Mesin Diesel Butuh Perawatan Ekstra
Mesin Diesel Butuh Perawatan Ekstra

Trik Khusus Merawat Mobil Mesin Diesel

18 Sep 2023 | 20:36 WIB

Seiring berjalannya waktu, teknologi yang ada pada kendaraan mobil roda empat juga terus bertambah, tidak terkecuali pada mobil mesin diesel yang kini semakin diminati masyarakat. Meski demikian, mesin yang tenaganya dipercaya bisa menghasilkan torsi yang lebih besar ini juga memerlukan perawatan yang tepat agar bisa tahan lama.


Mesin mobil diesel menjadi favorit karena dikenal tangguh, bandel, dan minim perawatan. Meski mesin sering terdengar berisik, namun nyatanya mobil dengan mesin diesel tetap banyak digemari pecinta otomotif. 


Bagaimana Sahabat, mobil diesel kesayangan kamu sudah dilakukan perawatan belum? Agar mesin awet dan selalu dalam keadaan prima, perlu dilakukan beberapa langkah atau trik khusus. Karena jika salah dalam merawat, mobil diesel kesayangan kamu akan cepat rusak. Begini triknya!


Mobil Diesel Banyak Diminati

Mobil Diesel Banyak Diminati


1. Rutin Mengganti Oli Mesin


Oli mesin adalah darah bagi mobil diesel. Oli mesin berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, dan membersihkan komponen-komponen mesin dari kotoran dan karbon. Ganti oli mesin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan atau bengkel favorit Sahabat. Biasanya, oli mesin perlu diganti setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.


2. Ganti Filter Udara dan Filter Solar


Filter udara dan filter solar adalah komponen penting yang memastikan suplai udara dan bahan bakar yang bersih dan optimal ke dalam ruang bakar. Filter udara dan filter solar yang kotor atau tersumbat bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar yang boros, tenaga yang turun, dan emisi gas buang yang meningkat. Sahabat harus periksa filter udara dan filter solar secara berkala dan ganti jika sudah kotor atau rusak.


Lakukan Penggantian Oli Secara Berkala

Lakukan Penggantian Oli Secara Berkala


3. Bersihkan Tangki Bahan Bakar


Tangki bahan bakar mobil diesel seringkali mengandung endapan kotoran, air, atau bakteri yang bisa merusak sistem bahan bakar dan injektor. Sahabat bisa bersihkan tangki bahan bakar setidaknya setahun sekali dengan cara menguras isi tangki dan menyemprotkan cairan pembersih khusus. Hal ini bisa membantu mencegah kerusakan pada pompa bahan bakar, filter solar, dan injektor.


Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai

Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai


4. Gunakan BBM Berkualitas


Selain hal diatas, trik lainnya dalam merawat mobil diesel adalah selalu menggunakan bahan bakar berkualitas. Pastikan Sahabat selalu menggunakan BBM berkualitas baik agar performa mesin tetap terjaga. Tanpa alasan, mesin diesel membutuhkan kandungan cetane (CN) yang tinggi, terutama mesin keluaran baru. Bahan bakar dengan kualitas rendah nantinya dapat mengurangi performa mesin dalam waktu lama.


Pasalnya kandungan solar dengan cetane rendah bisa merusak injektor dan membuat pembakaran menjadi tidak sempurna. Sebab kandungan solar berkualitas rendah biasanya mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sebaliknya, solar berkualitas bagus biasanya memiliki kandungan sulfur yang jauh lebih rendah.


Perhatikan Efektivitas Bahan Bakar

Perhatikan Efektivitas Bahan Bakar


Sebagai gambaran, solar bersubsidi menjadi jenis BBM paling rendah dengan CN 48 dan sulfur 3.500 part per million (ppm).  Sedangkan solar yang non subsidi memiliki nilai CN 51 dan kandungan sulfur minimal 1.200 ppm. Solar yang lebih baik lagi memiliki nilai CN 53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.


5. Selalu Panaskan Mobil


Sebaiknya Sahabat panaskan mesin mobil sebelum melakukan perjalanan selama 10-15 menit agar oli mesin bisa bersirkulasi dan melumasi seluruh komponen internal mesin dengan sempurna. Selain itu memanaskan mesin diesel juga dapat memperpanjang umur mesin tersebut. Sebab, karakter mesin bensin dengan diesel cukup berbeda dan butuh perlakuan khusus. Maka dari itu, penting sekali memanaskan mesin diesel sebelum bepergian. 


Lakukan Perawatan Berkala di Bengkel

Lakukan Perawatan Berkala di Bengkel


6. Tune Up Secara Rutin


Tune up adalah proses penyetelan ulang sistem pengapian, sistem bahan bakar, dan sistem pendinginan untuk mendapatkan performa mesin yang optimal. Tune up bisa membantu mengatasi masalah seperti mesin brebet, mesin susah hidup, mesin mati mendadak, atau asap hitam keluar dari knalpot. Lakukan tune up secara rutin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan atau bengkel favorit Sahabat.


Setelah Sahabat mengetahui trik khusus merawat mobil diesel, diharapkan kamu bisa lebih paham untuk menjaga kondisi mesin agar tetap prima. Jika sudah kamu terapkan, bisa dipastikan mesin mobil diesel kesayangan kamu akan lebih terjaga dan performanya tetap terjaga.


Trik Khusus Merawat Mobil Mesin Diesel


Selain perawatan mobil diesel, penting juga untuk untuk melakukan servis berkala. Sahabat bisa cek www.Garasi.id dan nikmati promo September Petir Promo Melintir berikan diskon hingga 250ribu. Pilih bengkel terpercaya sesuai daerah kamu untuk dilakukan pengecekan dan perawatan rutin. Informasi lengkap silahkan hubungi di Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 18 Sep 2023 | 22:51 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobildieselbensinsolarolimesinservisberkalaperawatandieselmesindiesel
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family