Mobil SUV Mempunyai Mesin Bertenaga Dan Desain Yang Sporty
Mobil SUV Mempunyai Mesin Bertenaga Dan Desain Yang Sporty

Tidak Banyak Komunitas Mobil Memilih Tipe SUV Untuk Di Modifikasi

27 Jan 2023 | 09:27 WIB

Bagi para kalangan penggemar otomotif pastinya mereka memiliki penilaian sendiri akan bagus atau tidaknya sebuah produk otomotif. Mereka para penggemar otomotif pastinya menuntut pada industri otomotif untuk semakin memberikan kualitas terbaik dari produk mereka. Pada hal ini kendaraan semakin dibutuhkan mengingat aktivitas masyarakat sehari-hari memerlukan kendaraan pribadi yang bagus dan tahan banting digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari mereka.


Tipe SUV sendiri merupakan gabungan dari tipe penumpang dan off-road. Oleh karena itu, SUV tidak hanya cocok untuk dikendarai di jalan perkotaan, tetapi juga tahan lama di medan yang berat, seperti jalan berbatu. Keistimewaan SUV antara lain, adanya ban serep di bagian belakang mobil dan penggunaan sistem empat WD (Four Wheels Drive).


Sport Utility Vehicle (kendaraan utilitas sport) merupakan klasifikasi mobil penumpang, namun dibangun di atas bodi truk ringan. Ciri khas  SUV adalah biasanya memiliki ban serep di bagian belakang dan memiliki ground clearance yang tinggi. Istilah SUV, menurut definisi, identik dengan multi-mobil, kendaraan dengan ciri khas bodi besar dan mesin yang sangat bertenaga. Desain  SUV ini sendiri juga secara umum lebih sporty, dengan lekukan bodi yang kokoh yang terkesan tahan banting dan durabilitas saat dikendarai di jalanan off-road dan perkotaan.


Mobil Tipe SUV Mempunyai Mesin Yang Tangguh Dan Bodi Kokoh
Mobil Tipe SUV Mempunyai Mesin Yang Tangguh Dan Bodi Kokoh

Sedangkan kapasitas mesin lebih dari 1500 cc dengan perpindahan sedang, bagasi lebar, fitur kenyamanan lebih lengkap dari MPV dan suspensi kokoh yang meredam getaran secara maksimal saat berkendara di jalan terjal dan bergelombang. Mari kita bahas apa saja karakteristik mobil SUV sebagai berikut.


1. Sasis Kuat Berdasarkan Konsep SUV

Sebagai kendaraan yang tahan lama, maka sasis yang digunakan SUV ini tentunya juga biasanya sangat kuat. Diintegrasikan ke dalam sasis tangga dan kombinasi monocoque, yang memungkinkannya menahan beban maksimum sambil mempertahankan tampilan lambung yang lebih tinggi.


SUV biasanya memiliki sasis dan suspensi satu ukuran untuk semua. Selain itu, beberapa jenis, seperti yang mendukung pengendaraan off-road, cenderung memiliki as roda yang lebih kaku sehingga meningkatkan kemampuan off-road.


2. Ground Clearance

Sebaliknya, ground clearance atau jarak terendah SUV juga rata-rata lebih tinggi dari MPV yang biasanya tingginya mencapai 210 mm. Hal ini tentunya menjadi penunjang agar bagian bawah mobil ini lebih aman saat dikendarai di medan pegunungan atau pedesaan yang terjal dan berbatu.


3. Ban Berdiameter Besar

Selain itu, SUV biasanya memiliki diameter ban 15-17 inci atau lebih. Selain itu, roda SUV biasanya dilapisi dengan ban profil tinggi yang membuatnya awet dan memiliki cengkraman yang lebih kuat. Ideal untuk medan target saat bepergian di medan kasar atau off-road.


4. Dimensi Bodi Relatif Besar

Sebagai mobil yang memberikan kesan lincah, dimensi bodi jeep ini didesain natural dengan panjang, tebal, besar, dan maskulin. Hal ini tentunya menjadi ciri khas SUV sebagai kendaraan sport yang memberikan kesan siap menerjang berbagai permukaan jalan yang dikendarainya. Padahal, ukuran bodinya memberikan keseimbangan yang jauh lebih optimal, yang tidak mudah diseimbangkan saat melaju di kecepatan tinggi.


5. Spakbor Besar

SUV berikutnya memiliki wajah dengan spakbor besar dan berwibawa. Penggunaan spakbor sebesar itu tentu saja membuat citra visual SUV ini semakin tinggi dan mencolok.


6. Kabin Luas dan Suspensi Tangguh

Mobil tangguh, termasuk SUV, disebut-sebut memiliki ruang penumpang yang luas dan fleksibel sehingga menjamin kenyamanan bagi penumpangnya. Bahkan, jangan lupa suspensi yang digunakannya juga sangat keras, dan daya serap goncangan yang relatif tinggi memastikan stabilitas yang maksimal.


Mobil SUV Sangat Cocok Melewati Medan Yang Sulit
Mobil SUV Sangat Cocok Melewati Medan Yang Sulit

Saat memilih SUV, mesin paling bertenaga tidak selalu identik dengan SUV terbaik bisa jadi karena kualitas, fitur atau kepopuleran mereknya. Sahabat dapat dengan mudah mencari SUV dengan fitur terlengkap. Fitur penting termasuk kenyamanan berkendara dan fitur keselamatan. Fitur kenyamanan berkendara membuat Anda betah di tengah perjalanan, sedangkan fitur keselamatan membantu meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sahabat peru ketahui apa saja jenis Mobil SUV, yuk kita simak satu per satu.


1. Compact SUV

Compact SUV biasa dikenal dengan sebutan low SUV atau mini SUV. Secara umum dimensi dan tenaganya relatif lebih kecil  dibandingkan jenis SUV lainnya. Mobil yang dilengkapi tipe compact SUV ini biasanya didesain untuk penggunaan sehari-hari di jalanan kota. Beberapa mobil yang termasuk  dalam tipe ini adalah Daihatsu Terios, Nissan Juke, Toyota Rush, Ford Ecosport dan Honda HV-R.


2. Medium SUV

Dimensi dan tenaga mesin SUV medium biasanya lebih besar  dibandingkan SUV kompak. Dimensinya yang lumayan besar membuat interior mobil jauh  lebih nyaman dan terkesan lebih ringan. Beberapa mobil  SUV ukuran sedang antara lain Nissan X-Trail, Mitsubishi Pajero, Mazda CX-5 dan Toyota Fortuner.


3. SUV Mewah

Masuk jenis SUV yang ketiga yaitu SUV mewah. Tipe  ini lebih mengutamakan keindahan desain mobil, teknologi terkini dan kenyamanan penumpang. Merek-merek di kategori  SUV mewah antara lain Range Rover Sport, Land Rover Discovery, Porsche Cayenne dan Audi Q7.


4. Full-size SUV

Tipe  terakhir adalah full-size SUV, atau yang biasa disebut dengan "true SUV". Tipe full size SUV ini memiliki tenaga yang tinggi dan mesin yang sangat irit sehingga membutuhkan konsumsi bahan bakar yang tidak sedikit. Beberapa mobil yang masuk  kategori full size SUV antara lain Toyota Sequoia, Nissan Armada, GMC Yukon, dan Chevrolet Suburban


Banyak yang menyebut SUV kompak karena sifatnya yang sporty, namun lebih cocok untuk berkendara di  kota, aspal, atau medan yang tidak terlalu ekstrim. Jika Anda menginginkan mobil penumpang, Anda dapat memilih SUV 7 tempat duduk. Lain halnya dengan SUV mid-size dan full-size. Kedua kategori ini biasanya berukuran besar dan kuat untuk menyangga medan offroad yang berat.


Mengetahui apa itu mobil SUV bagi kalangan pecinta otomotif sangatlah bermanfaat untuk mengetahui jenis kendaraan roda empat yang tepat untuk menjadi mobil keluarga cocok dipakai di medan yang berat ketika ingin bepergian jauh.


Tidak Banyak Komunitas Mobil Memilih Tipe SUV Untuk Di Modifikasi

Garasi.id selalu memberikan produk terbaik, agar Sahabat memiliki pilihan layanan jasa servis terbaru untuk mobil kesayangan kamu. Nikmati Promo Hoki Cuan Pasti hanya 25 Ribu untuk  pilihan jasa servis ganti oli, premium wash, paket AC seger hingga balancing biar tetap cuan. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi Clara di Wasap atau email [email protected].


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 30 Jan 2023 | 14:05 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobiltipesuvmodifikasimobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family