Pahami Betul Cara Mengendarai Mobil Matik Yang Benar
Pahami Betul Cara Mengendarai Mobil Matik Yang Benar

Waspada! 5 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic Kamu

28 Feb 2022 | 19:38 WIB

Saat ini, Sahabat Garasi mungkin lebih tertarik membeli mobil bertransmisi matic ketimbang manual. Apalagi, jika Sahabat Garasi tinggal di kota-kota besar yang memiliki tingkat kemacetan yang tinggi.

Pengemudi mobil tidak perlu menahan kopling seperti pada mobil manual pada saat terjadi kemacetan. Walaupun lebih mudah dan nyaman untuk dioperasikan, kerusakan pada transmisi mobil matic akan berakibat fatal bila diabaikan.

Apabila transmisi matic mobil rusak, Kamu harus mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaiki transmisinya. Untuk itu, penting untuk mengenali tanda kerusakan pada mobil matic Kamu. Ini beberapa kerusakan yang sering terjadi di mobil matic:


Pengemudi Wajib Tahu Kinerja Transmisi Mobil Matik

Pengemudi Wajib Tahu Kinerja Transmisi Mobil Matik

1.    Lose Power

Lose power biasanya ditandai dengan top speed menurun dan sulit menanjak akibat tenaga dari mesin terasa lemah. Hal ini dapat dirasakan ketika menginjak gas dan suara mesin menderu, namun mobil melaju lambat dan tidak normal. Hal ini terjadi karena kinerja valve body melemah.

Selain itu, lose power juga dapat dirasakan ketika mobil menanjak menggunakan gigi L atau D1. Gigi ini memiliki fungsi yang sama dengan gigi 1 pada mobil manual. Ketika mobil tidak kuat menanjak pada gigi L atau D1, maka hal ini menjadi gejala kerusakan pada transmisi mobil.

2.    Sentakan Saat Oper Gigi

Perpindahan gigi P-N-D-R atau sebaliknya pada mobil matic yang normal terasa halus. Jika perpindahan gigi terasa sulit dan merasakan hentakan, maka terjadi masalah dalam transmisi mobil. Hal ini dapat terjadi karena kerusakan pada solenoid pressure, sensor speed TCM atau pengerasan pada piston.

3.    Cairan Transmisi Bocor

Salah satu masalah yang mudah untuk diidentifikasi adalah kebocoran cairan transmisi. Cairan transmisi merupakan bagian paling penting untuk pertukaran gigi. Cairan ini biasanya berwarna merah terang. Kebocoran cairan transmisi merupakan salah satu masalah yang cukup serius.

4.    Suara Dengung

Suara dengungan berawal dari suara yang mirip dengan suara mesin, namun semakin lama semakin keras dan terdengar seperti ketukan benda tumpul yang beradu. Hal ini menjadi tanda bahwa komponen pada transmisi bergesekan akibat transmisi matic kurang terlumasi. Suara tersebut biasanya muncul ketika mobil dalam kondisi berjalan.

5.    Mobil Bergetar

Jika mobil bergetar saat perpindahan gigi, maka hal ini perlu diwaspadai. Hal ini merupakan tanda bahwa transmisi mobil matic rusak. Kejadian ini dapat terjadi karena kondisi plat dan kampas kopling yang sudah mulai aus, sehingga permukaan kampas kopling tidak merata.

Namun, merawat mobil matic sebenarnya sangat mudah. Perawatan yang baik tentu akan mendukung mobil matic Kamu agar performanya selalu terjaga. Perawatan terhadap mobil matic, khususnya pada bagian mesin, memang bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi tapi memahami secara pribadi tips merawat mobil matic tentu besar manfaatnya.


Lakukan Pengecekan Kendaraan Sebelum Menempuh Perjalanan

Lakukan Pengecekan Kendaraan Sebelum Menempuh Perjalanan


Berikut ini beberapa cara merawat mobil matic baik baru maupun lama yang bisa kamu lakukan:

·         Panaskan Mobil Setiap Hari

Memanaskan mobil setiap hari memang sebuah aktivitas perawatan yang harus dilakukan pada mobil manual dan mobil matic. Meski terkesan sepele, tapi mobil matic lebih rewel untuk urusan memanaskan mesin ini. Mobil matic yang dipanaskan setiap hari akan memiliki mesin yang prima dan jarang mengalami gangguan.

Dengan rutin memanaskan mesin matic setiap hari maka oli akan tetap merata ke seluruh komponen mesin. Pastikan saat memanaskan mesin matic, transmisi dalam posisi netral dan biarkan menyala tanpa AC.

·         Lakukan Uji Jalan

Mobil matic sebaiknya rutin digunakan setiap hari untuk aktivitas harian. Jika memang kamu tidak menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama, pastikan kamu mengendarainya setiap beberapa bulan sekali untuk mendeteksi apakah ada perubahan yang signifikan terhadap kondisi mesin.

·         Kontrol Kondisi Valve

Pada mobil matic terdapat komponen valve yang bisa saja bocor karena cara memindahkan transmisi yang terlalu kencang dan cepat. Jika valve mengalami kebocoran maka akan merambat pada komponen transmisi lainnya sehingga mengganggu kenyamanan berkendara. Terkadang kerusakan valve juga disebabkan oleh hentakan gas yang terlalu agresif. 

·         Posisi Netral Saat Berhenti

Cara merawat mobil matic selanjutnya adalah dengan memastikan posisi netral saat berhenti. Mobil matic akan melaju perlahan saat transmisi dalam keadaan "D" meskipun tidak menginjak rem. Jadi pastikan kamu mengubah transmisi ke "N" jika memang ingin berhenti. Hindari menginjak rem untuk menghentikan laju mobil sementara transmisi masih dalam posisi "D". Saat berhenti di lampu merah misalnya, ubah transmisi ke "N" lalu pasang rem tangan.

·         Service Mobil Secara Teratur

Saat Kamu membeli mobil matic, pastikan Kamu memahami betul panduan perawatan dan berkendaranya. Mungkin setiap merek mobil memiliki prosedur perawatan berbeda dengan merek lainnya. Nah, Sahabat Garasi bisa melakukan servis berkala di bengkel resmi sesuai dengan ketentuan pada buku manual kendaraan atau bisa cek website www.Garasi.id atau klik link ini. Sebab, Garasi.id sedang ada promo Gaspol In Love di bulan yang penuh cinta dan diskon hingga 50%, promo ini berlaku hingga 28 Februari 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 28 Feb 2022 | 19:38 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobilmaticservisberkalaperawatanmobil