Masalah AC Biar Gak Ganggu Perjalanan
Masalah AC Biar Gak Ganggu Perjalanan

Trik Jitu Hindari Masalah AC Mobil yang Ganggu Perjalananmu

01 Okt 2021 | 11:06 WIB

Di Negara tropis seperti Indonesia ini, pendingin udara dalam mobil menjadi salah satu komponen penting yang harus dirawat ya Sahabat Garasi. Sistem pendingin kendaraan mobil biasanya memiliki ketahanan yang lebih rendah dibandingkan dengan AC ruangan lainnya. 

AC pada Mobil

AC pada Mobil


Fungsi AC pada mobil adalah mengeluarkan udara panas di dalam mobil dan menghembuskan udara sejuk di dalamnya. Selain itu, AC mobil juga bisa membuat udara yang ada di dalam bisa terjaga kesterilannya dan tidak pengap. 

Namun, AC mobil juga tak selalu bekerja dengan baik. Hasilnya, mesin sering bergetar jika AC mobil digunakan. Mesin mobil bergetar ketika AC aktif bakal sangat mengganggu perjalanan. Laju kendaraan akan tersendat-sendat dan mesin bisa mati tiba-tiba.

Ini penyebab mesin mobil bergetar ketika AC menyala:

  1. Gangguan Sistem Idle Up

Sistem Idle Up merupakan mekanisme yang berfungsi untuk meningkatkan putaran mesin, ketika beban kelistrikan maupun beban mesin naik. Inilah yang membuat putaran mesin pada panel instrumen terlihat meninggi, saat AC dinyalakan.

Jika sistem Idle Up memiliki isu ketika beban kelistrikan bertambah, mesin mobil pun pada akhirnya kewalahan, kemudian bergetar dan mati. Performa kompresor AC pun jadi kurang maksimal.

Dalam kondisi darurat serta mendesak, problem tersebut bisa diatasi dengan mematikan AC. Namun, tentunya perjalanan kamu menjadi sangat tidak nyaman.

Segera cari waktu untuk mengecek sistem sensor dan aktuatornya. Ganti komponen-komponen tersebut kalau diperlukan.

  1. Rusaknya Bearing AC Mobil

Sumber masalah lain bisa pula pada bearing atau pulley AC yang rusak, sehingga membuat putaran kompresor AC tersendat-sendat. Ini kemudian menimbulkan getaran lebih pada mesin yang kamu rasakan dari dalam kabin.

Segeralah ke bengkel dan lakukan perbaikan pada bearing. Soalnya, jika terus dibiarkan, masalah bisa merembet sampai ke timing belt. Ongkos perbaikan yang mesti kamu bayar pada akhirnya malah makin membengkak.

  1. Masalah Sistem AC

Jika bukan bersumber dari dua poin di atas, berarti biang keladinya adalah sistem AC yang buntu. Umumnya, pemicu hal ini adalah frosting atau pembekuan freon pada saluran AC, sehingga alirannya terhambat.

Padahal, sistem Freon mesti mempunyai aliran jelas dan tidak boleh terhambat supaya dapat memberikan suhu dingin yang kamu rasakan dari AC. Kalau frosting terjadi, getaran mesin berlebih ketika AC menyala ibarat tinggal tunggu waktu. Pendinginan udara pada AC pun terganggu.

Bukan hanya itu saja yang menyebabkan gangguan pada AC mobil. Pengguna tidak sadar perilakunya sering menjadi penyebab utama dari kerusakan AC mobil. Beberapa diantaranya yaitu merokok, membuka jendela mobil terlalu lama, dan lain sebagainya. 

Untuk itu, kamu harus mengetahui cara merawat AC mobil agar perjalananmu semakin nyaman, berikut tipsnya:

  1. Tutup jendela mobil 

Ketika AC atau sistem pendingin mobil dinyalakan, pastikan untuk menutup jendela mobil agar debu dan polusi udara tidak mudah masuk. Selain itu, membuka jendela mobil terlalu lama juga menyebabkan kinerja mesin pendingin AC mobil menurun. 

Jangan Merokok di Mobil

Jangan Merokok di Mobil


  1. Jangan merokok di dalam mobil 

Cara kerja dari sistem pendingin mobil yaitu dengan menyerap suhu panas dan menghembuskan kembali suhu dingin ke dalam mobil. Sebisa mungkin hindari merokok agar nantinya sistem pendingin mobil kamu tak mudah rusak. 

  1. Panaskan mesin AC secara rutin

Ketika AC jarang digunakan, maka mesinnya tidak akan bisa bertahan lama. Untuk itulah, kamu diminta untuk menyempatkan diri memanaskan mesin AC secara rutin. Atau gunakan mesin walaupun sebentar ketika berkendara dengan mobil. 


Bersihkan Kabin

Bersihkan Kabin


  1. Bersihkan kabin mobil 

Menjaga kondisi AC mobil juga bisa dilakukan dengan cara membersihkan kabin mobil setiap harinya. Sehingga tidak ada kotoran yang bisa menghambat kinerja dari sistem pendingin mobil kamu. 

  1. Servis secara berkala

Berikutnya, pastikan mobil kamu melakukan perawatan servis secara berkala. Dengan bantuan dari pihak dealer, pastinya sistem pendingin mobil kamu bisa dirawat dengan baik. Garasi.id sebagai penyedia layanan jasa servis lengkap dan terpercaya, menyediakan layanan servis berkala untuk mobil dan ac sahabat Garasi, kunjungi website Garasi.id atau klik link ini.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 01 Okt 2021 | 11:06 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmasalahac