Velg Mobil
Velg

Trik Membuat Mobil Lebih Ceper Tapi Tetap Nyaman

15 Agt 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN

Memodifikasi pada bagian kaki-kaki menjadi lebih pendek (ceper) sebenarnya sudah sering dilakukan oleh para penggemar otomotif khususnya kalangan muda. Memang untuk tampilan, memodifikasi mobil hingga terlihat ceper bisa membuat mobil semakin keren untuk dilihat. Banyak cara yang bisa membuat mobil terlihat lebih ceper, mulai dari yang rela melakukan potong memotong per dan shock absorber original ataupun aftermarket sampai mengaplikasikan lowering kit suspension yang hanya tinggal plug and play. Namun, tahukah kamu Sahabat, banyak faktor yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan sebelum menerapkan modifikasi bergaya ceper pada mobil kamu. 

Trik Membuat Mobil Lebih Ceper Tapi Tetap Nyaman

Perlu kamu ketahui bahwa kelebihan dari memodifikasi suspensi menjadi lebih ceper dapat meningkatkan performa penampilan dan menjadi solusi jitu untuk mengatasi suspensi yang limbung. Namun dibalik kelebihan itu, ada juga efek negatifnya yaitu kamu akan merasakan bantingan suspensi mobil yang lebih keras dari sebelumnya, apalagi jika kamu sering melintasi jalanan yang tidak rata atau rusak.

Trik Membuat Mobil Lebih Ceper Tapi Tetap Nyaman

Baca juga: Ganti velg racing usai lebaran pilih budget yang sesuai


Selain itu, kamu harus mempertimbangkan faktor apakah mobilnya digunakan untuk keperluan kontes atau mobil kamu digunakan sehari-hari. Jika mobil Sahabat hanya untuk keperluan kontes, tidak masalah jika kamu memodifikasi bergaya ceper. Namun untuk mobil yang digunakan sehari-hari penerapannya harus tetap memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan untuk berkendara sehari-hari di jalan raya.

  • Untuk kamu nih Sahabat muda yang ingin memodifikasi mobilnya lebih ceper untuk mobil sehari-harinya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan mobil ceper tapi tetap nyaman dan aman untuk digunakan sehari-hari,  meskipun dengan cara melakukan potong memotong per dan shock absorber, berikut tips-nya :
  • Sebelum memotong per, perhatikan juga segi kualitas per itu sendiri dan harus mengenali karakteristik mobil yang akan dipasangkan per tersebut agar kenyamanan dalam berkendara tidak sepenuhnya hilang, karena bengkel khusus belum tentu mengetahui karakter mobil yang bersangkutan.
  • Jangan memotong per terlalu pendek jika untuk mobil sehari-hari, demi menjaga kenyamanan maksimal per cukup turun 5 cm untuk depan maupun belakang agar masih ada jarak ayun / main per.
  • Jangan asal ingin potong per, perhatikan bahan, jenis, kerenggangan ulir dan tebal diameter dari per itu sendiri. Karena tidak semua per baik dan mudah untuk dipotong.
  • Setelah melakukan potong per, tinggi shock dan per sebaiknya harus sama, kalau lebih tinggi shock nya pasti tidak akan nyaman, jika hal ini terjadi maka sebaiknya tabung oli shock harus dipotong dan dibuatkan ulir baru hingga seperti keadaan original.
  • Setelah semua selesai, pastikan dudukan mounting shock absorber kembali terpasang kuat dan tidak goyang pada kaki-kaki mobil.

Menerapkan konsep memodifikasi mobil ceper untuk harian sebaiknya juga harus diikuti oleh up size velg, velg ukuran standar sebaiknya diganti dengan velg yang berukuran 2 tingkat diatasnya, misalnya saja dari ukuran 15 naik menjadi 17.

Foto: Garasi.id



Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 15 Agt 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN