Merawat Mobil Tua, Rutin Dikendarai
Merawat Mobil Tua, Rutin Dikendarai

Walaupun Mobil Tua, Jangan Lupa Dirawat Agar Tidak Menua!

28 Jun 2023 | 10:00 WIB

Jika Sahabat penggemar mobil tua, tidak salah jika memutuskan tetap menggunakan kendaraan lama ketimbang gonta-ganti mobil baru karena berbagai alasan. Terlebih lagi jika kendaraan kamu tersebut sebagai hobi maupun investasi serta memiliki kenangan tersendiri yang sulit digantikan.


Walaupun banyak yang beranggapan mobil tua kerap mogok, sebenarnya argumen tersebut dapat dipatahkan dengan mudah. Artinya, mobil tua juga bisa kok dijadikan kendaraan harian yang tak kalah dengan mobil baru. Untuk itu penting sekali merawat mobil tua agar performanya tetap terjaga.


Walaupun Mobil Tua, Jangan Lupa Dirawat Agar Tidak Menua!

Memelihara Mobil Tua Sebagai Hobi Maupun Investasi


Supaya Sahabat tidak bingung, kamu harus perhatikan hal-hal dibawah ini saat merawat mobil tua agar tidak kalah memikat dibandingkan mobil-mobil baru yang beredar di jalan raya.


1. Servis Berkala

Sama seperti kendaraan lainnya, mobil tua juga harus diservis berkala. Sebisa mungkin Sahabat mengganti oli-oli yang ada di mobil secara rutin. Seperti oli transmisi, oli gardan, dan minyak rem. Kamu bisa konsultasikan dengan mekanik dan menggunakan oli sesuai anjuran bengkel. 


Biasanya mekanik menyarankan mobil yang sudah berumur menggunakan oli mesin dengan viskositas kental agar tidak merusak mesin dan ruang bakar. Tujuan dari mengganti oli secara berkala dan tepat waktu untuk menjaga performa mobil tua kamu tetap terjaga.


2. Tune Up

Tune up adalah proses dimana mesin mobil Sahabat akan dirawat secara menyeluruh, mulai dari pengecekan, penyetelan, perbaikan, hingga pergantian komponen bila perlu. Untuk mengantisipasi kerusakan berat pada mesin mobil yang tentu akan memakan biaya lebih besar, lakukan tune up secara berkala di bengkel yang terpercaya.


Merawat Mobil Tua, Jangan Malas Ganti Oli

Merawat Mobil Tua Harus Rutin Ganti Oli Mobil


3. Cek Komponen Mobil

Bertambahnya usia mobil membuat komponen penunjang seperti kabel, ring, dan karet penyangga rentan menjadi berkarat, getas, bahkan rusak. Pastikan kondisi komponen tersebut baik dan sesuai dengan standar. Jika tidak, dapat menyebabkan terganggunya fungsi kendaraan seperti mobil tidak bisa dinyalakan, atau bahkan memicu kebakaran karena korsleting dari kabel yang terbuka.


Selain itu bertujuan agar kondisi mobil tersebut tetap terjaga dan bisa tetap nyaman dipakai. Biasanya komponen yang diganti pun umumnya memang komponen yang rusak akibat usia pakai dan masuk dalam kategori wajar.


4. Perhatikan Kaki-Kaki mobil

Ini penting Sahabat, mobil yang semakin tua tentu semakin perlu dirawat. Terutama kaki-kaki mobil yang terdiri dari berbagai komponen penting yang menopang badan sekaligus menjalankan fungsi gerak, yaitu ban mobil, suspensi, tie rod, ball joint, bushing dan bearing atau laher.


Mintalah mekanik untuk cek kondisi kaki-kaki mobil saat servis berkala. Jangan lupa juga cek tekanan angin ban paling tidak sebulan sekali. Selain itu, lakukan spooring dan balancing agar berkendara tetap aman dan nyaman.


Bergabung Dalam Komunitas Dapat Menambah Wawasan Baru

Bergabung Dalam Komunitas Dapat Menambah Wawasan Baru


5. Body Repair

Kunjungi bengkel perbaikan bodi kendaraan, karena mobil tua memiliki cat kusam atau terdapat baret dan penyok. Sahabat jangan ragu untuk membawa mobil ke bengkel agar segera ditangani. Bengkel yang khusus menangani interior juga bisa dijadikan alternatif apabila kabin sudah mulai kusam dan membosankan.


6. Bergabung Dalam Komunitas

Sahabat bisa bergabung dalam komunitas otomotif. Forum ini biasanya dijadikan sarana pemilik mobil tua untuk saling bertukar pikiran, baik tentang suku cadang, modifikasi maupun rekomendasi bengkel yang biasa menangani mobil-mobil tua. Selain itu akan mendapat banyak masukan dari segi style, aksesoris, builder atau modifikator, dan lain-lain.


Perlu diingat Sahabat, bahwa perawatan mobil tua yang tepat dapat menguntungkan. Mobil yang tua akan memiliki nilai lebih saat dijual kembali, bahkan ada kebanggaan tersendiri saat mobil tua kamu terlihat lebih menarik ketimbang mobil keluaran terbaru.


Walaupun Mobil Tua, Jangan Lupa Dirawat Agar Tidak Menua!


Untuk itu, demi memudahkan Sahabat dalam melakukan servis dan perawatan rutin mobil tua. Kamu dapat melakukan booking servis di www.Garasi.id secara online. Nikmati Promo Payday dari Bengkel Bos berikan diskon hingga 15% untuk layanan jasa engine scanning servis, jasa kurang tangki, tune up, servis rem 4 roda, spooring balancing dan cuci mobil. Promo berlaku hingga 5 Juli 2023. Untuk syarat dan ketentuan yang berlaku Sahabat bisa hubungi Tim Customer servis Clara dari Garasi.id.


Ini bukan tentang mobil tua yang kamu kendarai, Ini tentang caramu merawatnya. Selamat servis mobil tua Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 30 Jun 2023 | 11:09 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalagantiolispooringbodyrepairsolusipuasperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family