Hewan Peliharaan
Berkendara Dengan Hewan Peliharaan

Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan Ala Chevrolet

05 Sep 2018 | 14:09 WIB

Bulan Agustus menjadi momen penting bagi pecinta hewan, dengan International Cat Day yang jatuh pada tanggal 8 Agustus serta International Dog Day yang jatuh di tanggal 26 Agustus lalu. 

Berbicara tentang hewan peliharaan, buat Sahabat yang  berencana bepergian bersama hewan peliharaan kesayangan, Chevrolet memberikan beberapa tips agar perjalanan yang lebih lancar, aman, dan menyenangkan bersama fur babies Sahabat.

Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan Ala Chevrolet

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan bermanfaat besar bagi kesehatan, seperti mengurangi rasa kesepian serta meningkatkan motivasi berolahraga dan bersosialisasi.

Sebelum berangkat

Sebelum memulai perjalanan, berikut adalah beberapa langkah persiapan untuk memastikan perjalanan Sahabat menyenangkan.

- Pastikan hewan peliharaan Sahabat sudah mendapatkan vaksinasi dasar serta vaksinasi tambahan, jika dibutuhkan, untuk melindungi dari penyakit-penyakit baru, seperti penyakit Lyme pada anjing. Temukan dan siapkan nomor dokter hewan darurat 24 jam selama perjalanan. 

- Apabila terpisah dari peliharaan Sahabat, bawalah foto terbaru peliharaan Sahabat. Menuliskan nomor ponsel Sahabat di kalung identifikasi juga dapat menjadi pilihan yang baik. Jangan biarkan hewan piaraan kesayangan Sahabat meninggalkan kendaraan tanpa kalung pengikat, ID tag dan tali.

Bepergian bersama anjing

Tidak semua anjing dapat diajak berjalan-jalan, jadi ada baiknya melakukan beberapa latihan sebelum melakukan perjalanan panjang.

Jagalah anjing Sahabat saat berkendara demi keselamatannya dan Sahabat sendiri. Gunakan pengaman seperti tali pengikat, pet carrier atau cargo barrier. Mobil SUV menawarkan area bagasi luas dan dapat menampung pet carrier berukuran besar. Selain itu, Sahabat juga dapat menggunakan tali khusus untuk diikat di kursi belakang. Jangan pernah biarkan hewan peliharaan Sahabat duduk di kursi depan karena meningkatkan risiko terluka parah bahkan berakibat fatal jika airbag terbuka. Jika anjing Sahabat berukuran besar, tempat terbaik untuk mereka adalah di area bagasi. Pertimbangkan untuk membeli cargo tray tambahan untuk melindungi karpet.

Jangan pernah tinggalkan anjing sendirian di dalam mobil. Di hari yang cerah, suhu kendaraan yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat sehingga berpotensi mengakibatkan sengatan panas yang berlebihan, bahkan dengan jendela yang terbuka. Selain itu, hal tersebut meningkatkan risiko penculikan peliharaan Sahabat.

- Apabila anjing Sahabat merasa resah atau menggonggong terus-menerus, Sahabat dapat memberikan mainan, chew toy, atau treats untuk tetap menyibukkan peliharaan Sahabat. Biasanya seekor anjing akan menjadi lebih tenang dan dapat menjadi lebih rileks jika memiliki kesibukan

Mobil SUV dapat menjadi kendaraan yang sempurna untuk bepergian dengan hewan peliharaan karena memberikan ruang lebih untuk menyimpan mainan dan makanan peliharaan Sahabat.

Sedikit tips tambahan untuk menyelesaikan perjalanan dengan menyenangkan saat tiba di destinasi tujuan Sahabat adalah ajaklah anjing Sahabat berjalan-jalan secara terikat untuk memastikan keamanannya serta membuatnya meregangkan kaki agar merasa lebih rileks. Seekor anjing yang terlatih sekalipun dapat merasa tidak nyaman di lokasi yang tidak familiar.

Bepergian bersama kucing

Pastikan hal-hal ini sudah Sahabat lakukan sebelum bepergian bersama kucing Sahabat:                                                        

Sama seperti bepergian dengan anjing, gunakan pet carrier atau cargo barrier dalam mobil. Hewan yang dibiarkan berkeliaran dapat terluka saat kecelakaan atau memberikan risiko kecelakaan bagi penumpang lain.

- Buat kucing Kamu familiar dengan mobil dengan membiarkannya melakukan cheek rub pada mobil serta menebarkan aromanya. Atau cobalah menaruh tempat tidur, selimut atau handuk milik kucing piaraan Sahabat di dalam mobil.

- Pertimbangkan membawa kotak kotoran portabel, tempat makan dan minum yang mudah dilipat, serta obat-obatan bagi kucing. Scratching post tua yang dapat dibuang kapan saja juga bisa membantu kucing Sahabat tetap tenang.

- Untuk menghindari dehidrasi, terutama ketika perjalanan di musim panas, siapkan semangkuk es yang dapat dijilat oleh kucing untuk menjaganya agar tidak kepanasan. Hal ini dapat menjadi opsi yang lebih rapi selama perjalanan.

Nah gimana Sahabat Garasi tips bepergian diatas. Semoga bisa menjadikan perjalanan dengan peliharaanmu menyenangkan ya Sahabat.

Foto : Internet

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 10:05 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsberkendarahewanmobiljauhbarubekasjualbeliamannyamanpersiapanotomotifgarasiidchevrolet
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family