Segera Lakukan Perbaikan Jika Rem Mobil Rusak
Segera Lakukan Perbaikan Jika Rem Mobil Rusak

Wajib Tahu, Gejala Booster Rem Mobil Rusak!

04 Okt 2023 | 23:54 WIB

Sahabat pasti menyadari, mobil kesayangan kamu adalah salah satu aset penting. Tentu, hal ini harus dibarengi dengan kesadaran untuk melakukan perawatan sehingga tidak menimbulkan mobil itu tidak awet karena adanya kerusakan, salah satunya pada bagian sistem pengereman yaitu booster rem mobil yang rusak.


Nah, perlu Sahabat ketahui booster rem adalah komponen tambahan di sistem pengereman pada mobil. Semua mobil pabrikan yang beredar di pasaran sekarang, hampir seluruhnya memiliki booster rem di dalamnya.


Servis Kaki-Kaki Mobil Secara Berkala

Servis Rem Mobil Mobil Secara Berkala


Dengan adanya booster rem ini, Sahabat tidak perlu lagi harus menginjak rem sekuat dan sedalam mungkin. Dengan begitu, komponen ini berfungsi untuk membantu memberikan keringanan pada pengemudi saat menginjak rem.


Ketika booster rem mobil mengalami kerusakan, maka yang terjadi adalah sebaliknya. Mulai dari kerasnya pedal rem yang diinjak sampai dengan kurang pakemnya rem tersebut yang sering disebut sebagai rem blong. Jika hal ini terjadi, kecelakaan seperti tabrakan beruntun bisa saja terjadi.


Perhatikan Kerusakan Rem Mobil

Perhatikan Kerusakan Rem Mobil


Oleh karena itu Sahabat, ada beberapa gejala-gejala yang ditunjukkan dari apa yang terjadi saat kamu mengoperasikan rem pada mobil. Apa saja gejalanya? kamu bisa simak beberapa dibawah ini.


  • Pedal Rem Menjadi Keras

Menjadi salah satu gejala yang paling umum dan banyak diketahui, ketika booster rem mobil rusak, pedal rem akan menjadi keras sehingga susah untuk diinjak. Efek dari gejala ini adalah tekanan oli pada master rem berkurang bahkan tidak ada sama sekali sehingga rem pun lama-kelamaan akan menjadi blong.


  • Mesin Mobil Tidak Stabil

Ketika booster rem mobil mengalami kerusakan berupa kebocoran, maka intake manifoldnya pun akan mengalami kebocoran. Hal ini menimbulkan selang kevakuman tidak bekerja maksimal sehingga mesin mobil akhirnya menjadi susah untuk bisa stabil.


Lakukan Perawatan Pada Sistem Rem Mobil

Lakukan Perawatan Pada Sistem Rem Mobil


  • Suara Desis Saat Rem Digunakan

Salah satu gejala booster rem mobil rusak adalah adanya suara desis saat rem digunakan. Gejala ini umumnya terjadi saat selang kevakuman mengalami kebocoran sehingga ada udara yang keluar dari selang tersebut. 


Dari berbagai gejala-gejala yang sudah dijelaskan di atas menandakan booster rem pada mobil menjadi rusak, semuanya itu adalah yang paling umum dan sering terjadi. Saat hal itu terjadi, setidaknya Sahabat sudah mengetahui dan bukan berarti menjadi tidak waspada dengan hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.


Wajib Tahu, Gejala Booster Rem Mobil Rusak!


Oleh karena itu Sahabat, pastikan untuk membawa mobil kesayangan kamu ke bengkel terbaik hanya di Garasi.id. Kamu bisa pilih partner bengkel yang sudah terjamin kualitas dan pelayanannya. Layanan jasa servis rem mobil adalah solusi untuk mengatasi rem yang bermasalah dan perawatan sistem pengereman mobil.


Langsung jadwalkan servis mobil kesayangan Sahabat dengan mengunjungi e-commerce terpercaya www.Garasi.id. Jika kamu mengalami kendala, tim customer servis Clara dari Garasi.id siap membantu.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Okt 2023 | 00:37 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikremmobilboosterrempedalremremrusakservisremservisberkalaperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family