Baik kulit asli atau kulit sintetis pada lapisan jok mobil, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan
Lapisan jok mempengaruhi kenyamanan berkendara

Tips Menentukan Cover Jok yang Tepat

09 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Tampilan interior mobil yang menarik dan indah tentu menjadi daya tarik sendiri setiap pemilik mobil. Selain menambah nilai estetika tersendiri, tampilan interior mobil yang lebih indah membuat pengemudi dan penumpang menjadi merasa nyaman ketika berkendara. Salah satunya dengan memilih lapisan jok yang tepat. Kenapa lapisan jok? Alasan kuatnya adalah karena ketika kita berkendara, kita duduk di kursi, entah itu perjalanan pendek atau jauh disanalah kita duduk. Jika kursi mobil tidak menopang kenyamanan penumpang, sudah tentu kamu tidak akan betah berlama-lama di dalam mobil. Lapisan jok (cover jok) berfungsi untuk menambah kenyamanan kursi itu sendiri, nah supaya kamu makin nyaman berkendara, berikut tips menentukan pilihan cover jok yang tepat untuk melapisi jok mobil kamu.

Menentukan Bahan

Pada umumnya cover jok yang ada di pasaran ada dua jenis, yaitu cover jok kulit asli dan jok kulit sintetis. Dari segi kualitas, cover jok kulit asli lebih mahal daripada bahan kulit sintetis. Merawatnya juga tidak bisa sembarangan, butuh perawatan khusus jika kamu memutuskan untuk mengganti cover jok kursi kamu dengan kulit asli.

Tips Menentukan Cover Jok yang Tepat

Walaupun mahal, kualitas cover jok kulit asli tidak perlu diragukan kembali. Biasanya cover jok kulit asli memiliki tekstur yang lembut, adem, anti gores, nyaman dan tampak elegan. 

Berbeda dengan cover jok mobil kulit asli, kulit sintetis dari segi harga bisa dikatakan lebih murah ketimbang yang asli. Akan tetapi cover jok kursi sintetis tidak kalah bersaing secara kualitas dengan bahan kulit asli. Saat ini banyak sekali cover jok mobil dengan bahan kulit sintetis yang kualitasnya menyerupai cover jok mobil bahan kulit asli. Perawatan yang lebih mudah dan murah menjadi pertimbangan banyak orang yang menggunakan bahan ini.

Pilih Bahan yang Dilengkapi Anti UV

Selain untuk kulit badan, lapisan jok juga membutuhkan lapisan Anti-UV agar struktur kulit jok mobil tetap optimal. Pernah tidak kamu menemukan jok mobil yang lapisan joknya sudah pecah-pecah? Untuk mengantisipasi hal seperti itu, alangkah baiknya kamu melapisi jok mobil kamu dengan lapisan yang sudah dilengkapi Anti-UV.

Bahan ini yang dilapisi anti UV juga dapat menangkal hawa panas yang ada di jok mobil sehingga meskipun mobil sedang parkir di tempat yang panas suhu udara di dalam kabin tetap terjaga. Untuk mengetahui bahan cover jok mobil dilengkapi pelindung anti UV atau tidak coba anda  jemur sampel bahan tersebut selama 30 menit lalu bawa contoh bahan tersebut ke dalam ruangan yang ber-AC. Jika pada suhu berubah menjadi lebih dingin dalam waktu 5 menit itu artinya kualitas cover jok mobil tersebut bagus.

Pilihlah Bahan yang Anti Air

Biasanya bahan cover jok mobil yang lebih tahan terhadap air memiliki daya elastisitas yang baik. Maka artinya bahan cover jok mobil tersebut lebih tahan terhadap tarikan dan goncangan sehingga tidak gampang sobek atau retak. Cara sederhana untuk mengetahui bahan cover jok mobil yang bisa anti air atau tidak cobalah remas-remas bahan cover jok mobil tersebut.

Tips Menentukan Cover Jok yang Tepat

Bahan cover jok mobil yang bagus tidak akan mudah kusut apalagi meninggalkan bekas yang disebabkan  karena luntur, tidak kaku, dan bentuknya cepat kembali ke bentuk semula. Cara yang lain bisa dengan meneteskan air ke permukaan dan memeriksa cover jok tersebut apakah terdapat rembesan yang muncul dari bali cover jok tersebut.

Foto: Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 09 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN