Perawatan Mobil Manual Lebih Mudah Ketimbang Matic
Perawatan Mobil Manual Lebih Mudah Ketimbang Matic

Transmisi Mobil Manual Hancur, Begini Cara Mengatasinya!

13 Jun 2023 | 11:54 WIB

Cara merawat mobil manual relatif cukup mudah dibanding matic. Bukan hanya mobil bekas, mobil baru pun juga memerlukan perawatan secara berkala. Hal itu pun berlaku pula untuk mobil manual. Namun terkadang banyak orang yang merawatnya secara asal tanpa memperhatikan secara mendetail tentang cara merawat mesin mobil manual dengan benar.


Sehingga terkadang menyebabkan kerusakan pada mesin mobil manual. Bahkan bisa merusak transmisi mobil menjadi hancur dan perlu mengeluarkan biaya hingga kantong jebol untuk perbaikannya. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada mobil kesayangan Sahabat bukan? Berikut beberapa tips agar mobil manual kamu tetap terawat dengan baik. Begini caranya :


Lakukan Perawatan Mobil Manualmu

Lakukan Perawatan Mobil Manualmu


1. Ganti Oli Mobil dan Filter Oli Sesuai dengan Waktunya


Kinerja sebuah mesin sangat bergantung dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima, oli mobil selayaknya wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil. Pada umumnya, penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km. Selain oli mobil, filter oli juga saling berhubungan. Jadi, Sahabat jangan biarkan oli mobil terjaga namun filter oli tidak diperhatikan. Karena hasilnya dapat menggangu kinerja dari oli mobil kamu menjadi tidak maksimal dan cepat kotor.


2. Perhatikan Rem dan Starter


Dua komponen penting dalam mobil yaitu starter dan rem. Tanpa keduanya, mobil tidak bisa melaju dengan baik dan aman. Cara perawatan mobil manual pun bisa Sahabat lakukan dari pengecekan dua komponen ini. Periksa apakah saat mesin mobil dinyalakan tidak ada masalah dan lainnya. Kemudian rem juga berfungsi penting untuk keamanan berkendara. Pastikan rem berfungsi dengan baik dan ganti kampas rem jika sudah menipis.


Kondisikan Saat Cek Pedal Gas, Koplind dan Rem Mobil

Kondisikan Saat Cek Pedal Gas, Kopling dan Rem Mobil


2. Isi Air Radiator Secukupnya


Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Jika air radiator tidak cukup untuk mendinginkan mesin mobil, maka akibatnya cukup berbahaya. Mesin mobil bisa rusak hingga posisi pengemudi menjadi berbahaya. 


Pastikan Sahabat mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin dapat bekerja dengan baik. Selain itu, jika kamu cukup sering menggunakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis.


3. Mengecek Starter Mobil


Cobalah untuk menghidupkan mobil Sahabat, bila mobil tidak dapat di starter maka terdapat kerusakan didalamnya. Hal ini dapat dikarenakan berkurangnya suplai bahan bakar atau udara. Periksalah saringan (filter) nya dengan cara mencabut filter dan membersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Akan tetapi bila hal tersebut sudah Sahabat lakukan namun mobil belum menyala juga, segera bawa mobil kamu ke bengkel terdekat.


Bila Perlu Panaskan Mobil Setiap Pagi Hari

Bila Perlu Panaskan Mobil Setiap Pagi Hari


4. Mengecek Timing Belt


Timing belt merupakan komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin. Bila terdapat suara dengung atau bising ketika mobil Sahabat dinyalakan maka terdapat kerusakan pada timing belt. Kerusakan timing belt yang terus dibiarkan akan menyebabkan timing belt putus sehingga komponen-komponen tertentu pada mesin mobil dapat rusak.


5. Bersihkan Filter Karburasi


Salah satu faktor penyebab mesin mobil terkadang susah dihidupkan antara lain adalah saringan filter karburasi mobil yang kotor. Membersihkan saringan filter karburasi ini tidaklah sulit cukup gunakan sikat gigi untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada saringan. Hindari penggunaan hairdryer atau compressor ketika membersihkan filter karburasi hal ini akan beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.


Cek Angin dan Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan

Cek Angin dan Ban Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan


6. Tekanan Ban Sesuai


Supaya mobil manual tetap nyaman dikendarai di jalanan, tekanan ban adalah hal mutlak yang harus diperhatikan. Usahakan mengisi tekanan udara yang pas untuk masing-masing ban. Jika ban terlalu keras, guncangan ketika melewati permukaan jalan yang tidak mulus akan cukup terasa. Sebaliknya, tekanan udara ban juga sebaiknya tidak terlalu kecil karena membuat ban cepat rusak. Selain itu juga akan membahayakan selama berkendara.


7. Cuci Mobil Secara Rutin


Perawatan mobil manual tidak hanya terpaku pada perawatan mesin dan komponen internal mobil. Eksterior mobil juga harus diperhatikan. Salah satu cara merawat bagian eksterior mobil yaitu mencucinya dengan rutin. Mobil yang dicuci dengan rutin akan lebih kinclong dan dipandang lebih terawat. Sahabat bisa menggunakan peralatan mencuci khusus mobil agar hasilnya lebih maksimal. Beberapa diantaranya yaitu selang cuci mobil, sampo khusus mobil, hingga cairan pengkilap bodi mobil.


Cuci Mobil Secara Rutin

Cuci Mobil Secara Rutin


Mobil yang telah lama digunakan akan terdapat kerusakan pada komponen tertentu. Namun tentu saja Sahabat harus tetap pastikan kondisi mobil kamu tetap harus dilakukan pengecekan secara rutin agar berkendara aman dan tidak membahayakan keselamatan kamu dan orang lainnya yang berada di jalan. Garasi.id selalu siap memberikan layanan jasa servis yang cocok untuk mobil kesayangan Sahabat. Pilih dan dapatkan potongan diskon harga hanya di www.Garasi.id. Informasi lengkap silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id.


Selalu pacu dengan bangga dan rawat mobil kesayanganmu Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 14 Jun 2023 | 12:07 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikotomotifcaramerawatmobilperawatanmobilservisberkalagantiolicucimobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family