Bagi Sahabat pengendara mobil bertransmisi manual, tidak asing dengan penggunaan pedal kopling pada komponen mobil. Kopling berfungsi sebagai penghubung sekaligus pemutus daya antara perputaran mesin dengan transmisi. Komponen ini terletak di tengah sistem transmisi dan mesin mobil.
Perlu diperhatikan Sahabat, layaknya komponen mobil lainnya risiko kerusakan bisa terjadi seiring pemakaian apalagi jika kamu kerap abai untuk memeriksanya. Salah satu masalah paling umum yang terjadi pada bagian ini adalah kampas kopling yang menjadi keras.
Biasanya, kopling menjadi keras diindikasikan ada masalah pada sistem transmisi. Sahabat jadi harus ekstra lebih untuk menginjak kopling dengan kaki kiri. Kerasnya pedal kopling juga bisa membuat kamu kehilangan konsentrasi saat berkendara, akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan baik kamu sendiri bahkan pengendara lain disekitar. Nah, apa saja hal yang bisa memicu pedal kopling bisa keras? Mari Sahabat, simak dibawah ini.
- Kampas Kopling Sudah Tipis
Pemicu utama kampas kopling mobil jadi keras adalah keberadaan kampas kopling sendiri yang sudah mulai menipis. Kampas yang terus terkikis akan membuat pedal jadi keras saat diinjak. Jika mengalami masalah ini, sebaiknya Sahabat segera memperbaiki bagian kopling agar kerusakan tidak menyebar pada pada bagian mesin lainnya. Gantilah kampas kopling yang mulai tipis dengan yang baru dan pastikan komponen tersebut sesuai dengan rekomendasi mobil kamu.
- Kabel Kopling Kurang Pelumas
Kabel kopling yang tidak terlumasi dengan baik, biasanya akan jadi kering. Kabel yang kering inilah yang juga menjadi penyebab kampas kopling jadi keras dan susah diinjak yang sering terjadi. Kendala ini sering terjadi pada mobil bertransmisi manual, sebab pada mobil bertransmisi otomatis biasanya bekerja lewat tenaga hidrolik sehingga pelumasannya cenderung lebih terjaga. Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu Sahabat lakukan adalah memastikan pengecekan dan melumasi kabel dengan oli khusus secara teratur. Lakukan juga penyetelan ulang pada kabel kopling untuk mendapatkan posisi yang paling sesuai dengan kaki.
- Release Bearing Rusak
Komponen release bearing berperan sebagai pendorong pegas diafragma terdapat pada bagian cover clutch. Kerusakan pada release bearing menjadikan kopling mobil keras saat diinjak. Pemicu kerusakan release bearing biasanya karena mesin mobil terlalu panas. Jika release bearing rusak, Sahabat tidak bisa memperbaiki komponen ini. Satu-satunya cara mengatasinya adalah mengganti komponen ini dengan suku cadang yang baru.
- Masa Pakai Cover Clutch Kadaluarsa
Pada komponen kampas kopling, terdapat bagian cover clutch atau juga kerap disebut dengan matahari kopling. Bagian ini memiliki usia pakai yang tergantung pada intensitas pemakaian kendaraan, semakin sering Sahabat berkendara maka cover clutch akan lebih cepat kadaluarsa. Pada kondisi ini, tekanan energi yang ada pada kampas kopling akan semakin melemah sehingga bagian pressure plate tidak bertugas dengan maksimum dan transmisi akan jadi keras saat digunakan.
- Kebiasaan Berkendara Yang Buruk
Penyebab kampas kopling keras yang terakhir adalah cara berkendara yang sembarangan. Contoh cara berkendara yang buruk misalnya seperti melepas kopling secara tiba-tiba sehingga perpindahan transmisi jadi tidak sempurna. Tak hanya menyebabkan kampas kopling jadi keras, kebiasaan ini juga bisa memicu kerusakan pada tuas kopling dan keseluruhan transmisinya. Jika sudah begini, tentunya aktivitas berkendara jadi terganggu. Rubah kebiasaan ini ya Sahabat, agar mobil kesayanganmu tidak rusak di perjalanan.
Ingat Sahabat, banyak yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan saat menempuh perjalanan dengan mobil kesayangan, salah satunya ialah dengan rusaknya kopling atau sistem transmisi pada kendaraan. Kamu harus tetap waspada dan perhatikan bagian dari mobil yang mengalami kendala dan apabila tidak bisa ditangani sendiri segera periksa dan bawa ke bengkel yang terpercaya.
Kamu bisa cek www.Garasi.id sekarang, pilih layanan dari partner bengkel terpercaya yang selalu memberikan promo dan jasa servis terbaik yang cocok untuk mobil kesayangan Sahabat. Selain itu kamu juga bisa pilih bengek terbaik sesuai daerah kota masing-masing disini.
Jabodetabek
- Bengkel Bos selalu memberikan promo Serbu Hemat Bulan Juli diskon hingga 20% untuk jasa servis transmisi, servis berkala, spooring balancing, ganti oli dan lainnya.
- Nawilis berikan promo pengecekan 25 komponen, paket brake re-matching anti getar, spooring dan uji emisi kendaraan.
- SCW Otomotif Kemayoran berikan jasa balancing + gratis angin nitrogen dan ganti oli.
- Bengkel Fast dengan jasa tune up, gurah mesin, spooring + balancing 4 ban serta ganti oli dan ganti aki baru untuk mobil.
- Honda Camp berikan promo paket servis komplit pasti irit mulai dari 1 jutaan.
Jawa Barat
- Cahaya Agung berikan jasa servis tune up, ganti oli, spooring, balancing, servis rem dan tune up.
- Automaster berikan jasa ganti oli untuk mobil kesayanganmu.
Jawa Timur
- Mardiono dengan layanan jasa servis paket bensin, paket servis, spooring, balancing, pengisian nitrogen serta ganti oli.
- Jepang Motor berikan jasa paket servis dan tune up.
- Bengkel Harris Mobil pasti memberikan jasa paket tune up bensin serta diesel, paket spooring dan paket rem mobil.
- Bengkel B&S berikan jasa servis mobil, servis rem, ganti oli, spooring balancing + pengecekan kaki-kaki mobil dan pembelian ban baru.
Jawa Tengah
- Eurokars Motor Indonesia dengan jasa servis terbaik servis berkala dan genuine accessories.
- Monte Carlo berikan jasa spooring, balancing, cek kaki-kaki mobil dan ganti oli mobil.
Lakukan pembelian jasa servis yang cocok untuk mobil kesayangan Sahabat. Jika ada kendala, silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.