Transmisi mobil matik dan manual
Mengenal transmisi mobil matik dan manual

Transmisi Mobil Jadi Pertimbangan Saat Akan Membeli? Coba Simak Ini

21 Jan 2020 | 13:01 WIB

Mobil yang dibekali sistem transmisi otomatis atau yang biasa Sahabat sebut sebagai mobil matic semakin berkembang dari waktu ke waktu. Banyak sekali alasan yang menjadi dasar seseorang untuk memilih mobil bertransmisi otomatis ketimbang manual. Tahukah kalian bahwa transmisi mobil otomatis atau matic merupakan perkembangan dari jenis transmisi manual, jadi secara teknologi, transmisi mobil matic lebih modern. 

Seperti dilansir Hyundaimobil.co.id, sistem transmisi otomatis pertama kali lahir di Amerika pada tahun 1904, Sturtevant bersaudara diminta merancang transmisi untuk sebuah mobil sangat sederhana yang dijuluki Horseless Carriage dan teknisi ini akhirnya menciptakan sebuah transmisi mobil dua percepatan yang mampu berpindah sendiri.

Transmisi Mobil Jadi Pertimbangan Saat Akan Membeli? Coba Simak Ini

Pada zaman itu, penemuan transmisi otomatis ini sangat spektakuler namun kurang dihargai. Pasalnya saat itu manusia masih dalam taraf belajar menjalankan mobil yang merupakan ciptaan baru, sehingga fokus pengemudi lebih kepada menjalankan mobil ini.

Namun siapa sangka, berangkat dari penemuan sederhana ini, transmisi mobil otomatis mengalami kemajuan sangat pesat dan menjadi begitu populer di muka bumi. Bahkan saat ini transmisi mobil otomatis sudah mampu mengalahkan kemampuan manusia dalam kecepatan serta akurasi perpindahan gigi.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan Sahabat mengenai sistem transmisi otomatis, simak ulasan kelebihan dan kekurangan transmisi mobil otomatis menurut Garasi.id di bawah ini :

Mobil yang memiliki sistem transmisi otomatis sangat mudah untuk digunakan. Sahabat juga pasti menyukai kemudahan dan kenyamanan transmisi otomatis bukan? Kamu tinggal mengatur tuas transmisi mobil pada posisi D (drive) dan siap berkendara kemana saja tanpa perlu repot-repot mengganti transmisi mobil. 

Kaki kamu juga tidak akan cepat lelah ketika berkendara karena kamu hanya perlu mengatur pedal gas dan rem saja sesuai dengan kondisi jalan. Apalagi jika kamu terjebak dalam kemacetan di daerah perkotaan, transmisi otomatis menawarkan sensasi pengalaman berkendara yang sangat nyaman.

Transmisi Mobil Jadi Pertimbangan Saat Akan Membeli? Coba Simak Ini

Boleh kita beranggapan bahwa mobil bertransmisi otomatis itu sempurna, betul Sahabat ? Namun segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang sempurna bukan, karena kesempurnaan hanya milik sang pencipta. Pernah tidak Sahabat yang memiliki mobil matic melihat tagihan setelah melakukan servis berkala pada mobilnya. Cukup mahal bukan? Kenapa sih servis mobil matic lebih mahal ?

Karena bersifat otomatis, transmisi mobil bekerja lebih berat ketimbang dengan transmisi mobil manual karena pada transmisi manual kita bisa sesuka hati mengatur putaran mesin maka dari itu daya tahan oli pun tidak bertahan lama.

Banyak yang mengeluhkan mobil dengan transmisi otomatis cukup boros. Mobil yang boros dan tidak boros, semua kembali kepada si pengemudi. Semua mobil dirancang dengan baik dengan perhitungan yang matang, maka dari itu cara berkendara dan perawatan rutin yang menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar mobil matic. Dan jangan lupa kapasitas mesin juga menentukan besaran konsumsi bahan bakar mobil kamu, jangan beranggapan dengan membeli mobil berkapasitas 3.500 cc akan sama iritnya dengan mobil 1.500 cc.

Apakah mobil matic kurang dalam berakselerasi? Saat ini mobil otomatis sudah dibekali fitur seperti paddle shift yang akan menawarkan sensasi berkendara layaknya mobil bertransmisi manual. Jadi Sahabat tinggal memencet tombol (+) atau (-) untuk menaik turunkan gigi transmisi mobil untuk mendapatkan akselerasi yang kamu inginkan.

Jadi bagaimana Sahabat, bisa disimpulkan walaupun mobil bertransmisi otomatis bisa dikatakan cukup mahal dalam perawatan, namun sensasi kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara dari mobil matic memang patut diacungi jempol.

Transmisi Mobil Manual

Seiring dengan perkembangan zaman, mobil-mobil saat ini hampir seluruhnya menggunakan sistem transmisi otomatis. Lalu bagaimana dengan sistem transmisi mobil manual apakah masih diminati? 

Seperti yang dilansir oleh Itstillruns.com, sistem transmisi mobil manual untuk pertama kali diperkenalkan pada tahun 1928 di mobil Cadillac. Lalu pada tahun 1894 oleh Louis-Rene Panhard dan Emile Levassor di Prancis dengan transmisi 3 percepatan dan di tahun 1898 pembuat mobil Louis Renault atau yang kita kenal Renault membuat mobil dengan transmisi 3 percepatan dengan gardan untuk menggerakan roda belakang.

Transmisi Mobil Jadi Pertimbangan Saat Akan Membeli? Coba Simak Ini

Hingga pada akhirnya di tahun 1937, Oldsmobile mulai mengembangkan transmisi mobil semi otomatis 4 percepatan yang disebut ‘Automatic Safety Transmission". 

Setelah sebelumnya membahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem transmisi mobil otomatis kali ini Garasi.id akan membahas kelebihan dan kekurangan tentang sistem transmisi mobil manual. 

Berbeda dengan mobil matik, mobil dengan sistem transmisi manual membutuhkan biaya perawatan yang lebih murah ketimbang dengan mobil matik. Kenapa hal itu bisa terjadi ? Karena pada mobil manual, kamu dapat mengatur putaran mesin sesuai dengan keinginan kita dan maka dari itu daya tahan oli pun lebih bertahan lebih lama. Selain itu, mobil dengan transmisi manual memiliki akselerasi yang lebih responsif ketimbang transmisi mobil otomatis, dengan cara memainkan kopling dan mengatur gas.

Teknik engine brake pada transmisi mobil matik berbeda dengan mobil manual. Untuk mobil transmisi manual, engine brake dapat dilakukan dengan cara menurunkan posisi transmisi ke posisi yang lebih rendah. Namun sebelum itu, perlu diperhatikan untuk menurunkan posisi transmisi mobil secara bertahap agar tidak menimbulkan kerusakan mesin. Selain itu, perhatikan pula putaran mesin yang sedang berjalan agar mesin tidak terhentak secara mendadak disertai pengereman secara perlahan.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakar mobil manual, apakah boros atau tidak? Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya mengenai kelebihan dan kekurangan transmisi otomatis, boros atau tidaknya mobil tergantung kepada si pengemudi, bisa dikatakan mobil manual lebih irit karena faktor kita bisa mengatur tinggi rendahnya putaran mesin semau kita. Tapi bisa dikatakan boros jika kita selalu menginginkan putaran mesin tinggi pada mobil manual. Semua tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan, cara mengemudi dan kondisi jalan.

Nah tapi dibalik semua kelebihan transmisi mobil manual, terdapat juga nih kekurangannya seperti, mengendarai mobil dengan transmisi mobil manual itu repot. Kenapa repot? Sahabat harus menginjak kopling terlebih dahulu baru memposisikan tuas transmisi mobil lalu mengatur putaran mesin agar mobil tidak menghentak ketika akan berjalan. Tentunya jika dihadapkan dengan kondisi jalan yang macet akan membuat kaki cepat pegal dan sulit untuk dikendarai oleh pemula karena Sahabat mengatur dan mengendalikan banyak hal seperti kopling, gas, persneling, dan juga rem, semua itu harus pas, jika tidak maka mobil tidak akan berjalan dengan baik.

So Sahabat, jadi sudah paham kan kelebihan masing-masing dari transmisi mobil manual dan transmisi mobil matik, jika sudah paham dan ingin segera membeli mobil impian, di Garasi.id terdapat fitur Mobil Pilihan, disana kamu dapat memilih jenis mobil bertransmisi manual atau matik. Selain itu mobil-mobilnya juga sudah melewati prosedur pengecekan sehingga Sahabat tidak perlu ragu untuk membeli Mobil Pilihan.

Foto : Garasi.id