Pahami Tentang Jasa Towing Mobil
Pahami Tentang Jasa Towing Mobil

Towing Mobil! Pertolongan Pertama Mobil Mogok Dijalan

13 Mei 2023 | 10:00 WIB

Saat kendaraan tiba-tiba mogok di jalan atau mengalami kecelakaan, jasa towing mobil sangat dibutuhkan. Memang jasa ini terlihat sepele, namun pada situasi genting, jasa towing mobil memiliki peran dan manfaat yang besar. Jasa towing mobil 24 jam dapat membantu kendaraan yang mengalami kerusakan serta tabrakan baik di jalan raya, jalan protokol, hingga jalan tol dalam dan luar kota.


Masih banyak masyarakat yang salah kaprah terkait towing mobil yang disebut dengan mobil derek. Istilah mobil derek sendiri tidak selamanya digunakan, karena beberapa justru merupakan kegiatan towing. Towing adalah proses mengangkut mobil namun caranya berbeda dengan mobil derek. Menurut sumber otomotif ternama, towing mobil adalah proses pengangkutan kendaraan yang menggunakan truk. Pada umumnya, towing adalah kendaraan yang mengangkut satu jenis mobil di bagian belakangnya.


Towing Mobil Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan

Towing Mobil Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan


Towing mobil adalah salah satu alat angkut yang digunakan bengkel untuk membawa mobil yang mogok untuk diperbaiki atau dikirim ke pelanggan. Towing mobil berbeda dengan mobil derek, terutama dari caranya membawa mobil. Bagi yang baru saja mendalami dunia otomotif harus tahu pengertian apa itu Towing mobil.


Pengangkutan dilakukan untuk pengiriman mobil jarak jauh maupun dekat sesuai dengan permintaan pengirim. Biaya untuk mengangkut mobil dengan towing ini relatif mahal namun lebih cepat dan mobil dapat dikirim siapa saja sesuai dengan permintaan. Siapa pun bisa menghubungi jasa towing untuk bisa mengirimkan mobilnya.


Mobil akan diangkat ke atas truk dengan dua macam cara sesuai dengan jenis truk. Pertama adalah dengan cara teknik towing gendong, mobil akan diangkut seperti biasa di bagian bak truk. Teknik kedua adalah towing hidrolik yaitu pengangkutan di mana bak belakang truk akan diturunkan sejajar dengan jalan. 


Nantinya mobil akan diangkut dengan bak truk tersebut. Biasanya teknik yang kedua ini banyak diimplementasikan pada mobil yang memiliki ground clearance rendah. Jika mobil diangkat dengan cara biasa ke dalam truk maka akan merusak bagian bawahnya. Karena itu teknik hidrolik ini jadi solusi tepat, karena biasanya mobil mewah memiliki ground clearance yang rendah.


Pilih Jasa Towing Mobil Terbaik di Garasi.id

Pilih Jasa Towing Mobil Terbaik di Garasi.id


Terdapat sejumlah perbedaan antara towing dengan derek mobil. Meskipun tampak sama, namun sebenarnya jauh berbeda. Sahabat bisa ketahui perbedaan towing mobil dan mobil derek.


1. Cara Mengangkut Mobil

Mobil derek menggunakan alat khusus yang dipasang pada bagian belakang truk yang nantinya bertugas untuk menarik mobil. Alat untuk menderek ini nantinya akan dikaitkan pada bagian depan mobil, kemudian ban depan akan terangkat. Sehingga hanya bagian roda belakang saja yang menyentuh tanah kemudian mobil akan diderek. Cara mengangkut ini tentu saja jauh berbeda dengan towing yang mengangkut mobil secara keseluruhan. Pada saat penderekan rem tangan mobil harus aktif sehingga prosesnya harus lebih hati-hati. Sedangkan untuk towing, mobil dalam keadaan mati dan tidak perlu kondisi rem tangan aktif.


2. Penyedia Jasa

Jasa towing dibuka oleh swasta untuk membantu masyarakat dalam mengangkut mobil sesuai keperluan seperti mudik, masalah banjir atau ingin menjual mobil. Sedangkan untuk derek, biasanya dilakukan oleh Dinas Perhubungan untuk menderek mobil-mobil yang melanggar peraturan. Misalnya seperti parkir di tempat sembarangan atau karena mengalami kecelakaan.


3. Jenis Kendaraan yang Mengangkut

Proses derek atau towing mobil mesti menggunakan kendaraan khusus yang ukurannya jauh lebih besar dari kendaraan yang diangkut atau ditarik. Khusus untuk kendaraan derek bisa berupa mini truk yang sudah dilengkapi dengan katrol. Katrol inilah yang berfungsi untuk mengangkat kedua ban depan mobil kemudian mampu menariknya. Katrol akan mempermudah truk untuk menderek mobil yang mungkin saja lebih berat.


Sedangkan untuk towing, jenis kendaraan yang digunakan juga berupa truk. Bisa saja kontainer yang besar sehingga mobil bisa muat di belakangnya. Jenisnya pun disesuaikan dengan proses pengangkutan. Ada truk dengan model biasa sehingga mobil harus dinaikkan secara manual. Ada juga truk yang sudah dilengkapi dengan sistem hidrolik pada bagian belakang agar mempermudah untuk menaikkan mobil.


Pentingnya Informasi Nomor Penting Dan Darurat Di Jalan Tol

Pentingnya Informasi Nomor Penting Dan Darurat Di Jalan Tol


4.Jenis Kendaraan yang Bisa Diangkut

Proses derek memungkinkan untuk menarik kendaraan yang lebih besar seperti truk bahkan bus. Proses penarikan ini dibantu oleh kinerja katrol. Sedangkan towing mobil memiliki jenis kendaraan yang berbeda yang bisa diangkut.


Jasa towing memiliki keunggulan lebih dibandingkan jasa derek kendaraan biasa. Jasa towing dapat digunakan sewaktu-waktu sesuai dengan pesanan. Kamu tak perlu menunggu lama untuk dilakukan pengangkutan. Dalam kondisi darurat, jasa towing lebih direkomendasikan. Sahabat bisa cek www.Garasi.id untuk mendapatkan layanan jasa towing mobil terbaik. Informasi lengkap silahkan hubungi customer servis tim Clara dari Garasi.id. Selamat memulai petualangan baru Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 13 Mei 2023 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

towingmobilmogokdijalantipsotomotifperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family