Transmisi matic sulit pindah gigi
Transmisi matic sulit pindah gigi

Transmisi Matic Nggak Mau Pindah Gigi, Kenapa Tuh?

05 Nov 2022 | 10:00 WIB

Bagaimana jika transmisi matic tidak mau pindah gigi secara mendadak? Sahabat pasti akan langsung khawatir dan panik. Apalagi ketika sedang berada di jalan raya. Mobil matic saat ini selalu menjadi pilihan utama karena operasionalnya yang cukup praktis dengan hadirnya transmisi otomatis. Namun bukan berarti transmisi matic tidak bisa mengalami kerusakan. 

Transmisi Matic Nggak Mau Pindah Gigi, Kenapa Tuh?


Apa Saja Penyebab Transmisi Matic Sulit Pindah Gigi 

Perseneling tersangkut bisa terjadi kapan saja, apalagi jika usia mobil sudah tua. Biasanya terjadi kerusakan pada transmisi yang perlu diwaspadai. 

Efek berbahaya ketika transmisi matic tersangkut bukan hanya kecelakaan. Kerusakan pada bagian transmisi yang bisa menjalar pada komponen lainnya pun dikhawatirkan. 

Gangguan pada transmisi secara umum bukan karena usia mesin yang sudah lama tetapi juga kurang atau jarang melakukan servis rutin. 

  • Switch Rem yang Bermasalah 

Penyebab yang pertama dan sering jadi langganan adalah karena switch rem tidak ikut tertekan ketika Sahabat menginjak pedal rem. Akibatnya tuas transmisi yang otomatis berpindah jadi gagal. 

Cara mengetahui apakah penyebabnya adalah switch rem bisa dicek melalui lampu rem. Apabila Sahabat menginjak pedal rem namun lampu rem tidak menyala artinya terdapat masalah. 

Pemeriksaan lebih lanjut mengenai kinerja switch rem pun diperlukan. Bisa saja masalah karena perlu penyetelan ulang atau karena harus diganti yang baru. Langkah pemeriksaannya sendiri tidak terlalu sulit. 

Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek kondisi switch rem pada mobil. 

  • Buka terlebih dahulu fuse box di ruang mesin, kemudian periksalah fuse tail lamp yang terdapat di balik tutup box sekring. Cek apakah sekring putus, caranya tinggal mencabut sekring dan lihat di bagian penghantar arusnya. 

  • Apabila sekring putus, Sahabat bisa menggantinya dengan ukuran yang sama. Pengecekan selanjutnya ada di bagian soket karena bisa saja kendur. Sahabat hanya perlu mengencangkannya saja hingga berbunyi klik. 

  • Terakhir adalah jika sekring dan soket tidak bermasalah maka mungkin saja setelah switch rem tidak pas. Sahabat bisa mencoba menyetel ulang dengan kunci pas ukuran 12mm dan putar ke arah kiri atau kanan sampai benar. 

Apabila setelah dicek ternyata tidak ada masalah artinya Sahabat harus mengganti switch dengan yang baru. 

  • Kotornya Switch Rem 

Masalah transmisi matic tidak mau pindah gigi juga bisa disebabkan oleh kotornya switch rem. Biasanya kotoran atau sisa oli yang menumpuk akan menjadi kerak yang membuat switch rem tidak bisa bekerja dengan baik. 

Tuas transmisi matic pun tidak akan bisa dipindahkan jika kerak terlalu banyak. Sahabat yang sering meninggalkan mobil dalam waktu lama dan jarang dipanaskan maka kotoran akan menumpuk. 

Satu-satunya cara adalah dengan memanaskan mobil sehingga kotoran kerak tersebut dapat dibersihkan. Transmisi pun nantinya akan mudah untuk digeser. Hanya saja jika sudah dibersihkan masih saja tidak bisa bekerja artinya harus diganti. 

Demi menghindari transmisi matic tidak mau pindah gigi sebaiknya Sahabat sering memanaskan mobil setidaknya 5 menit setiap paginya.

  • Rusaknya Gearbox

Penyebab yang terakhir bisa berasal dari kabel gearbox yang putus atau mengelupasnya lapisan pelindung kabel. Ada dua kemungkinan yang dapat Sahabat rasakan. 

Bagaimana cara merusak gearbox yang mengalami kerusakan, cek di halaman selanjutnya. 

Pertama adalah pedal gas justru terasa berat ketika diinjak walaupun transmisi sudah berhasil dipindah. Efek kedua adalah perpindahan gigi justru sama sekali tidak terjadi. 

Apabila gearbox adalah sumber masalahnya maka Sahabat harus datang ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut. 

Tanda-Tanda Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Sebelum akhirnya transmisi mobil Sahabat tidak mau pindah gigi ada beberapa ciri atau tanda yang sebenarnya bisa dicermati terlebih dahulu. Mencermati hal ini akan melindungi Sahabat dari perbaikan kerusakan yang jauh lebih banyak. 

Tanda-tanda ini bisa Sahabat cermati ketika sedang mengendarai mobil dimana saja. Yuk cek apa saja tanda yang tidak boleh Sahabat lewatkan berikut ini. 

  • Mobil Tersentak saat Berpindah Gigi

Ciri yang pertama adalah munculnya sentakan padahal Sahabat baru saja berpindah gigi. Transmisi matic yang normal seharusnya akan memberikan perpindahan gigi yang halus bahkan tidak terlalu terasa. 

Jadi jika ternyata sentakan kasar yang terjadi atau seperti terdapat dorongan keras pada mobil maka bisa jadi kerusakan pada transmisi. Hindari menunda pergi ke bengkel jika tanda ini sudah Sahabat rasakan. 

  • Mobil Terasa Bergetar Kencang 

Akibat pembakaran pada mesin dan gesekan antar komponen maka getaran kencang pun terjadi. Berkat peredam getaran pada mesin biasanya penumpang tidak akan merasakannya dari dalam kabin. 

Apabila getaran terasa keras artinya ada yang rusak dari sistem peredam tapi bisa juga karena transmisi yang bermasalah. Getaran biasanya lebih terasa bersumber dari bawah mobil. 

Munculnya getaran ini disebabkan oleh gesekan kopling yang sudah aus dan harus diganti. Jadi segera bawa mobil Sahabat ke bengkel jika mobil mulai bergetar kencang. 

  • Sulit Memindahkan Tuas 

Transmisi matic tidak mau pindah gigi juga ditandai dengan tuas yang tidak bisa digerakkan. Sahabat akan kesulitan berpindah ke mode parking atau lainnya. 

Jika muncul tanda ini maka bisa saja penyebabnya adalah switch rem. Sahabat bisa mencoba mengecek dengan menginjak sedikit di pedal rem. Transmisi yang tidak mau dipindah walaupun sudah menginjak pedal rem artinya terdapat masalah di switch rem. 

  • Perpindahan Gigi Tidak Mengikuti Tuas 

Hal yang cukup membahayakan adalah saat transmisi matic tidak mau pindah gigi padahal tuas sudah berpindah. Artinya permasalahan pada sistem transmisi ini cukup parah dan pengecekan pada gearbox harus segera dilakukan. 

Ketika kabel gearbox bermasalah, biasanya tanda inilah yang akan terjadi. Penggantian atau perbaikan kabel pun harus dilakukan. 

Nah Sahabat, itulah tanda-tanda dari transmisi matic yang tidak bisa pindah gigi. Bila Sahabat menemukan beberapa masalah diatas, sangat disarankan segera membawa mobil kamu ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut ya. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 05 Nov 2022 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

garasiiddieselmobilbensinmatic
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family