Koil Mobil

Koil mobil memang jarang mengalami masalah, kalaupun terjadi masalah biasanya hanya terjadi karena kabel yang putus atau lepas dari soket. Kemudian koil juga bisa melemah dan berakibat mati atau kurang setrum jika dalam keadaan panas dan akan kembali normal setelah suhunya mendingin. Koil merupakan bagian dari sistem pengapian mesin yang berfungsi untuk menaikkan tegangan dari aki dan diteruskan ke busi agar menghasilkan percikan bunga api di ruang bakar. Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda mobil mogok yang perlu segera diperbaiki.


  • Periksa Dinamo Starter

Jika penyebab mobil mogok yang Sahabat alami bukan karena kondisi aki, koil, atau kehabisan bahan bakar, berarti kemungkinan besar masalahnya ada pada dinamo starter. Kamu bisa cek terlebih dahulu kabel yang menyambungkan dinamo starter dan periksa jika ada yang lepas. Kemudian jika lampu indikator aki menyala pada saat mesin hidup, itu berarti tandanya dinamo tidak mengisi. Maka dari itu kamu perlu segera memperbaikinya karena tidak akan muncul setrum aki.


Semoga pengalaman pertama saat menghadapi mobil mogok dijalan menjadi pengalaman kamu yang terakhir juga ya Sahabat! Setelah mengetahui cara mengatasinya, setidaknya kamu mudah mengenali penyebabnya. Agar terhindar dari situasi ini, jangan pernah menganggap remeh pengecekan kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan, apalagi saat hendak bepergian jarak jauh. Selalu luangkan waktu khusus untuk memeriksa kondisi seluruh komponen mobil untuk memastikan mobil kesayangan kamu dalam keadaan yang prima. 


Tetap Tenang! Begini Mengatasi Pengalaman Pertama Mobil Mogok di Jalan


Untuk mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi di masa depan, Sahabat bisa menggunakan layanan terpercaya Asisten Darurat - Layanan Darurat Mobil / Emergency Roadside Assistance (ERA) dari Garasi.id. Manfaatkan layanan Asisten Darurat yang memberikan ketenangan dan kenyamanan saat berkendara yang kamu alami karena kejadian tidak terduga seperti mobil mogok. Kunjungi www.Garasi.id untuk mendapatkan layanan jasa servis menarik lainnya.



Hubungi layanan servis melalui Tim Clara dari Garasi.id untuk mendapatkan bantuan servis 24 jam jika mengalami kendala darurat.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Agt 2023 | 12:41 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobilmogokasistendaruratinspeksimobiljasaservisservisberkalaperawatanmobilsolusipuasberkualitas
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family