Warna Mobil
Warna mobil jadi favorit

Warna Mobil Bisa Mencerminkan Banyak Hal Lho

21 Jun 2020 | 12:00 WIB

Warna merupakan salah satu faktor penting sebelum orang membeli mobil. Pastinya ada kebanggan tersendiri saat kita mengendarai kendaraan dengan warna mobil yang kita sukai. Tapi rupanya pemilihan warna saat membeli mobil juga mencerminkan kepribadian kita lho!

Dalam sebuah buku berjudul 'The Beginner Guide to Colour Psychology' karya Angela Wright setiap warna memiliki kepribadiannya sendiri. Beda warna mobil maka berbeda juga kepribadian yang dimiliki setiap orang. 

"Tipe-tipe kepribadian seseorang tentu memiliki hubungan dengan warna tertentu. Itulah yang mempengaruhi seseorang saat akan membeli mobil," tutur Angela dikutip Starts At 60,yang dilansir dari laman DetikoTo, beberapa waktu lalu. 

Warna Mobil Bisa Mencerminkan Banyak Hal Lho

Kalau Sahabat memilih warna mobil putih itu bisa berarti kalau Sahabat menyukai kedamaian. Biasanya mereka yang menyukai warna mobil putih pikirannya terbuka, optimis, dan penuh harapan. Mobil berwarna putih juga kadang dipilih untuk menandakan suatu permulaan. 

Sebaliknya, kalau Sahabat memilih warna mobil hitam kepribadian yang tergambar adalah mereka kebanyakan berasal dari kalangan profesional berkarakter stabil, kuat, dan dapat diandalkan. Memang warna ini biasa dipilih oleh kalangan tertentu. 

Warna mobil biru biasa dipilih oleh mereka yang memiliki karakter kalem dan tenang. Sementara warna merah melambangkan energi besar dan penuh hasrat. 

Warna mobil merah ini juga biasa dipilih oleh mereka yang suka mencari perhatian. Bahkan terkadang warna mobil merah juga simbol bagi mereka yang berkepribadian keras. 

Berbeda lagi dengan warna mobil pink. Pemilik mobil berwarna pink biasanya romantis, penuh harapan, sensitif, dan menyenangkan. Sementara kalau mobil Sahabat berwarna hijau karakteristik yang diwakili adalah murah hati dan protektif. 

Mereka yang berprofesi sebagai seniman biasanya memilih warna mobil kuning karena mewakili kreativitasnya. 

Hobi berpetualang, mandiri, antusias terhadap segala hal biasanya memilih mobil dengan warna mobil oranye karena melambangkan kepribadiannya. 

Nah Sahabat ada yang mengecat mobilnya dengan warna ungu? Bisa jadi karakter Sahabat adalah seseorang yang protektif, ambisius, dan individualistis. 

Karakter bijaksana, cerdas, dan berwawasan luas biasanya memilih warna mobil abu-abu. Lain lagi dengan Sahabat yang memiliki mobil warna cokelat. Sesuai dengan warnanya, cokelat mewakili karakter pereka yang karismatik dan percaya diri itu kalau mobil berwarna cokelat muda. 

Sementara cokelat tua menggambarkan seseorang yang sangat mendukung orang lain, rendah diri, dan bisa menghibur. 

"Pilihan warna mobil kamu adalah ekspresi gaya hidup namun menunjukan kepribadian yang berbeda-beda," tutur Direktur Desain GM dan Holden Australia Richard Ferlazzo. 

Nah kalau warna mobil Sahabat yang mana? atau Sahabat mau cari warna mobil sesuai kepribadian Sahabat bisa di Garasi.id. Tetapi perlu diketahui Sahabat, selain warna mobil tertentu bisa menjadi cermin kepribadianmu. Ada juga beberapa warna tertentu itu merupakan warna fovorit burung buang kotoran. 

Warna mobil yang jadi favorit burung buang kotoran

Suka bikin jengkel memang ketika kita sudah mencuci mobil kesayangan sampai kinclong, lalu tanpa rasa bersalah burung-burung liar yang beterbangan, menjadikan mobil Sahabat Garasi sebagai lahan strategis untuk melepaskan kotoranya. Halfords, perusahaan perawatan mobil di Inggris, menganalisa secara khusus perilaku burung di beberapa wilayah, dan temuannya bisa jadi perhatian pemilik mobil.

Warna Mobil Bisa Mencerminkan Banyak Hal Lho

Lembaga tersebut melakukan survei terhadap 1.140 unit mobil di Brighton, Glasgow, Leeds, Manchester, dan Bristol untuk mengetahui, warna mobil mencolok yang kerap jadi sasaran tembak burung saat buang kotoran. Berdasarkan penelitian, burung paling sering buang air besar di atas warna mobil merah (18 persen), warna mobil biru (14 persen), warna mobil hitam (11 persen), warna mobil putih (7 persen), warna mobil silver (3 persen) dan mobil warna hijau (1 persen).

Tidak hanya itu Sahabat Garasi, survei tersebut juga menganalisa respons pemilik kendaraan. Para responden dimintai keterangan seberapa cepat mereka membersihkan kotoran burung yang menempel di atas mobilnya. Hasilnya, hanya 17 persen atau satu dari enam orang yang langsung membersihkan waktu melihat ada kotoran.

Meski sepele, perusahaan asuransi di inggris menyatakan bahwa kerusakan cat mobil karena kotoran burung menimbulkan kerugian secara total mencapai 89,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 1 triliun lebih per tahun untuk perbaikan.

"Riset ini menunjukkan sesuatu yang serius dan dihadapi setiap pemilik yang mengalami kerusakan cat dan menyebabkan nilai jual kendaraan jadi turun. Untuk menghindari kerusakan, kotoran harus dibersihkan secepat mungkin dengan hati-hati dan jangan menunggu," jelas David Howells, ahli pembersih mobil dari Halfords yang dilansir autoblog.com.

Kandungan Kotoran Burung

Kotoran burung mengandung kadar asam yang sangat tinggi dan dapat membekas di permukaan cat apabila didiamkan terlalu lama, apalagi dalam keadaan panas seperti di Jakarta.

Disaat cuaca panas, clear coat akan melembek dan jika ada zat asam yang menempel akan mempermudah zat asam itu untuk menyerap kedalam permukaan cat. Kotoran burung yang tidak dapat dihilangkan dengan air itu berarti sudah menyerap kedalam clear coat, yang biasa disebut FLECKING.

Kotoran burung juga mengandung zat yang sangat abrasive karena burung mengkonsumsi mangsa (berikut tulangnya), batu kerikil dan pasir, begitu mereka mencerna makanannya, kotoran mereka jadi mengandung zat yang sangat abrasive itu. Kamu juga bisa membaca Mobil Berkarat ? Ini 11 Cara Ampuh Menghilangkannya

Bahaya Kotoran Burung Pada Cat Mobil

Membiarkan kendaraan dalam kondisi kotor ternyata akan sangat merugikan. Selain kotoran tersebut membandel, risiko cat memudar pun dapat terjadi. Biasanya kotoran seperti getah pohon, aspal jalan dan kotoran hewan seperti burung akan menempel ketika Sahabat berkendara atau parkir di luar ruangan.

Kotoran ini mengandung senyawa yang ternyata mempengaruhi cat pada bodi kendaraan. Dampaknya cat mobil akan muncul bercak-bercak dan warna memudar pada bagian tertentu.

Oleh karena itu, segera bersihkan kotoran tersebut sebelum mengeras atau menempel permanen pada bodi. Bilas menggunakan air dan sabun khusus mobil. Jangan lupa untuk memoles agar kotoran yang menempel seluruh terangkat. Untuk poles bisa dilakukan sebulan sekali, guna memberikan lapisan untuk melindungi cat dari kotoran.

Apabila kotoran terlanjur dibiarkan terlalu lama menempel, sebaiknya segera bersihkan dengan air panas dan sabun. Apabila kotoran masih membandel, gunakan air yang dicampur baking soda atau menggunakan cairan pembersih khusus yang tidak terlalu keras komposisinya.

Selain itu, untuk meminimalisir terkena kotoran tersebut, sebaiknya parkirkan kendaraan jauh dari pohon atau tempat burung bertengger. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.

Nah gimana Sahabat Garasi? Semoga warna mobil kesayanganmu, tidak termasuk pilihan favorit si burung buang kotoran ya. Namun bila mobil warna favorit si burung, Sahabat bisa cari tempat parkir yang lebih aman dari burung-burung.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 21 Jun 2020 | 12:00 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsotomotifgarasiidsolusipuaspilihanwarnamobil