Segera Lakukan Perawatan AC Mobil
Segera Lakukan Perawatan AC Mobil

Waduh, AC Mobil Bermasalah? Begini Cara Mendeteksinya

18 Agt 2023 | 20:06 WIB

Air Conditioner atau AC pada mobil Sahabat adalah salah satu komponen yang penting ketika berkendara di saat siang hari. Fungsi AC bukan hanya sebagai pendingin kabin mobil, tapi untuk kesehatan kamu dan penumpang. Tapi bagi sebagian pengendara lain hal ini sering terlupakan, bahkan disepelekan perawatannya.


Jadi AC mobil harus selalu diperhatikan ya Sahabat, karena jika tidak besar kemungkinan bisa menimbulkan masalah pada mesin mobil, bahkan bisa menimbulkan masalah pada saluran pernapasan yang diakibatkan karena tidak bersihnya AC mobil.


Waspada Bau Udara Dari AC Tidak Sedap

Waspada Bau Udara Dari AC Tidak Sedap


Sebagaimana mesin mobil, AC juga bisa saja mengalami masalah atau bahkan kerusakan. Jika bau AC mobil Sahabat tidak sedap, bengkel akan melakukan pemeriksaan kerusakan dan pergantian komponen dengan biaya perbaikan yang bisa menguras isi rekeningmu.


Oleh karena itu, Sahabat harus bisa mendeteksi segala penyebab terjadinya kerusakan tersebut selain melakukan perawatan rutin. Ini wajib dilakukan jika ingin AC mobil berumur panjang dan berfungsi sebagaimana mestinya.


Nah Sahabat, bagaimana cara mendeteksi tanda-tanda AC mobil kesayangan kamu sedang mengalami masalah? Simak berikut ini.


Gunakan AC Mobil Dengan Baik

Gunakan AC Mobil Dengan Baik


1. Gunakan Indra Penciuman

Langkah pengecekan ini terbilang cukup sederhana. Cobalah Sahabat menyalakan AC sesaat setelah mesin mobil dipanaskan. Dekatkan hidung ke AC. Jika mencium bau tidak sedap, berarti ada masalah dalam mesin pendingin udara tersebut. Bukan berarti AC mengalami kerusakan, hanya saja pada bagian evaporator atau salurannya ada kotoran atau bakteri yang bersarang di sana.


Disarankan Sahabat agar membersihkan evaporator secara rutin selama 3-6 bulan. Cara mudah mencegah komponen evaporator kotor adalah selalu menjaga kebersihan kabin dan tidak membuang sampah sembarangan. Boleh juga memasang filter kabin agar kotoran nggak masuk tersedot blower.


Lakukan Perawatan Komponen AC Mobil Secara Berkala

Lakukan Perawatan Komponen AC Mobil Secara Berkala


2. Periksa Kondisi Selang AC

Cara cek kualitas AC mobil berikutnya adalah membuka kap mesin dan periksa kondisi selang AC. Jika ditemukan selang AC berair, dapat dikatakan bahwa kondisi AC masih bagus. Bisa juga dengan memegang selang tersebut, dingin atau tidak. Jika selang terasa dingin saat dipegang, berarti AC dalam kondisi bagus.


3. Cek Angin dari Kisi-Kisi AC

Pada langkah pengecekan ini, nyalakan AC pada posisi paling kencang. Jika aliran udara dingin yang keluar terasa kencang, filter AC dalam keadaan baik. Namun, jika terasa ada yang menghalangi, periksalah bagian filter atau evaporator AC tersebut. Bisa saja ada sumbatan kotoran di sana. Nah, jika kondisi AC mobil Sahabat sudah tidak dingin dan terasa bau tidak sedap maka segeralah untuk melakukan pengecekan pada freon ke bengkel mobil spesialis AC mobil.


Servis AC Mobil Hanya di Bengkel Spesialis AC

Servis AC Mobil Hanya di Bengkel Spesialis AC


4. Deteksi Perputaran Kipas AC

Kuat dan lemahnya kipas AC yang berputar juga dapat dijadikan sebagai deteksi awal adanya masalah pada AC mobil. Oleh karena itu, segera bawa mobil ke bengkel pilihan Sahabat guna mendapatkan penanganan yang tepat.


5. Kompresor AC Mobil

Terkadang, Sahabat sebagai pemilik mobil, tidak bisa merasakan kebocoran yang terjadi pada sistem AC. Biasanya kamu baru menyadari ketika pelumasnya habis dan membuat kompresor tidak bekerja. Cara mengeceknya adalah dengan memeriksa sambungan-sambungan selang AC di ruang mesin. Jika ada noda oli di sekitarnya, dapat dipastikan selang kompresor mengalami kebocoran.


Isi Freon AC Jika Mulai Habis

Isi Freon AC Jika Mulai Habis


Sebagai upaya pencegahan, Sahabat bisa lakukan penggantian setelah kendaraan menempuh jarak 20.000 kilometer. Jika belum mencapai 20.000 kilometer tapi oli sudah banyak berkurang, segeralah ganti saluran oli, karena bisa saja terjadi kebocoran.


6. Refrigerant (Freon AC)

Cara memeriksa AC mobil yang bisa Sahabat lakukan berikutnya adalah cek lubang kaca kecil yang ada di dekat kompresor AC. Freon yang dalam kondisi bening menunjukkan masih penuh. Namun, jika ada busa putih pada kaca, freon sudah berkurang. Sementara, kaca freon yang tampak bening menunjukkan gas freon sudah habis. Penandanya, AC sama sekali nggak terasa dingin meski ada hembusan angin.


Bagaimana, sudahkah Sahabat memahami cara cek kualitas dan perawatan AC mobil? Pastikan kamu menerapkan dengan benar sehingga AC mobil berfungsi optimal. Pastikan kamu memiliki kemampuan dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pengecekan ini.


Waduh, AC Mobil Bermasalah? Begini Cara Mendeteksinya


Jika tidak memilikinya, lebih baik Sahabat mengunjungi www.Garasi.id yang menyediakan layanan jasa servis AC sesuai kebutuhan mobil kesayangan kamu dengan kualitas terbaik. Pilih bengkel spesialis AC yang terpercaya untuk melakukan pengecekan AC mobil dengan benar.


Garasi.id bekerjasama dengan Rotary Auto berikan Perawatan AC Hemat dengan harga 178Ribu untuk layanan evaporator maintenance, kondensor maintenance blower maintenance dan sterilisasi atomizer. Kamu juga bisa nikmati promo paket AC mobil segerr biar kabin mobil makin dingin.


Waduh! AC Mobil Bermasalah? Begini Cara Mendeteksinya

Sahabat juga bisa bisa nikmati promo pilihan terbaik lainnya yang berikan diskon 70% untuk layanan jasa servis yang cocok buat mobil kesayangan kamu disini.



Promo ini berlaku dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Informasi lengkap silahkan Sahabat hubungi tim Clara dari Garasi.id. Selamat merawat AC mobil kesayangan Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 25 Agt 2023 | 12:44 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilacmobilfreonackompresoracsolusipuasberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family