Komponen Mobil Yang Wajib Dicek Usai Mudik
Komponen Mobil Yang Wajib Dicek Usai Mudik

Usai Gunakan Mobil Untuk Mudik, Cek Kondisi Komponen Ini

10 Mei 2023 | 13:34 WIB

Bagi Sahabat yang menggunakan kendaraan mobil sebagai alat transportasi mudik saat Lebaran kemarin, sebaiknya mengecek beberapa komponen sebelum mobil kesayangan digunakan kembali untuk mobilitas harian. Setidaknya ada beberapa komponen mobil yang perlu kembali diperiksa usai dipakai untuk mudik, agar performa kendaraan bisa tetap prima.


Perjalanan yang jauh serta penggunaan mobil yang cukup berat selama dipakai mudik, tentunya akan berdampak pada beberapa komponen yang ada di mobil. Apalagi kondisi dan situasi jalan cukup beragam, dan beban yang diangkut menggunakan mobil saat mudik bisa lebih berat dari biasanya.


Bawa Mobil Ke Bengkel Untuk Pengecekan Secara Menyeluruh

Bawa Mobil Ke Bengkel Untuk Pengecekan Secara Menyeluruh


Lalu, apa saja komponen mobil yang perlu diperiksa usai digunakan untuk mudik? berikut beberapa komponen mobil yang sebaiknya kembali diperiksa untuk menjaga kondisi kendaraan tetap nyaman usai digunakan selama perjalanan mudik.


  1. Ban Mobil

Pertama-tama, periksa kondisi ban mobil, karena perjalanan mudik dengan berbagai kondisi jalan yang ditemui serta muatan mobil yang maksimal membuat ban bekerja lebih ekstra.


Pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban, bersihkan kerikil yang menempel, dan perhatikan tanda keausan ban. Jika sudah tidak layak, segera ganti ban. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.


  1. Bersihkan Kondisi Bawah Mobil

Kemudian, bersihkan kolong mobil dari kotoran dan periksa komponennya, termasuk shock absorber, karet penyangga, dan selang rem. Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kampas rem cakram dan dinding tromol rem.


Ketahui Kelayakan Fungsi Dari Masing-Masing Komponen

Ketahui Kelayakan Fungsi Dari Masing-Masing Komponen


  1. Periksa Oli Mesin

Pastikan juga oli mesin tidak kurang, dan tidak ada perubahan warna yang menandakan adanya masalah, seperti warna coklat susu yang menunjukkan pelumas bercampur air. Periksa pula kondisi minyak rem. Volume minyak rem tidak boleh berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya.


  1. Isi Air Radiator

Pastikan air radiator penuh dan periksa apakah ada kebocoran pada selang dan rumah radiator. Selain itu, periksa juga cairan kendaraan lainnya, seperti minyak kopling, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, dan minyak power steering hidrolis. Pastikan volumenya tidak berkurang dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.


  1. Cek Indikator Panel

Selanjutnya, periksa indikator pada panel instrumen mobil. Cukup memutar kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen. Jika tidak ada masalah, lanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdengar. Apabila ditemukan suara aneh, sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel.


Rawat Mobil Kesayangan Agar Kembali Prima

Rawat Mobil Kesayangan Agar Kembali Prima


  1. Bersihkan Kabin Mobil

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan kabin mobil. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran. Keluarkan karpet dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.


Dengan melakukan pemeriksaan terhadap semua komponen mobil, kendaraan Sahabat akan tetap nyaman dan aman digunakan setelah perjalanan mudik. Selain itu hal ini dilakukan agar kendaraan tetap sehat dan siap menunjang aktivitas harian. Sahabat bisa konsultasikan dengan tim Clara dari Garasi.id yang akan memberikan solusi bengkel terbaik untuk mobil kesayangan. Pilih jasa servis sesuai kebutuhan mobil kesayangan kamu hanya di www.Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 10 Mei 2023 | 13:57 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifusaimudikbanmobilkolongmobilolimesinairradiatorindikatorpanelkabinmobilperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family