Perhatikan Penyebab Asap Knalpot Pedih di Mata
Perhatikan Penyebab Asap Knalpot Pedih di Mata

Waspada Ketika Asap Knalpot Mobil Pedih di Mata

06 Nov 2023 | 23:59 WIB

Sistem pembakaran mobil merupakan salah satu hal penting yang menjadi indikator kesehatan mesin. Biasanya, akan muncul asap mobil yang membuat pedih di mata. Hal ini merupakan sebuah tanda adanya kendala pada sistem pembakaran mobil Sahabat. Asap yang muncul pun akan diiringi gejala asap yang mengeluarkan bau tertentu.


Tentu, sahabat harus mulai waspada jika sistem pembakaran bermasalah. Masalah pada sistem pembakaran juga bisa bisa ditandai oleh beberapa gejala yang terlihat atau bisa dirasakan langsung.


Masalahnya, bagaimana cara mengidentifikasi sistem pembakaran yang bermasalah? Sebaiknya Sahabat  segera mengatasi masalah ini, karena bisa berpotensi akan kerusakan mesin mobil kesayangan kamu. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan yaitu penyebab yang dipastikan saat asap mobil terasa pedih di mata.


 Asap Knalpot Mobil Pedih di Mata

Asap Knalpot Mobil Pedih di Mata


  • Komponen Sistem Pembuangan

Salah satu penyebab utama asap mobil pedih di mata yaitu komponen pada sistem pembuangan yang sudah aus. Perlu Sahabat ketahui, saat sistem pembuangan mengalami kerusakan. Gas buang yang seharusnya terbuang tidak keluar dengan sempurna dan terhirup kembali ke dalam mobil. Ini dapat menyebabkan asap yang terasa pedih di mata dan bau menyengat di dalam mobil.


  • Sistem Bahan Bakar Rusak

Sahabat juga bisa mengetahuinya dari kerusakan pada sistem bahan bakar yang dapat menyebabkan asap mobil pedih. Saat terjadi kerusakan pada sistem ini, kandungan yang terdapat pada bahan bakar tidak dapat terbakar dengan sempurna. Asap dari kandungan bahan bakar ini yang kemudian ketika terkena mata akan sangat pedih.


Gunakan Oli Sesuai Spesifikasi Mobil

Gunakan Oli Sesuai Spesifikasi Mobil


  • Pemakaian Oli

Penggunaan oli yang tidak sesuai spesifikasi juga tidak dianjurkan oleh produsen mobil ya Sahabat. Karena dapat menyebabkan kurang maksimalnya kinerja sistem pembakaran mobil. Oli yang tidak sesuai ini dapat mengakibatkan terjadinya kontaminasi pada sistem pembuangan, akibatnya menyebabkan asap pedih di mata kamu.


  • Modifikasi Pengaturan Pembakaran

Engine Control Unit (ECU) sebenarnya sudah mengatur cara kerja sistem pembakaran, termasuk mengatur perbandingan akurat bahan bakar dan udara. Jadi, modifikasi yang dilakukan khususnya pada ECU pada akhirnya akan menyebabkan perbandingan bahan bakar dan udara menjadi tidak normal. Hal inilah Sahabat, yang mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan asap mobil jadi perih di mata.


Pilih Bahan Bakar Yang Berkualitas

Pilih Bahan Bakar Yang Berkualitas


  • Kualitas Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang kurang bagus dapat mengakibatkan munculnya gejala asap knalpot yang lebih pedih. Bahan bakar dengan oktan dan cetane yang rendah dapat menyebabkan masalah pada sistem pembakaran. Untuk itu, penting untuk Sahabat menggunakan bahan bakar dengan kualitas terbaik buat mobil kesayangan kamu.


  • Kerusakan pada Komponen Lain

Selain keausan pada sistem pembuangan, kerusakan pada komponen lain seperti timing belt dan saringan udara juga dapat menyebabkan asap mobil pedih di mata dan menimbulkan bau menyengat. Sebab itu, penting bagi Sahabat untuk menjaga seluruh komponen yang berkaitan dengan sistem pembakaran supaya proses di ruang bakar selalu dalam kondisi optimal.


Aolikasikan Knalpot Mobil Yang Sesuai

Pakai Knalpot Mobil Yang Sesuai


  • Salah Penggunaan Aksesori

Jika Sahabat belum paham, penggunaan aksesori pada sistem pembakaran yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan asap pedih menjadi bau menyengat dan pedih di mata. Aksesori yang dimaksud misalnya penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil. Sederhananya, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kebocoran gas buang dan asap yang keluar menyebabkan pedih jika terkena mata. Penggunaan aksesori yang tidak sesuai ini mengakibatkan terjadinya kontaminasi pada sistem pembuangan.


  • Busi Mobil Bermasalah

Busi mobil memiliki peranan yang sangat penting ya Sahabat, yaitu mengatur sistem pembakaran pada mobil kesayangan kamu. Masalah yang terjadi pada sistem busi ini yang kemudian menjadi masalah sumber asap knalpot pedih di mata. Masalah pada busi ini pun beragam, seperti busi yang mulai melemah, busi yang kotor dan penuh kerak karbon, busi mengalami banjir, atau koil busi yang sudah tidak layak pakai.


Itulah Sahabat beberapa hal penyebab yang mengakibatkan asap knalpot mobil bisa membuat pedih di mata kamu. Selain itu. jika mesin mobil kesayangan Sahabat tidak sehat, akan berdampak pada tenaga mobil tidak optimal dan konsumsi bahan bakar yang boros.


Waspada Ketika Asap Knalpot Mobil Pedih di Mata


Solusi terbaik bila mobil Sahabat mengalami masalah atau gejala pada sistem pembakaran adalah segera periksa ke bengkel terpercaya di www.Garasi.id. Kamu bisa sikat Promo Gebyar November yang berikan diskon hingga 80% untuk layanan uji emisi, perawatan mobil, cuci mobil, ganti oli, servis AC, spooring & balancing sesuai kota tercinta kamu masing-masing berikut ini.



              Sahabat bisa konsultasikan dan lakukan penjadwalan servis mobil melalui tim customer servis Clara dari Garasi.id. Karena Clara akan membantu kamu merekomendasikan layanan jasa servis serta partner bengkel terbaik untuk mobil kesayangan Sahabat.


              Ditulis oleh ALDY SURYA
              Terakhir diupdate: 08 Nov 2023 | 11:13 WIB
              Bagikan

              Kata kunci pencarian

              tipsotomotifasapknalpotpedihmatamesinmobilsistempembakaranbahanbakarolimesinbahanbakarknalpotmobilbusimobilperawatanmobilservisberkala
              Kontak email [email protected]
              Nomor WA 081522550888
              Logo Garasi.id
              Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
              All Rights Reserved
              Member Of 
              Blibli
               Family