Persayaratan Baru Keluar Kota
Operasi KRYD

Tetap Waspada Para Pengendara, Ini Syarat Wajib ke Luar Kota Mulai 18 Mei 2021

17 Mei 2021 | 10:46 WIB

Pelarangan mudik Lebaran 2021 akan berakhir pada hari ini, Senin 17 Mei 2021. Namun pada periode 18-24 Mei, pemerintah masih memberlakukan masa pengetatan syarat perjalanan.

Ya meski sudah ada sedikit kelonggaran, pengguna mobil dan motor pribadi, serta angkutan umum yang mau ke luar kota, masih tetap harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

Tetap Waspada Para Pengendara, Ini Syarat Wajib ke Luar Kota Mulai 18 Mei 2021

Demikian seperti disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dalam konferensi pers melalui youtube resmi BNPB (13/5) yang kami lansir dari kumparan.

"Pada masa pengetatan syarat perjalanan, semua anggota masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum maupun pribadi, harus bisa mengikuti ketentuan," ucapnya.

Nah syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku perjalanan, harus membawa surat dokumen negatif covid berlaku 1x24 jam untuk PCR dan antigen.

Dan selanjutnya untuk tes GeNose berlaku pada hari keberangkatan. Diharapkan semua mematuhi persyaratan tersebut.

"Oleh karena itu untuk semua anggota masyarakat, kami terus ingatkan bahwa perjalanan di semua moda transportasi, masih harus memenuhi syarat-syarat tersebut," tutur Adita.

Penyekatan berlanjut lewat Operasi KRYD

Kepolisian Republik Indonesia mengumumkan penerapan operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) hingga 24 Mei 2021.

Tetap Waspada Para Pengendara, Ini Syarat Wajib ke Luar Kota Mulai 18 Mei 2021

Ini merupakan kelanjutan dari Operasi Ketupat yang akan berakhir pada hari ini 17 Mei 2021. Artinya, melalui KRYD masyarakat yang ingin mudik atau keluar kota, akan kena sanksi putar balik kendaraan.

"Operasi ketupat selesai 17 Mei 2021. Dilanjutkan KRYD sampai tanggal 24 Mei 2021. Kendaraan pemudik yang melintas di posko penyekatan akan dikenakan sanksi putar balik hingga 24 Mei 2021," kata Kepala Bagian Ops Korlantas Polri, Kombes Pol. Rudy Antariksawan.

Rudy menambahkan, seluruh operasional posko penyekatan serta petugas yang berjaga di berbagai daerah akan turut diperpanjang hingga 24 Mei 2021.

"381 posko penyekatan mudik Lebaran juga tetap berlaku selama operasi KRYD berlangsung," sambung Rudy.

Nantinya setiap kendaraan yang hendak bepergian ke luar kota akan tetap diwajibkan melalui pemeriksaan di pos penyekatan. Apabila kendaraan tersebut tidak termasuk dalam 15 kriteria masyarakat atau kendaraan yang boleh melintas selama larangan mudik, secara otomatis akan langsung diputar balik.

Tetap Waspada Para Pengendara, Ini Syarat Wajib ke Luar Kota Mulai 18 Mei 2021

Berikut 15 kriteria masyarakat atau kendaraan yang boleh melintas selama larangan mudik sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021:

  1. Kendaraan pelayanan kesehatan yang darurat
  2. Kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara
  3. Kendaraan dinas TNI / Polri
  4. Kendaraan dinas jalan tol
  5. Kendaraan pemadam kebakaran
  6. Kendaraan ambulans
  7. Kendaraan jenazah
  8. Kendaraan khusus angkut barang, bukan penumpang
  9. Kendaraan pengangkut logistik atau barang kebutuhan pokok
  10. Kendaraan pengangkut obat-obatan dan alat kesehatan
  11. Kendaraan pengangkut petugas operasional dan petugas penanganan COVID-19
  12. Kendaraan repatriasi: mengangkut pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri serta pemulangan orang dengan alasan khusus dari pemerintah sampai ke daerah asal sesuai ketentuan yang berlaku
  13. Kendaraan untuk kepentingan melahirkan maksimal 2 orang pendamping
  14. Kendaraan untuk kunjungan keluarga yang sakit, kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal dunia, ibu hamil dengan 1 orang pendamping
  15. Kendaraan untuk dinas mendesak ASN, BUMN, BUMD, TNI / POLRI, Karyawan Swasta yang wajib disertai dengan tanda tangan basah pimpinan lembaga / perusahaan

Nah Sahabat, itulah peraturan baru tentang bepergian keluar kota mulai tanggal 18 Mei 2021, bila tidak ingin disuruh putar balik diharapkan Sahabat memenuhi semua persyaratannya ya Sahabat. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 17 Mei 2021 | 10:46 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

laranganmudik2021pertauranpemerintahkumparangarasiidnewsotomotifoperasiKRYD
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family