Semua Produsen Mobil Telah Menanamkan Sensor Parkir Pada Kendaraan
Semua Produsen Mobil Telah Menanamkan Sensor Parkir Pada Kendaraan

Tidak Pernah Dilirik! Fungsi Sensor Parkir Pada Mobil

01 Agt 2023 | 16:28 WIB

Perkembangan teknologi otomotif di Indonesia sudah makin canggih, di antara perusahaan otomotif saling bersaing ketat untuk menarik perhatian konsumen. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, fitur pada mobil mengalami perubahan yang drastis. Pabrikan mobil selalu berbenah dan menyempurnakan teknologi pada interior maupun eksterior. Tampilannya kian diperbarui dan berevolusi menjadi mobil-mobil keren dengan fitur-fitur yang menarik.


Sensor parkir adalah salah satu fitur yang jarang dilirik, karena keberadaan sensor parkir dulunya hanya ada di mobil-mobil mewah saja, namun seiring perkembangan zaman fitur ini bisa ditemukan di mobil-mobil keluaran terkini. Mulai dari mobil keluarga, mobil hatchback, hingga mobil SUV telah dilengkapi oleh sensor parkir yang canggih.


Tidak Pernah Dilirik! Fungsi Sensor Parkir Pada Mobil

Fitur Sensor Parkir Mempermudah Pengemudi Saat Parkir


Fitur yang juga akrab disebut dengan sensor parkir ini merupakan fitur penunjang keselamatan. Fitur ini terdiri dari perangkat yang dipasang pada bagian belakang mobil sehingga mampu mendeteksi jika ada benda yang dekat pada bagian belakang mobil. Dengan bantuan sensor parkir mobil bisa mengurangi risiko menabrak area yang tak terlihat Sahabat di bagian belakang. 


Mungkin sepele, tapi banyak pengendara mobil yang belum mengetahui jenis-jenis sensor parkir. Bahkan Sahabat sendiri juga belum tentu tahu! Faktanya ada dua jenis sensor parkir yang sudah beredar saat ini, yaitu.


  • Sensor Parkir Elektromagnetik

Sensor parkir elektromagnetik bekerja dengan menggunakan gelombang elektromagnetik dalam sensor yang berbentuk seperti selimut.


Jenis Sensor Parkir Pada Mobil

Jenis Sensor Parkir Pada Mobil


  • Sensor Parkir Ultrasonik

Sensor parkir ultrasonik menggunakan gelombang ultrasonik yang dipancarkan oleh 4 hingga 6 buah sensor yang terpasang pada bumper belakang mobil. Kedua jenis sensor ini berguna untuk mendeteksi objek yang tidak terlihat dari kabin mobil dan menghindari tabrakan dengan mobil.


Lalu, dari kedua jenis sensor parkir pada mobil memiliki beberapa fungsi yang penting untuk keselamatan Sahabat saat berkendara. Bahkan, sensor parkir ini menjadi salah satu komponen wajib pada setiap mobil. Kamu bisa simak beberapa fungsi dari sensor parkir mobil di bawah ini.


Pelajari Cara Parkir Dengan Bantuan Sensor Mobil

Pelajari Cara Parkir Dengan Bantuan Sensor Mobil


1. Memberi Peringatan Saat Berkendara

Sensor parkir pada mobil sangat berguna untuk memberi peringatan kepada Sahabat jika ada objek atau kendaraan lain yang mendekat dari belakang mobil. Sensor parkir terletak pada bumper depan dan belakang mobil. Ketika terjadi resiko tabrakan yang tidak terlihat oleh kamu, sensor akan memberikan peringatan secara otomatis ketika berkendara.


Manfaatkan Fitur Canggih Pada Mobil

Manfaatkan Fitur Canggih Pada Mobil


2. Mencegah Benturan di Sekitar Mobil

Sahabat akan sangat terbantu saat berkendara, karena sensor ini akan memberikan peringatan dengan bunyi yang semakin keras saat mobil mendekati objek atau kendaraan lain yang berada di sekitarnya. Sensor parkir pada mobil juga berfungsi untuk mencegah benturan yang dapat merusak mobil atau bahkan mengancam keselamatan pengguna mobil. Sensor ini mencegah terjadinya benturan mobil dengan objek atau kendaraan lain yang berada di sekitarnya.


Tetap Waspada Saat Parkir Mobil

Tetap Waspada Saat Parkir Mobil


3. Memudahkan Mobil Saat Parkir

Selain itu, sensor parkir membantu Sahabat untuk memarkir mobil di tempat yang sempit dengan lebih mudah. Keberadaan sensor ini secara tidak langsung mengasah kepekaan kamu terhadap jarak dan sekitarnya, terutama saat memarkir di tempat yang sempit. Sensor juga memberikan sinyal jika jarak parkir terlalu dekat dengan batas parkir atau mobil lain.


Tidak Pernah Dilirik! Fungsi Sensor Parkir Pada Mobil


Kurang lebih seperti itu Sahabat, fungsi dari sensor parkir pada mobil. Masih banyak informasi otomotif lainnya yang bisa Sahabat dapatkan di Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate. Selain itu, kamu wajib melakukan pengecekan mobil kesayanganmu agar tetap dalam performa yang optimal. Sahabat bisa kunjungi website resmi www.Garasi.id dan sikat promo potongan harga untuk layanan jasa servis yang cocok untuk mobil kamu di kota masing-masing. Informasi lengkap kamu bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 01 Agt 2023 | 22:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifteknologisensorparkirparkirmobilperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family